Archive for the ‘ Cerita Bersambung ’ Category

Motor Kinclong

bila-jatuhsila-peluk-motor-anda-tanda-sayangAlkisah enek menungso jenenge Tugiyol. Tugiyol wonge males. Sepedahe gak tau dikumbah. Sekok ngarepe uline mbonjrot. Nalpote teyengen kabeh. Jok e bolong-bolong. Stange menceng ngiwo. Nenek-nenek nek ndelok sepedahe langsung jantungen. Mbiyen terakir ngumbah kiro-kiro jik jaman Presiden SBY. Iku yo onok ceritane dewe.

Ceritone onok tonggone lairan, pas disusoni karo mbokne, gak sengojo ndelok sepedahe Tugiyol. Bocahe langsung sawanen, girap-girap. Ngantek mbrebeki wong sak kampung. Dicelukno Mbah Yai yo jik gak gelem meneng. Akhire jare Mbah Yai sepedahe Tugiyol dikon ngumbah. Lagek iso meneng. Ajaib.

Tugiyol nduwe konco guru SD. Jenenge Rahman. Ngajar PPKN. Masiyo guru, tapi wonge yo koplak. Asline cita-citane mbiyen dadi pegawe kelurahan. Tapi mergo nang kene gurune mlayu karo ibu kantin, akhire Rahman dikon dadi guru. Padahal ijasahe STM jurusan mesin.

Guru Rahman sapine didol. Jarene wes kesel mancal onthel. Wonge tuku sepeda anyar. Wonge moro nang Tugiyol. Ceritane arep nyumbungno sepeda anyar.

“Cuk..!!”

“Opo cuk!”

“Pedaku anyar cuk!”

Dalam hatine tugiyol panas.

“Wah gae opo peda anyar cuk? Jik enak pedaku.”

“Hahaha nggatheli.. Peda bosok ngono gae opo?”

“Lhuukk… Koen pedamu kinclong ati-ati koen. Bengi-bengi liwat dalan sepi moro kenek begal. Ndasmu dibacok, sepedamu dijupuk, bongko raimu..”

Rahman langsung pucet. Wonge langsung mlipir gak atik salamolekum meneh.

Tibakno Rahman langsung nang Ndemak. Sepedahe langsung diecer. Ditukokne sepeda bosok koyok wek e Tugiyol.

Bakule ngantek geleng-geleng dewe. Pikire onok wong urip koyok ngene. Sepeda anyar lagek sedino dituker sepeda bosok.

==

Seko Ndemak Rahman langsung mbalek meneh nang omahe Tugiyol.

“Cuk..!!”

“Opo cuk!”

“Pedaku anyar meneh cuk!”

Tugiyol langsung kemekelen guling-gulingan ngantek kecemplung kinthir nang kali banyuurip.

Sendiri gak cukup, berdua malah cukup (jomblo series)

ninjaf

sumpah ini bukan gw

Ini ilmu warisan rahasia lho. Beberapa kali saya dengar dari orang-orang tua.
Laki-laki punya gaji segede apa juga masih gak cukup-cukup juga. Dulu waktu punya gaji sejuta setengah, rasanya berat. Mau beli apa-apa susah, apalagi mau kredit bebek. Akhirnya pindah kerja, cari gaji yang lebih gede.
Alhamdulillah dapet gaji tiga juta. Mayan bisa beli apa-apa. Ada duit buat gaul. Bisa cabe-cabean halaaah…
Gaul ikut klub motor, eladalah motornya gak ada yang bebek. Gak enak ati sendiri. Bebek dijual buat DP Ninja.
Slip gaji diakalin. Sebulan dua bulan masih lancar cicilan. Memasuki bulan ketiga keempat udah mulai ngap.
Kepala pusing badan kurus. Tapi tetep pengen gaul. Akhirnya cari kerja lagi. Ngelamar sana sini dapet kerja dengan gaji lima juta. Cihuyyy alhamdulillah. Bayar tunggakan ninja, bisa gaul lagi dah. Cabe-cabean lagi.
Ndilalah temen gaul pada pake gadget keren keren, ngeliat hape sendiri masih esia hidayah. hadeeeh.. Bikin kartu kredit. Dapet limit tujuh juta setengah langsung dibeliin xperia zet wan. cihuuyy.. gaul meeen.
Sekarang gaul dimana juga dijabanin dah. hahay..
Selang berapa bulan udah mulai ngap lagi. Bingung mbayar cicilan. Akhirnya gali lobang tutup lobang. Nyicil kartu kredit minimal terus yang penting telpon kaga bunyi. Pernah kemaren telpon gak diangkat-angkat eh malah telpon ke kantor. Akhirnya sekantor jadi tau kalo nunggak bayar cicilan duh tengsin dah ah xixixi…
Selanjutnya silakan isi sendiri. Pokoknya ujungnya mblangsak aja wakakak… (ini cuma ilustrasi, apabila ada kesamaan kisah hanya kebetulan semata)

Nah.. Barang siapa mengalami hal seperti diatas silakan ngacung. Mau tau solusinya?
Solusinya mudah. Silakan cari wanita yang solehah, nikahi, serahkan gaji kita semua ke dia. Problem solved.
Gak percaya? Saya buktinya wakakak…
DSC_00741Dulu pas nikah kaget, ternyata cuma punya barang tipi atu sama PS2. Sama pakaian dua tas gede. Motor ada tapi masih nyicil.
Iiihh malu banget cyiin.
Ya udah pake ilmu rahasia warisan orang tua. Serahkan semua gaji ke istri. Problem solved.
Paling minta uang bensin ama jajan secukupnya. Sekarang utang gak punya sama sekali. Dulu kartu kredit ampe delapan biji. Yak benar, delapan biji. Gokil gak tuh? 😆

Ya ini share suka-suka lah. Mau ngikutin monggo, nggak juga gak apa-apa. Terbersit bikin artikel ini karena ada temen yang mengalami kejadian hampir sama. Ya siapa tahu ada pembaca yang punya masalah sama tapi bingung mencari solusinya.
Lelaki kayak saya suruh megang duit berapa banyak aja pasti masih berasa kurang, tapi herannya begitu udah berdua dikasi gaji sesedikit apapun juga pasti cukup. Tau-tau punya barang aja. It’s magic! 😀

Juragan Baru (Science Fiction)

Mojokerto 2015
Sambil menghitung pendapatan hari ini, Jamblang (bukan nama sebenarnya) tersenyum sambil melihat Chevrolet Spin putih yang baru saja diantar dari dealer. Jamblang tidak menyangka bahwa dia bisa seperti ini. Berawal dua tahun lalu, dari sebuah motor Pulsar 180 bekas yang dibelinya dengan tabungannya selama 5 tahun, Jamblang membeli bensin dari Pom khusus motor seharga 4500 dan dijualnya ke tetangganya yang mempunyai mobil seharga 5500.

(c) kabarsore.com

(c) kabarsore.com

Tidak dinyana, respon dari tetangga-tetangganya sangat bagus. Sekitar 5 rumah langsung menjadi pelanggan tetapnya pada saat itu. Pada saat itu saja perhari Jamblang bisa menjual 100 liter perhari, berarti Jamblang satu hari bisa mendapatkan keuntungan 100 ribu rupiah. Tak akan bisa Jamblang mendapatkan hasil seperti ini walaupun sehari semalam penghasilannya sebagai tukang becak. Satu hari paling banter Jamblang mendapatkan hasil dari mengayuh becak hanya 30 ribu, dipotong ongkos sewa becak sehari 3 ribu dan jamu kuat 5 ribu total dia hanya mendapat hasil 22 ribu untuk dibawa kerumah. Itu pun kalau sedang mujur, kalau sedang apes jangankan 5 ribu rupiah, ongkos sewa pun tiada terbayar. Jamblang tertegun tatkala dia membayangkan tangis lapar anaknya di rumah. Mau utang ke warung sudah sulit, karena utangnya sudah bertumpuk dimana-mana.
Tanpa terasa air mata meleleh di pipi Jamblang karena membayangkan betapa pedihnya hidupnya dulu. Tapi kini, Jamblang sudah menjadi juragan. Anak buahnya 5 orang, kerjanya sehari-hari cuma bolak-balik ke Pom khusus motor. Jamblang sudah punya tangki penampungan berukuran 8.000 liter. Pelanggannya banyak. kebanyakan warga komplek di dekat rumahnya. Sehari saja pendapatan bersih Jamblang bisa mencapai 500 ribu rupiah. Jamblang sangat bersyukur.
Tiba-tiba dua orang berambut gondrong memakai jaket hitam dan celana jeans masuk. Dua orang tersebut yang mengaku Polisi langsung menunjukkan surat perintah penahanan atas Jamblang. Jamblang diborgol dan langsung dibawa masuk ke mobil Kijang. Jamblang bingung, salah apa dia sampai ditahan? Tiada terbersit dalam pikiran Jamblang bahwa perbuatannya selama ini melanggar hukum. Manalah dia tahu perkara subsidi pemerintah sebesar 21 triliun? Yang dia tahu pekerjaannya berjual beli itu halal. Korupsi dan nyolong itu haram. Dalam perjalanan ke kantor polisi dia tepekur sambil memikirkan anak istrinya.

Pulogadung, 17 April 2013
Jomblo Srondhol

(Kombi#4) Meraba Indonesia, buku yang “sesuatu bangeeet…”

Alhamdulillah yaaa…
Sabtu kemarin tanggal 10 September 2011 OBI berkesempatan jumpa dengan mas Ahmad Yunus, salah satu biker yang mengadakan ekspedisi gila Zamrud Khatulistiwa bersama eyang Farid Gaban. Keduanya adalah jurnalis yang mempunyai nyali melebihi rata-rata (mendekati gila). Bagaimana tidak gila? Mereka berkeliling nusantara dengan hanya mengendarai motor biasa, bukan GS bukan pula KLX250, tetapi “hanya” Honda Win 100. (WTF??)
Berawal dari kegelisahan dua sosok manusia yang mempunyai rasa patriotisme tinggi. Mereka gelisah. Apakah benar nusantara tercinta ini benar-benar gemah ripah loh jinawi seperti kata orang? Mereka gelisah. Benarkah nusantara tercinta ini seindah apa yang dibicarakan orang?
Baca lebih lanjut

Sisi lain Ultah KoBOI Pertama, Episode : Presentasi Supra X-125 PGM-FI

Pada acara Ultah KoBOI kemarin, ada pula sesi acara bedah mesin. Bro Pringgo dari http://pringgodanikusdono.blogspot.com/ dipercaya oleh para sesepuh KoBOI untuk berbagi pengalamannya menangani berbagai macam mesin sepeda motor. Kali ini Bro Pringgo akan membedah mesin Supra X-125 PGM-FI. Berikut ulasannya…

sl.com membuka acara…

Baca lebih lanjut

Balada Pendekar Pemetik Bunga

Pagi yang cerah. Aku melirik ke jam tangan Swiss Military-ku, masih pukul 05.12. Bergegas ke kamar mandi untuk kemudian ritual seperti biasa. Sambil bercukur, kulihat pula otot perutku yang liat, dadaku yang bidang. “Hmm…tidak sia-sia juga kerja di konstruksi, walau lelah tapi badanku berisi.” Pada saat seorang loper koran berteriak menjajakan dagangannya, aku telah memakai jeans bulukku. Baju lengan panjang kutekuk sampai lengan. Ah, pipiku masih terasa nyeri terkena aftershave murahan itu.

Keluar dari motel murahan di daerah puncak, aku memandang sejenak kepada tungganganku. Sebuah Indian Chief Vintage berwarna hijau muda di selingi warna putih gading. Mengkilat catnya tersapu kilauan sang mentari. Mesin yang dikrom sempurna, memantulkan cahaya mentari ke segala arah. Kusentuh pinggir mesin 1.700 cc dua silinder yang memakai sistem injeksi ini. Walaupun Indian Chief ku memiliki 6 percepatan, tapi jarang sekali aku memacunya kecuali ketika pikiranku melayang terbang bersama angan-anganku. Kubersihkan sedikit debu yang hinggap di jok kulit asli berwarna coklat ini, kukibaskan pula saddlebags belakang yang berisi perlengkapan sehari-hariku.
Baca lebih lanjut