Juragan Baru (Science Fiction)

Mojokerto 2015
Sambil menghitung pendapatan hari ini, Jamblang (bukan nama sebenarnya) tersenyum sambil melihat Chevrolet Spin putih yang baru saja diantar dari dealer. Jamblang tidak menyangka bahwa dia bisa seperti ini. Berawal dua tahun lalu, dari sebuah motor Pulsar 180 bekas yang dibelinya dengan tabungannya selama 5 tahun, Jamblang membeli bensin dari Pom khusus motor seharga 4500 dan dijualnya ke tetangganya yang mempunyai mobil seharga 5500.

(c) kabarsore.com

(c) kabarsore.com

Tidak dinyana, respon dari tetangga-tetangganya sangat bagus. Sekitar 5 rumah langsung menjadi pelanggan tetapnya pada saat itu. Pada saat itu saja perhari Jamblang bisa menjual 100 liter perhari, berarti Jamblang satu hari bisa mendapatkan keuntungan 100 ribu rupiah. Tak akan bisa Jamblang mendapatkan hasil seperti ini walaupun sehari semalam penghasilannya sebagai tukang becak. Satu hari paling banter Jamblang mendapatkan hasil dari mengayuh becak hanya 30 ribu, dipotong ongkos sewa becak sehari 3 ribu dan jamu kuat 5 ribu total dia hanya mendapat hasil 22 ribu untuk dibawa kerumah. Itu pun kalau sedang mujur, kalau sedang apes jangankan 5 ribu rupiah, ongkos sewa pun tiada terbayar. Jamblang tertegun tatkala dia membayangkan tangis lapar anaknya di rumah. Mau utang ke warung sudah sulit, karena utangnya sudah bertumpuk dimana-mana.
Tanpa terasa air mata meleleh di pipi Jamblang karena membayangkan betapa pedihnya hidupnya dulu. Tapi kini, Jamblang sudah menjadi juragan. Anak buahnya 5 orang, kerjanya sehari-hari cuma bolak-balik ke Pom khusus motor. Jamblang sudah punya tangki penampungan berukuran 8.000 liter. Pelanggannya banyak. kebanyakan warga komplek di dekat rumahnya. Sehari saja pendapatan bersih Jamblang bisa mencapai 500 ribu rupiah. Jamblang sangat bersyukur.
Tiba-tiba dua orang berambut gondrong memakai jaket hitam dan celana jeans masuk. Dua orang tersebut yang mengaku Polisi langsung menunjukkan surat perintah penahanan atas Jamblang. Jamblang diborgol dan langsung dibawa masuk ke mobil Kijang. Jamblang bingung, salah apa dia sampai ditahan? Tiada terbersit dalam pikiran Jamblang bahwa perbuatannya selama ini melanggar hukum. Manalah dia tahu perkara subsidi pemerintah sebesar 21 triliun? Yang dia tahu pekerjaannya berjual beli itu halal. Korupsi dan nyolong itu haram. Dalam perjalanan ke kantor polisi dia tepekur sambil memikirkan anak istrinya.

Pulogadung, 17 April 2013
Jomblo Srondhol

  1. kok yo mojokerto ngunu lho…

    • nah, itu dia..🙂

      • jane iki mau jamblang kui jenenge eko, tapi tak apus ndak mutung:mrgreen:

    • mutung koyok jamin

      • nek jenenge dadi jamin, ceritane berubah sithik
        ada jualan nor*valnya juga…:mrgreen:

  2. Reblogged this on bennythegreat.wordpress.com and commented:
    Segera terjadi…

  3. REblog Ah

  4. Reblogged this on NoFUN's blog and commented:
    Atau.. jika yg punya plat hitam menggertak si petugas isi bensin di SPBU, bisa saja plat hitam tetep dapet yg premium.. Terutama SPBU yg sedikit jauh dari keramaian.. hehe..:mrgreen:

  5. mantappp …bro baru saya mau tiru bisnis ginian

    • sip bro..
      selama ada dualisme harga, jangan salahkan masyarakat…

      konyolnya, selama ini sudah terjadi hal yang demikian di perbatasan. bensin/solar subsidi kita dijual ke penadah luar negeri.
      aparat??? bisa ditebak kan?🙂

  6. miris, tragis….

  7. kerahkan Thunder 125

  8. Waahhh…

  9. bajindul untung ra sido nganggo jeneng pulsar 220.

  10. yang terpenting kita berusaha yg terbaik, pasti akan jadi lebih baik semuanya

  11. mblo kok diemail ga nyampe? di kirimin sms ga ada yang masuk? akikah kapan mblo?

  12. wekekeke
    apik mbokdhe

  13. Dikalsel sudah lama terjadi.. Tiap hari ratusan suzuki thunder nyedot dipom bensin buat djual lagi seharga 7rb rupiah😦

    • naaaaah…

      ada juga solar, solar subsidi dijual ke industri. tapi setidaknya ke bangsa sendiri lah, lha ini ke bangsa lain. subsidi yang asal duitnya dari potongan penghasilan kita (pajak) dipake oleh bangsa lain. hadeeeeh…

  14. sampai hari ini masih belum ada yang “ngeh” mengenai kontradiktif cerpen diatas…hehehe…
    bagi yang ngeh silakan tulis komen, berhadiah souvenir dikirim ke alamat ente.
    monggo…:mrgreen:

      • bodats
      • April 29th, 2013

      ngapain sih bisnis gue lu sindir blo? sentimen bener lu ah…
      *mindahin puluhan jirigen ke belakang rumah*

    • 2015 sama 2013 ye mbahh??

  15. nah to..gini nih efeknya..

  16. Good web site you have got here.. It’s hard to find good quality writing like yours these days. I honestly appreciate individuals like you! Take care!!

  17. mantap bro

  18. aset yang paling berharga dalam diri kita adalah karakter kita

  19. Lhoo…. sejak kapan warung mesum iki mbukak maneh ??

    moco poleh bingung … Awakmu nulis ndek Mojokerto taun 2015 opo ndek Pulogadung taun 2013

    • mojokerto iku lak kenangan e lik jomblo pas dolin nggae sepeda motor ,ndilalah mogok prustasi , trus diuyuhi ndek dalan pikir e supayane iso murup maneh ngono lho cak ….. :mrgreen:

      • wakakakakak…. yo..yo… iling aku.
        Arek iku kebacut soro pancen’e… gak pokro babar blazz..

        Asline arek iku lak asli banyuwangai… kudune bar nguyuhi motor, ngerapal elmu terus njejeg lemah ping pitu… terus diidhoni motor’e
        (iku ngurupi motor tha jange nyantet…wakakakak)

      • huahahahahaha…
        duh memori kelam ojok dibukak meneh

        adoh banget karo rossi, motore diambung-ambung

    • mig29
    • April 30th, 2013

    loh ternyata bjl nyambi tukang nyantet to?

    • Lah … mosok gak ngerti…
      mbiyen bjl kuwi nggantenge ngalahi sofan sofyan. Dedeg’e ngalahno werkudoro, sikile mukang gangsir, rambut’e ndamar kanginan… lha moro2 dadi pesek lak gara-gara nyantet salah ngadep, kudune ngadep kulon, arek’e ngadep ngetan… akhir’e santet’e mbalik ndek bjl dhewe.

      Dhuarrrr…. tepak ndek irung.. langsung pesek ngono kuwi

      • sotoy lu ah

        irung pesek iki mergo pas sepedaan ndelok anake bakul gedhang semlohe nyapu gak ndelok ngarep maneh dadine nubruk mesin giling

      • Oooo… ngono tho…
        Dadi awakmu nabrak mesin giling, nganti mesin gilinge irunge pesek.

        Mesakno mesin giling mau yo…😦

      • wakakakaka :mules:

  1. April 20th, 2013
  2. September 10th, 2013

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: