Berapa cicilan kredit motor yang aman? (2)

Wah..wah.. Akhir-akhir ini persaingan ATPM makin gencar saja. Ada yang (sudah) merilis bebek (Kawasaki Edge), Yamaha Mio Xeon 125 (nama resmi belum diketahui), Honda Bebek Matic Wave 110 (nama resmi belum diketahui) dan masih banyak yang mau keluar, walaupun masih bocor alus. Nah..buat pembaca yang kepincut untuk meminang motor tapi memilih dengan cara kredit. Mudah-mudahan dengan tips ini bisa mengatur keuangannya lebih baik.

Banyak buku-buku tentang keuangan yang menyarankan agar jumlah cicilan kita tidak lebih dari 30% seluruh penghasilan kita. Hal ini penting untuk menjaga agar keuangan kita tetap sehat. Kalo keuangan sehat, so pasti rumah tangga juga sehat kaaan…hehehe….

Jadi janganlah terpincut dengan iming-iming UG seksi:mrgreen:, DP murah, DP nol, Angsuran rendah bla bla bla… DP murah otomatis angsuran tinggi, apalagi DP nol…walaaah… tambah banyak aja bunga yang harus dibayar. Atau angsuran rendah, waduh…ini juga nih menjebak. Angsuran rendah, tapi mbayarnya lamaaaaa banget… Ampe bosen mbayarnya:mrgreen:

Yang bener gimana mblo? Menurut om Safir Senduk sih, cicilan harus disesuaikan dengan kemampuan kita. Ya itu tadi, jangan gara-gara kepengen ngejar cepat lunas, pacar dianggurin. Jangan kayak guspur kalo pacaran, dia sih mottonya “gludug-gludug ora ujan-ujan, pacaran duduk-duduk ora jajan-jajan”. Walaaaah… kan kasian… Gaji 1,5 juta, cicilan motor 1 juta. Buat makan aja susah, kalo ke warteg pesan makan cuma Nasi setengah, kuah sop ama gorengan satu biji. Ckckck… itu namanya biar “tekor yang penting kesohor”.

Gaji 1,5 juta ya pantesnya angsuran jangan lebih dari 30% nya alias 450 ribu. Wah..susah dong ya, jaman sekarang mana ada cicilan motor 450 rb? Gimana nih mblo? Ya nabung dulu buat DP, uang 450 rb ditabung sampai dengan DP yang diinginkan yaitu cicilannya 450 rb.

Sebagai ilustrasi, Abs Revo yang cicilannya mendekati 450 rb ada di DP 2,5 juta cicilan 35 bulan, atau di DP 3,75 jt angsuran 29 bulan. Terserah kita mau ambil yang mana, asal cicilan 450 rb.

Kenapa mblo kok 30%? Kenapa gak 60%? Menurut om Safir Senduk, kalau Anda menggunakan sekitar─katakan─60% dari penghasilan bulan Anda hanya untuk membayar cicilan, utang Anda memang akan cepat habis, tapi Anda tidak bisa membayar semua pengeluaran Anda yang lain. Akibatnya, kalau kebutuhan di rumah tidak bisa terpenuhi, konsentrasi kerja Anda terganggu. Bayangin aja, gaji lumayan, tapi Anda tidak bisa menikmatinya karena sebagian besar digunakan untuk membayar cicilan. Sayang, kan?

Orang yang kebanyakan dalam membayar cicilan sering kali tidak bisa membayar kembali cicilan utangnya karena biasanya ia lebih mendahulukan untuk membeli kebutuhan. Akhirnya, uang untuk bayar cicilan sudah keburu terpakai untuk membeli kebutuhan sehingga tidak ada uang lagi untuk bayar cicilan.

Semoga berguna…:mrgreen:

Referensi : Siapa bilang jadi karyawan nggak bisa kaya – Safir Senduk, kredit-motor.com

    • guspur
    • Maret 24th, 2010

    Celengane iso dicicil po ra wi???…:mrgreen:

    pertamax???

    Sniff… sniff…

    • isok… celengane mbah mu…wkwkwk…

        • guspur
        • Maret 24th, 2010

        Lheh??? emang salah siji neng fotomu iku enek sing mbahku ta???… angel ancene ngomong karo wong IQ Jongkok ki…:mrgreen:

        Sniff… sniff…

        • Awakku
        • Maret 24th, 2010

        lha ketahuan…
        mbokde punya afair sama mbah’e GP
        akakakak

        • guspur
        • Maret 24th, 2010

        @awakku
        Lha mbahmu karo sopo??? Mbahyut Eddy ta???…:mrgreen:

        Sniff… sniff…

        • Awakku
        • Maret 25th, 2010

        mbahku wis awarahum kabeh
        (asmuni mode : ON)

    • Pertamaxe juragan trail ki

    • guspur ki ndlogok tenan, wong aku agi arep takon masalah kuwi wis didisiki, sonpel

    • thwuerhouwnguisth waras 13 prosen
    • Maret 24th, 2010

    keduax…

  1. bwahahaha.. iso Gus.. sampe mencicil (nyipit)..
    minggu ngarep cicilan motor lunas, wulan ngarep nyicil motor neeh.. bwahaha..

    “Life is Nyicil”

    • thwuerhouwnguisth waras 13 prosen
    • Maret 24th, 2010

    golek sing bodyne pecicilan mbah?

    • thwuerhouwnguisth waras 13 prosen
    • Maret 24th, 2010

    kelimaaax… aaaaagh…..

    • thwuerhouwnguisth waras 13 prosen
    • Maret 24th, 2010

    lha kok ujug2 bagian 2… emang bag 1 mana?

    • bagian 1 dulu, mboh durung digolek. pokoke tentang bunga leasing…😛

    • thwuerhouwnguisth waras 13 prosen
    • Maret 24th, 2010

    30% ga mesti lho… tergantung besar penghasilan… dah mandiri ato belum… kota tempat tinggal… ilustrasinya inyong tinggal dicirebon biaya hidup tdk tinggi coz masih nebeng ma ortu… masih berani lah ambil cicilan tinggi misal 750rb… coz biaya makan masih nebeng bensin 200rb, servis oli 100rb, masih 450rb untuk kebutuhan lain2…

    • memang gak mesthi, ini kan untuk safety. asalkan jangan sampai lebih.
      kalo hidup sama orang tua ya jangan dimasukkan tho, kan tidak semua masih punya orang tua.
      ini sekedar saran, kalo mau lebih ya monggo. ndak ada yang melarang.
      asal jangan kebablasan…🙂

  2. Mbah dukun…..
    nyuwun badhe nyuwun miterang, menawi kula ingkang pas niku motor napa?
    Terus ingkang cicilan pinten?
    maturnuwun…..

    • kalo motor tergantung selera dan kemampuan masing-masing. fungsinya kan kurang lebih sama aja.
      untuk cicilan tinggal sampeyan hitung saja 30% dari penghasilan anda berapa.
      sama aja kok triknya, pihak leasing juga ngitungnya 30% dari gaji. kalo diatas biasanya masuk kategori “hati-hati”. potensi telat mbayar atau malah gak kuat mbayar.

  3. masa untuk menutupi cicilan kredit yg belum lunas, mesti hutang lagi…🙂

    • bisa saja mas. nanti jadi artikel deh. salah satu trik terjerat cicilan hutang.

  4. tumben artikele rodo gampang dicerna..btw,celengane kok massal tur raket ky ngono..wedi karo mbak dwi y?

    • arie sesat
    • Maret 24th, 2010

    ane no komen deh…
    kan situ ga nanya
    😀. —> run no car no

    • jahe
    • Maret 24th, 2010

    utang bank aja,ato pinjem sodara!jatuhnya ga segede ngambil leasing
    klo yg lg tren ddaerah sy ya arisan motor!total jatuhnya harga yg harus dbayar masih logis selesihnya dari yg cash

      • shogun rider
      • Maret 24th, 2010

      kelamaan nunggunya bro wkwkwkwkwk

    • mantap…
      sekalian jadi artikel berikutnya. dapet ide dari jahe dan apdri.

    • Mr_lOng’S
    • Maret 24th, 2010

    Mantaf nich artikel,
    good job bro J.a

    coz skg trjdi pda diri gw
    penghasilan 1 jt tp cicilan mtr 500rb per bln dan akhir ny modal dagangan kpake lalu utang pinjem n apa yg trjdi skg,??
    Gw mau jual Aset brupa 2 hp nokia seri N..
    T.T

  5. Kridit marai mumet..
    nak rung nduwe duet cukup mending tuku seng rondo wae…elek elek yg penting nglindeng…daripada maksa harus kredit demi motor baru…sedangkan kebutuhan yg laen masih banyak…terutama bagi yg sudah berkeluarga….

    • aghashe
    • Maret 24th, 2010

    kata temen .,., di bkshe ,bli motor bayar tiga x(cicilan pertama 50%,blan ke2 25%,n bulan ke3 25%)hargana sama ja ama bli cash,.,.?
    mangtab g tuh .,,.?

    • wah…mantab tuh… BPKB nya telat gak? jangan sampe ternyata BPKB telat karena duitnya diputer.🙂

    • yudibatang
    • Maret 24th, 2010

    Ingpo yang sangat berguna… untung gw ga punya cicil-cicilan… kasih ingpo tambahan dong gan kalo nyicil motor2 seken…he..he..

    • mbahe
    • Maret 24th, 2010

    hahaaa….bab cicilan iki awak msti lgsg twuing-ttwuingng… muzzmmhett…!!!
    cicilan mongtor g ndue, tp cicilan bpkb ono 5, gae modal tuku server gae bakulan pulsa..
    alamaaaaakk…., mergo bakulan rodo anyep, saiki maleh mechiccwuill…
    lha byen g ngerti rumus 30% iku mbokdhee..😦
    byen rumuse: pkoe d angen2 ngatasi, kyoe kuat mbayar, sikaaaaaaaatt…!!
    akhire yho mecicwuil tmenann, hahahaaa….
    smyn nggawe artikel iki mbokyhao kaet 2taon wingi po’o mbokdheee…..!! ;(

    • SkyrideR
    • Maret 25th, 2010

    Artikel bagus.. tp agak terlambat gw tiap bulan nyicil lbh dr 50 persen je. nyicil utang, arisan motor, arisan reguler, dan tabungan bulanan.. makanya skrg mumet ng ada turahan..

    • tuh kan… ternyata korbannya cukup banyak lho…
      ini yang ngaku, yang gak ngaku pasti ada lagi neh…
      gawaat…

    • Sendal.bolong
    • Maret 25th, 2010

    Lom kepikiran buat nyicil tunggangan…
    Mencoba mensukuri apa yang ada…
    Mudah2xan bisa kebeli cash langsung…
    Itupun kalau ada dan boleh…

    • MarUto
    • Maret 25th, 2010

    Ya bener bukde.
    Cah cah utange pada di resekedul seperti rumus Safir Senduk.
    Mergo gajian dpt slip thok…
    Kerja pada lemes…
    Si bos mencak2…
    Alhamdullilah gak masuk nasinomi.

    • sebelum mbaca buku2 perencanaan keuangan, nasibku ya sama aja…
      utang numpuk, kartu kredit njebluk…pas diitung2, umur segini gak punya apa2..😆

        • dhuwur
        • Maret 25th, 2010

        hihi umur segini durung cemanthel je pakdhe, mung entek go bayar kuliah rak lulus..hmmphh,,,

  6. Komen ah..
    Komen opo ya?
    Oh yo,lha nek 30 persen i kui batas maksimal teraman kah?
    Apa masih ada btas maksimal teraman diatasx?
    Wegh yo, cbr125 ne ono bocor aluse neh ra mas? Lumayan ketok’e😀

    • yang melakukan riset sih bukan saya, risetnya orang2 financial analyst.
      hampir semua lembaga keuangan rumusnya sama, 30%.

        • Awakku
        • Maret 25th, 2010

        Analist ??
        Anal => t3l3s
        ist => orangnya

        Financial analist => tukang bonga2 yang kaya ??

      • sakno wong iki rek… jan kemproh tenan…😆

        • guspur
        • Maret 25th, 2010

        Sajake arek iku laire langsung dibungkus sempak… makane gak adoh2 tekan kono…:mrgreen:

        Sniff… sniff…

    • Van Der Syur
    • Maret 25th, 2010

    Lha kalo gaji jaga toko 700 rb? dapat motor baru apa mbo JA?

    • gaji 700rb lebih baik jangan nyicil. mending nabung untuk beli motor bekas dulu, maksimal nabung sekitar 200rban. kalo bisa jangan kredit motor, sayang uang dapetinnya capek2, abis buat mbayar bunga.

  7. all

    ojok rungokno ajarane JA…sesat iku
    engkok mtak ke’i e-book safir senduk langsung ae
    hehehehe

    nek aku buk de masih tetep enak minjem motor gadaian hihihihihi

    • ndi? lek nduwe yo ndang di share lho…cek do pinter kabeh…
      masiyo sesat tapi terhormat…halaagh…..

      • saya lupa linknya buk de hehehe…..
        bahas asuransi ya buk de kapan2

  8. lek utang dietung ampek njlimet,
    kuwi mbok de kalau memang surga itu bener adanya, nerak bener adanya gitu opo yo nek ngenyek uwong dietung ampek njlimet entar kemungkinan masuk surga nerakanya gitu//////???

    • dhuwur
    • Maret 25th, 2010

    ak alhamdulilah nek mbek simbok ku ga boleh kredit alias utang bank je, jadi mending pinjem(kredit) ke ortu wae, walo dengan resiko berat sekali untuk mengembalikan, wakaka.. aman ga dikejar2 debt collectorrrr…

    • safety rider
    • Maret 25th, 2010

    Celengan’a manteeeeuuuuppp beeeuuud…
    Mas J.A. Aku pesen satu. Hkhkhk…😀

  9. Temenku malah aneh prinsipnya: kalo ngga ngutang ya ngga punya2 barang…

      • dion.dewo
      • April 2nd, 2010

      kkwwwkwkw ..?
      bener bos ,.,.?
      xlo bli cash .,, lm ,.,?
      keburu motor baru kluar , n ganti harga ,..,?
      hidup nyicil ,.,,.?? kwkwkwk

    • softpack
    • Maret 30th, 2010

    nek gajine mung 600 ewu pie?

    • 1001nickname
    • April 9th, 2010

    nek gakj nduwe gaji piye mblo…

    • hadiyanta
    • April 9th, 2010

    maksimal yo 30% aman.

    • b.indt
    • April 17th, 2010

    siang aman yo, terima dan syukuri apa yang anda miliki saat ini. sambil nabung buat dp biar cicilan bisa 30% dari gajine.dadi ra mumet

    • BJUBAH HITAM
    • Juni 16th, 2010

    ngikut aja dech cicilan 100% penghasilan………

  10. I visited multiple sites but the audio feature for audio songs present at this website is truly excellent.

  11. My coder is trying to convince me to move to .net from
    PHP. I have always disliked the idea because of the expenses.

    But he’s tryiong none the less. I’ve been using WordPress on
    several websites for about a year and am worried about switching to another platform.
    I have heard great things about blogengine.net. Is there a way I can import all my wordpress posts
    into it? Any kind of help would be really appreciated!

  12. I must thank you for the efforts you’ve put in writing this blog. I really hope to view the same high-grade blog posts by you in the future as well. In truth, your creative writing abilities has motivated me to get my own, personal site now😉

  13. It’s awesome to visit this site and reading the views of all mates concerning this paragraph, while I am also eager of getting knowledge.

  14. It’s the best time to make some plans for the future and it is time to be happy. I have read this post and if I could I wish to suggest you some interesting things or tips. Perhaps you could write next articles referring to this article. I desire to read even more things about it!

  15. Hi colleagues, its enormous piece of writing concerning tutoringand fully explained, keep
    it up all the time.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: