Archive for the ‘ Nggladrah ’ Category

Manajemen Amplop

Kontrakan sebelah rumah saya saat ini sedang kosong. Penyewa sebelumnya menurut cerita istri saya pindah tiba-tiba. Beberapa kali datang beberapa orang mencari yang bersangkutan untuk menagih hutang. Wew.. Cukup mengejutkan bagi saya, karena penyewa sebelumnya itu punya mobil, motor, masang AC dan bahkan langganan siaran TV berbayar. Tagihannya pun tidak banyak (menurut saya), orang-orang tersebut mengaku memiliki hutang antara 2-3 juta rupiah saja.

HEDONIC-TREADMILLBagi beberapa orang, manajemen keuangan seakan menjadi momok menakutkan. Gaji sebulan terasa kurang. Lalu menyalahkan perusahaan tempatnya bekerja. Padahal belum tentu memang gajinya yang kurang. Bisa jadi cara pengaturan keuangannya yang kurang benar. Kebanyakan kita terkena syndrom hedonic treadmill. Opo iku mbah? Sebangsa umbi-umbian tah? Menurut mbah wiki “The hedonic treadmill, also known as hedonic adaptation, is the observed tendency of humans to quickly return to a relatively stable level of happiness despite major positive or negative events or life changes.[1] According to this theory, as a person makes more money, expectations and desires rise in tandem, which results in no permanent gain in happiness.” 

Yang artinya kurang lebih begini, tingkat kepuasan manusia berbanding lurus dengan penghasilannya. Makin tinggi penghasilan, makin tinggi pula standar kepuasannya. Contohnya : Waktu masih kuliah, yang namanya makan padang adalah suatu kemewahan, tidak melihat nama warungnya. pokoknya asal judulnya Masakan Padang ya berarti makan padang. Seiring tingkat penghasilan yang meningkat, makan padang sekarang pilih-pilih. Kalau belinya nggak  di S*derhana, S*ang Malam, N*trabu, P*dang Jaya atau S*mpang Raya, ya namanya belum makan padang. :mrgreen:

IMG_20151028_204927Kembali ke tanktop. Ada cara mudah mengatur keuangan. Ibu-ibu jadul biasa pake metode amplop. Senior advisor perusahaan saya dulu, orang jepang, pernah juga cerita bahwa di rumah dia pake metode ini juga. (padahal gajinya kalo dirupiahkan semilyar lebih per tahun lho).

Pertama, identifikasi secara jujur biaya-biaya pokok rutin anda setiap bulan habis berapa. Ini adalah biaya yang harus anda keluarkan setiap bulannya especially hutang (jika ada). Misalkan belanja makan, sabun dan perlengkapannya, transport, susu, sekolah anak.

Kedua, tabungan. Ya tabungan. Banyak orang mengeluh saat gajinya masih dua juta dia tidak bisa menabung. Begitu gajinya naik jadi lima juta, kok ternyata katanya tidak bisa menabung juga. Apa yang salah? kembali ke hedonic treadmill tadi. So menabung bagi anda adalah WAJIB hukumnya. Mau seratus ribu atau dua ratus ribu terserah.

Ketiga, kebutuhan sekunder macam rekreasi, hiburan dll.

ContoKeempat, kebutuhan tersier seperti HP, Tablet, mobil, laptop, tv berbayar dll.

Kelima, mulai pasang angkanya. Buatlah tabel pemasukan dan pengeluaran. Nah.. tau kan kenapa gaji tiap bulan gak pernah cukup? Pasti karena ada pengeluaran-pengeluaran yang tidak ada di list :P.  Coretin deh tuh sampai angka pemasukan sama pengeluaran seimbang.

Keenam, masukkan gaji tiap bulan ke amplop-amplop yang sudah ditulisi nama-nama biaya bulanan.

Selesai. Mudah kan? Tinggal sesuaikan pengeluaran anda dengan amplop yang ada. Sukur kalo ada sisa, tandanya anda sudah berhasil berhemat. Kalo ternyata anda tidak bisa menjalankan sistem amplop ini bisa jadi tandanya anda tidak jujur atau anda orang yang boros dan tidak bisa berdisiplin.

Sumber :

cdn.positivepsychologyprogram.com/wp-content/uploads/2014/11/HEDONIC-TREADMILL.jpg

Siapa bilang jadi karyawan tidak bisa kaya – Safir Senduk

 

 

Iklan

Mudahnya buat IMB (dibaca sambil mimik kopi aja karena dhowo banget)

Keanehan yang sudah umum lama-lama menjadi tidak aneh.
Pernahkah anda membuat IMB? Sendiri atau pake jasa bantuan orang lain?

IMG01535-20131104-1722Kejadian ini saya alami sendiri saat membangun rumah sendiri (daerah saya samarkan saja lah). Sebagai warga negara yang baik dan taat hukum, saya berusaha mematuhi peraturan agar nantinya tidak terjadi sesuatu yang kurang mengenakkan dikemudian hari.
Berawal dari keinginan saya untuk membangun rumah dengan luas tanah 90m2 luas bangunan 75m2, dan berdasarkan peraturan untuk membangun rumah diharuskan membuat IMB terlebih dahulu. Jelas kan?
Nah perjalanan membuat IMB saya coba browsing-browsing ke:
http://property.okezone.com/read/2013/08/19/471/851641/syarat-mengurus-imb-untuk-rumah-tinggal
http://properti.bisnis.com/read/20130711/48/150101/bagaimana-mengurus-imb-bacalah-syarat-ini
http://www.havoi.com/artikel-154-cara-mengurus-ijin-mendirikan-bangunan-imb.html
http://blog.rumah123.com/tips/cara-mengurus-imb.html
dan masih banyak lagi. Berikut persyaratannya:
1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (1 lembar)
2. Fotokopi surat-surat tanah (1 set), dapat berupa salah satu dari surat sebagai berikut:
a. Sertifikat tanah
b. Surat keputusan pemberian Hak Penggunaan Atas Tanah oleh pejabat yang berwenang dari instansi pemerintah yang menguasai tanah tersebut
c. Surat kavling dari Pemerintah Daerah c.q. Walikotamadya atau instansi lain yang ditunjuk Gubernur
d. Fatwa tanah atau rekomendasi dari Kanwil BPN Provinsi DKI Jakarta atau Kantor Pertanahan setempat
e. Surat keputusan Walikotamadya untuk penampungan sementara
f. Rekomendasi dari Kantor Pertanahan dengan peta bukti pembebasan tanah
g. Surat pernyataan dari instansi Pemerintah atau Pemimpin Proyek Tim Pembebasan Tanah, khusus untuk Bangunan Pemerintah
h. Hasil sidang Panitia A yang dikeluarkan Kantor Pertanahan disertai Surat Pernyataan Pemilik bahwa tanah dikuasai dan tidak sengketa yang diketahui oleh Lurah setempat
i. Surat girik, disertai surat pernyataan Pemilik bahwa tanah dikuasai dan tidak sengketa yang diketahui oleh lurah setempat
j. Surat Kohir Verponding Indonesia, disertai pernyataan bahwa Pemilik sudah menempati, menguasai tanah Verponding tersebut selama 10 tahun atau lebih, baik sebagian atau seluruhnya dan tidak sengketa yang diketahui oleh lurah setempat.
3. Untuk surat tanah, juga harus dilampirkan surat pernyataan bahwa tanah yang dikuasai dan atau dimiliki tidak dalam sengketa pemohon
4. Surat Izin Penunjukan Penggunaan Tanah (SIPPT) dari Gubernur, bagi yang diisyaratkan;
5. Keterangan dan Peta Rencana Kota dari Dinas/ Suku Dinas Tata Kota sebanyak minimal 7 (tujuh) lembar
6. Peta Kutipan Rencana Kota dari Dinas/ Suku Dinas untuk Bangunan rumah tinggal pada lokasi yang telah dikeluarkan IMB sebagai pengganti Keterangan dan Peta Rencana Kota (minimal 7 set)
7. Gambar rancangan Arsitektur Bangunan (minimal 7 set)
8. Fotokopi surat izin bekerja sebagai penanggung jawab rancangan arsitektur, kecuali untuk bangunan Wisma Kecil dan Wisma Sedang di daerah bukan Real Estat dan bukan daerah pemugaran (1 lembar)
9. Gambar rancangan arsitektur bangunan harus dilengkapi hasil penilaian/ penelitian dari Tim Penasehat Arsitektur Kota (TPAK), untuk bangunan rumah tinggal di daerah pemugaran golongan A dan B
10. Perhitungan dan gambar struktur bangunan untuk bangunan rumah tinggal dengan bentangan struktur yang dominan lebih besar dari 6 meter serta fotokopi surat izin bekerja Perencana Struktur (1 lembar)
11. Data hasil penyelidikan tanah bagi yang disyaratkan (3 set).
(Wheladalah part 1  😆 ). Langsung mumet ndhase inyong..

Ya udah saya coba pergi aja ke Kantor Kecamatan untuk mengais info.
Kalo dari kecamatan sih lebih simple, intinya perlu disiapkan adalah:
1. FC KTP
2. FC Sertifikat
3. Formulir pengajuan rekomendasi RT/RW/Kelurahan/Kecamatan
4. Surat Ijin Tetangga (bermaterai 6000)
5. Surat Pengantar RT/RW
6. Gambar denah tampak atas/samping/depan.
7. FC Pelunasan PBB 2013
Eng ing eng, ah gampang banget ini mah pikir saya. Karena gak pake jasa arsitek, saya bikin sendiri dah tuh gambar. Hehe..

Malemnya langsung ke Pak RT. Setelah basa basi blablabla saya langsung mengutarakan keperluan saya.
Jedang! Ternyata Pak RT minta tarif 400 ribu. Katanya memang khusus untuk urus IMB ya ada tarifnya. Jan*cuk! Perinciannya RT 100rb, RW 150rb, 3 orang ijin tetangga @ 50rb. Wakakak.. ditawar-tawar cuma turun 50rb. Pulang ke rumah curhat ama bini malah diomelin pula. Akhirnya besoknya nego lagi akhirnya cuma keluar 200rb. Hihihi.. (Wheladalah part 2  😆 )
Akhirnya lanjut ke kelurahan. To the point dah. Kelurahan minta 250rb. Kecamatan minta 250rb juga. Jan*cuk dalam hati ini baru sampe sini aja udah keluar dana siluman gak keruan, gimana sampe kantor walikotanya yah?
Iseng coba tanya-tanya biro jasa. Dia matok 6 juta rupiah. Iseng tanya oknum, dia matok 5 juta rupiah. (Wheladalah part 3  😆 ). Konyolnya lagi waktu saya tanya alasannya mengapa mahal, karena ini pengajuan baru. Kalau mau murah mending nunggu 5 tahun terus ngajuin pemutihan. Sehari juga jadi katanya. (Wheladalah part 4  😆 ) Sambil mengurut dada SPG saya sendiri, saya beringsut pulang.

Sampai sekarang masih belum jelas ini jadinya mau lanjutin bikin IMB atau nggak.

Ada saran?

Sendiri gak cukup, berdua malah cukup (jomblo series)

ninjaf

sumpah ini bukan gw

Ini ilmu warisan rahasia lho. Beberapa kali saya dengar dari orang-orang tua.
Laki-laki punya gaji segede apa juga masih gak cukup-cukup juga. Dulu waktu punya gaji sejuta setengah, rasanya berat. Mau beli apa-apa susah, apalagi mau kredit bebek. Akhirnya pindah kerja, cari gaji yang lebih gede.
Alhamdulillah dapet gaji tiga juta. Mayan bisa beli apa-apa. Ada duit buat gaul. Bisa cabe-cabean halaaah…
Gaul ikut klub motor, eladalah motornya gak ada yang bebek. Gak enak ati sendiri. Bebek dijual buat DP Ninja.
Slip gaji diakalin. Sebulan dua bulan masih lancar cicilan. Memasuki bulan ketiga keempat udah mulai ngap.
Kepala pusing badan kurus. Tapi tetep pengen gaul. Akhirnya cari kerja lagi. Ngelamar sana sini dapet kerja dengan gaji lima juta. Cihuyyy alhamdulillah. Bayar tunggakan ninja, bisa gaul lagi dah. Cabe-cabean lagi.
Ndilalah temen gaul pada pake gadget keren keren, ngeliat hape sendiri masih esia hidayah. hadeeeh.. Bikin kartu kredit. Dapet limit tujuh juta setengah langsung dibeliin xperia zet wan. cihuuyy.. gaul meeen.
Sekarang gaul dimana juga dijabanin dah. hahay..
Selang berapa bulan udah mulai ngap lagi. Bingung mbayar cicilan. Akhirnya gali lobang tutup lobang. Nyicil kartu kredit minimal terus yang penting telpon kaga bunyi. Pernah kemaren telpon gak diangkat-angkat eh malah telpon ke kantor. Akhirnya sekantor jadi tau kalo nunggak bayar cicilan duh tengsin dah ah xixixi…
Selanjutnya silakan isi sendiri. Pokoknya ujungnya mblangsak aja wakakak… (ini cuma ilustrasi, apabila ada kesamaan kisah hanya kebetulan semata)

Nah.. Barang siapa mengalami hal seperti diatas silakan ngacung. Mau tau solusinya?
Solusinya mudah. Silakan cari wanita yang solehah, nikahi, serahkan gaji kita semua ke dia. Problem solved.
Gak percaya? Saya buktinya wakakak…
DSC_00741Dulu pas nikah kaget, ternyata cuma punya barang tipi atu sama PS2. Sama pakaian dua tas gede. Motor ada tapi masih nyicil.
Iiihh malu banget cyiin.
Ya udah pake ilmu rahasia warisan orang tua. Serahkan semua gaji ke istri. Problem solved.
Paling minta uang bensin ama jajan secukupnya. Sekarang utang gak punya sama sekali. Dulu kartu kredit ampe delapan biji. Yak benar, delapan biji. Gokil gak tuh? 😆

Ya ini share suka-suka lah. Mau ngikutin monggo, nggak juga gak apa-apa. Terbersit bikin artikel ini karena ada temen yang mengalami kejadian hampir sama. Ya siapa tahu ada pembaca yang punya masalah sama tapi bingung mencari solusinya.
Lelaki kayak saya suruh megang duit berapa banyak aja pasti masih berasa kurang, tapi herannya begitu udah berdua dikasi gaji sesedikit apapun juga pasti cukup. Tau-tau punya barang aja. It’s magic! 😀

Mobil atau Montor atau Motor atau Sepeda. Mbuh..

Sejak pertama belajar membaca umur 6 tahun sampai hari ini detik ini saya masih belum menemukan jawaban mengapa bengkel mobil atau showroom jual beli mobil memberi nama dagangnya dengan embel-embel motor, padahal yang dijual sama sekali tidak ada motor-motornya.

agung jaya motor

Agung Jaya Motor (Servis Mobil)

Apa jangan-jangan terpengaruh oleh pengertian motor atau mobil di daerah jawa khususnya jawa timur ya?

Di Surabaya mobil dibilang montor, motor dibilang sepeda, lha kalo sepeda dibilang sepeda pancal.

Kseimpulannya, pemilik bengkel mobil/showroom mobil yang memakai kata motor adalah orang Surabaya.

Mbuh.. :mrgreen:

Sumber Motor (Showroom Mobil)

Sumber Motor (Showroom Mobil)

 

 

Peraturan Per-kelurahan BRI Bikin Galau

Weekend banking seharusnya sangat membantu bagi karyawan atau Ibu RT yang sibuk mengurus anak. Minggu kemarin mau buka rekening BRI di ITC Depok, eh ditolak gara-gara alamat tercantum di KTP tidak termasuk dalam jangkauan wilayah Kantor Cabang (Pembantu) ITC Depok, walaupun masih di wilayah depok juga. Dijelaskan bahwa kantor-kantor cabang BRI mempunyai wilayah sendiri-sendiri. Jadi kalau mau buka rekening BRI harus di cabang BRI yang sesuai dengan kelurahan yang ada di KTP.

bri-layanan-prioritas
Kok bisa ya? Saya pikir, dari kacamata orang awam yang namanya Bank BUMN terbesar di Indonesia itu harusnya sudah semakin canggih. Lha saya baru tau kalo ada peraturan model beginian. Bank lain gak ada masalah tuh? Paling mentok suruh bikin surat keterangan domisili atau surat keterangan bekerja apabila KTP nasabah diluar wilayah Jabodetabek. Lha ini suruh per kelurahan jeh???
Alasannya apa yah kok dibikin peraturan kayak begitu? Ada yang kerja di BRI?
*curious*
Seharusnya yang namanya Bank itu ya mempermudah manusia ya? Lha ini mau nabung aja susah banget, apalagi ngambil duit? Halaah… :mrgreen:

Juragan Baru (Science Fiction)

Mojokerto 2015
Sambil menghitung pendapatan hari ini, Jamblang (bukan nama sebenarnya) tersenyum sambil melihat Chevrolet Spin putih yang baru saja diantar dari dealer. Jamblang tidak menyangka bahwa dia bisa seperti ini. Berawal dua tahun lalu, dari sebuah motor Pulsar 180 bekas yang dibelinya dengan tabungannya selama 5 tahun, Jamblang membeli bensin dari Pom khusus motor seharga 4500 dan dijualnya ke tetangganya yang mempunyai mobil seharga 5500.

(c) kabarsore.com

(c) kabarsore.com

Tidak dinyana, respon dari tetangga-tetangganya sangat bagus. Sekitar 5 rumah langsung menjadi pelanggan tetapnya pada saat itu. Pada saat itu saja perhari Jamblang bisa menjual 100 liter perhari, berarti Jamblang satu hari bisa mendapatkan keuntungan 100 ribu rupiah. Tak akan bisa Jamblang mendapatkan hasil seperti ini walaupun sehari semalam penghasilannya sebagai tukang becak. Satu hari paling banter Jamblang mendapatkan hasil dari mengayuh becak hanya 30 ribu, dipotong ongkos sewa becak sehari 3 ribu dan jamu kuat 5 ribu total dia hanya mendapat hasil 22 ribu untuk dibawa kerumah. Itu pun kalau sedang mujur, kalau sedang apes jangankan 5 ribu rupiah, ongkos sewa pun tiada terbayar. Jamblang tertegun tatkala dia membayangkan tangis lapar anaknya di rumah. Mau utang ke warung sudah sulit, karena utangnya sudah bertumpuk dimana-mana.
Tanpa terasa air mata meleleh di pipi Jamblang karena membayangkan betapa pedihnya hidupnya dulu. Tapi kini, Jamblang sudah menjadi juragan. Anak buahnya 5 orang, kerjanya sehari-hari cuma bolak-balik ke Pom khusus motor. Jamblang sudah punya tangki penampungan berukuran 8.000 liter. Pelanggannya banyak. kebanyakan warga komplek di dekat rumahnya. Sehari saja pendapatan bersih Jamblang bisa mencapai 500 ribu rupiah. Jamblang sangat bersyukur.
Tiba-tiba dua orang berambut gondrong memakai jaket hitam dan celana jeans masuk. Dua orang tersebut yang mengaku Polisi langsung menunjukkan surat perintah penahanan atas Jamblang. Jamblang diborgol dan langsung dibawa masuk ke mobil Kijang. Jamblang bingung, salah apa dia sampai ditahan? Tiada terbersit dalam pikiran Jamblang bahwa perbuatannya selama ini melanggar hukum. Manalah dia tahu perkara subsidi pemerintah sebesar 21 triliun? Yang dia tahu pekerjaannya berjual beli itu halal. Korupsi dan nyolong itu haram. Dalam perjalanan ke kantor polisi dia tepekur sambil memikirkan anak istrinya.

Pulogadung, 17 April 2013
Jomblo Srondhol

Mengapa klub/komunitas motor lambangnya beringas?

Hi bra! (Hi bro udah dipatenin ama yamaha :D)
Harimau-dan-SerigalaDalam perjalanan momotoran sering jumpa anggota komunitas motor tertentu yang berlambang sangar, kadang gambar tengkorak (mbuh maksude opo), gambar maung, gambar waung, mbak sri (serigala), uler dan gambar-gambar sangar lainnya?
Baca lebih lanjut