Keluhan Wanita Pengguna KRL Loopline

Jakarta, 6 Desember 2011
Yang terhormat,
Pimpinan dan Ketua Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan
Di
Tempat

Adalah merupakan Hak Asasi Manusia, Bahwa setiap orang berhak hidup tentram, aman, damai, bahagia, sejahtera lahir dan batin. Bahwa Setiap orang berhak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat, berhak atas rasa aman dan tenteram serta perlindungan terhadap ancaman ketakutan (Undang-undang N0.39/1999 tentang Hak Asasi Manusia).

Ijinkanlah saya atas nama pengguna setia Kereta Api Commuter Line Jakarta (KRL Jabotabek), untuk mengajukan permohonan perlindungan sehubungan dengan ketidaknyamanan yang terjadi dalam satu minggu kebelakang ini. Kebijakan manajemen PT KAI/KCJ untuk memberlakukan metode loop line, dan memangkas beberapa rute Commuter Line (CL) sungguh sangat menyiksa kami. Dengan dalih meningkatkan jumlah penumpang, yang justru berakibat kacaunya seluruh rute perjalanan CL (Bekasi, Bogor, Tangerang, Serpong).

Sebagai contoh: pengguna CL Bekasi adalah yang paling banyak dirugikan. Semula ada 3 rute dari stasiun bekasi (49 perjalanan), yaitu; Bekasi-tanah abang, Bekasi-Kota (lewat Senen) dan Bekasi Kota (lewat Gambir/juanda). Karena kebijakan Loop Line, rute dipangkas menjadi 37 perjalanan HANYA: Bekasi-Kota (lewat gambir/Juanda). Sehingga penumpang dengan tujuan Tanah Abang dan Senen harus transit di Manggarai. Untuk selanjutnya menumpang CL dari Bogor yang sudah penuh sesak oleh penumpang bogor/Depok).

Kondisi ini sangat menyulitkan, pada saat peak hour. Terutama bagi kaum wanita (khususnya wanita hamil, membawa balita) dan lansia. Kondisi Stasiun Manggarai sepertinya tidak disiapkan untuk Metode loop-line ini. Karena jarak peron dengan pintu kereta sangat tinggi (tangga tidak disediakan), sehingga kami harus loncat dan naik dengan susah payah untuk berganti kereta api. Hal ini tidak mungkin dilakukan oleh Ibu Hamil, ibu membawa Balita apalagi Lansia, apalagi dilakukan dalam kondisi kereta penuh, sesak, dan padat dan saling mendorong. Sehingga insiden jatuhnya ibu-ibu, lansia dan anak-anak menjadi hal biasa dalam waktu belakangan ini. Selain itu, jadwal kedatangan dan keberangkatan CL yang memang sudah menjadi ‘lagu lama terlambat terus’, membuat kami harus menunggu lama di stasiun transit, akibatnya terlambat sampai di kantor.

Sangat menyedihkan, dan kami tidak dapat menangkap logika berfikir para pejabat KAI/KJC, bagaimana mungkin di satu sisi menyediakan GERBONG KHUSUS WANITA, sementara di lain sisi MENYIKSA WANITA dengan metode TRANSIT-LOOP LINE.

Seperti kita ketahui bersama bahwa, Kualitas pelayanan publik di Indonesia masih rendah sebagai akibat belum berubahnya paradigma aparat pelayan publik yang masih memposisikan dirinya sebagai birokrat bukan sebagai pelayan masyarakat.  Yang akibatnya hanya menghasilkan pelayanan publik yang buruk dan cenderung untuk timbulnya pelanggaran hak asasi manusia. Bahwa untuk itu, penerapan metode LOOP LINE atau apapun namanya memerlukan kajian yang komprehensif, sebelum dilaksanakan. Bahwa penyusunan kebijakan dibidang apapun, perlu memeperhatikan pendapat rakyat (inklusif).

Untuk itu kami mohon dukungan dan perlindungan Pimpinan Komnas Anti Kekerasan terhadap perempuan, untuk menyuarakan suara hati kami sebagai wanita Warga Negara Indonesia untuk memperoleh apa yang menjadi hak kami.

Hormat Kami,
drg. Yana Yojana, M.A.
Pengguna KRL Commuter Line Jakarta (St. Bekasi – St. Sudirman)
Tinggal di Bekasi

    • jape methe
    • Desember 6th, 2011

    kasian juga..tp bgmn lg. tdk cuma krl semua transportasi di RI amburadul..

      • jape methe
      • Desember 6th, 2011

      uhuy..jebule pertamax

  1. transportasi di indonesia emang parahh………..

  2. istriku yang lagi hamil 6 bulan juga mengalami..
    gimana mau mengalihkan pengguna kendaraan pribadi ke transportasi umum kalo keadaan transportasinya aja kaya gini..
    presiden harus memberikan perhatian dan turun tangan langsung, masa ibukota negara transportasinya casrut marut gini,,

    • debu biru
    • Desember 7th, 2011

    “pelayanan baik pelayanan buruk bayarannya sama aja bu,segitu2 doang,,, ngapain juga gue capek2 mikir yg gituan”

    familiar dgn kalimat itu kan ya?

    • nangke
    • Desember 7th, 2011

    birokrasi yang bobrok😦

  3. mulane aku gak mau naik kereta mas,

    keep brotherhood,

    salam,

    • joni
    • Desember 7th, 2011

    Coba kirim emailnya ke Dahlan Iskandar mentri BUMN yg katanya udah ikut nyobain naik KRL, mungkin keluhannya bisa didengar beliau.

    • Dismas
    • Desember 7th, 2011

    di sini, MRT macam milik S’pore rasanya baru sebuah mimpi…😦

  4. waah…kendaraan pribadi makin laku cuk..

  5. KRL iku opo toh…#gubrak

    • bejo
    • Desember 9th, 2011

    wah sesuk meh nang depok piye iki….

  6. layangkan gugatan class action😈

  7. hal ini juga sempat menjadi pembicaraan bagi para roker (rombongan kereta) di kantor.

    tidak usah membawa-bawa kata wanita disini. semuanya jadi repot dengan hal pemangkasan ini. kecuali kondisi stasiun dan pelayanan sudah 100 x lebih baik seperti di negeri tetangga spt singapur, mungkin hal ini bisa ditoleransi.

    sayang sekali jasa angkutan umum ternyata bs dibilang semakin buruk. kenapa? karena memang orang indonesia malas dalam hal perawatan. selain itu niat merusak masyarakat indonesia sangat besar. jadi faktor ini bukan dari para aparatnya namun juga dari penumpangnya ataupun org-org iseng yang sebenarnya tak punya kepentingan. akhirnya armada angkutan akan semakin rusak dan banyak yang akan tidak terpakai.

    lalu masalah kenyamanan dan terutama kebersihan. kenapa susah sekali memberlakukan aturan pedagang asongan dilarang masuk areal kereta? suatu kelonggaran yg bodoh.

    banyak sekali permasalahan. dan rasanya tak akan cukup dibahas 1 per satu mulai dari kemalasan aparat petugas bersikap tegas sampai kebiasaan penumpang membuang sampah di stasiun ataupun didalam kereta. yang pasti semua akan semakin menurunkan kualitas angkutan umum satu ini. sayang sekali.

  8. Ayo si “kumis” dikamplengi rame-rame… ngakune ahli tapi nol pothol..
    TK ae gak lulus paling…..

    • Black_Viper
    • Desember 22nd, 2011

    PELAYANAN PEMERINTAH ITU 0%, coba bandingkan dengan pelayanan swasta? berbanding terbalik, karena apa? mereka tidak dikejar target, meskipun kerjanya cuma nongkrong diwarung kopi gajinya tetep FULL… itulah pegawai negeri negara kita. coba bayangkan dengan yg kerja diswasta masuk jam 7 pulang jam 10 malam pekerjaan dituntut cepat dan rapi.

      • kiidu
      • Mei 7th, 2012

      kalo kerja masuk jam 7 pulang jam 10 malam itu tidak di bolehkan undang2..
      waktu kerja itu ada 2 macam..
      1. 7 jam sehari /40 jam seminggu.
      2. 8 jam sehari / 40 jam seminggu.
      untuk lembur hanya boleh 3 jam sehari maksimal 14 jam seminggu..

      jd kalo yg kerjanya over time yg berlebihan itu dapat langsung menanyakan kepada perusahaan bahwa mereka sudah melanggar uu.
      semoga membantu.

    • H. Ir. kiwil .SH DLL DKK
    • Desember 28th, 2011

    ya…ya…ya…..
    kembali ke diri masing-masing lagi, antri aja blm bisa.
    ngatri tiket bola juga bukan transportasi umum, injek injekan gak karuan. pemimpin bloon yg di pimpim bego

    • jaran goyang
    • Februari 15th, 2012

    INGSUN AMATAK AJIKU SI JARAN GOYANG, TETEGER TENGAHING PASAR, GEGAMANE
    CEMETI SODO LANANG SAKING SWARGO, SUN SABETAKE GUNUNG JUGRUG. SEGORO ASAT,
    BUMI BENGKAH. SUN SABETAKE ATINE SI JABANG BAYI … (sebutkan nama orang yang dimaksud), TEKO WELAS TEKO ASIH ANDELENG – BADHAN SLIRAKU, MANUT MITURUT SAKAREPKU

    • driman
    • Februari 21st, 2012

    sana,aqu jg butuh 085655202479 plizZ

  9. Anda yang ingin berkarir dibidang Otomotif, khususnya sebagai wartawan Otomotif tidak ada salahnya untuk menjajal kemampuan anda menulis sebagai seorang Kontributor untuk majalah Internasional yaitu di: GarasiOtomotif.com. Untuk Artikel dari penulis/Kontributor yang kami terbitkan kami menghargai Rp. 100.000,./Artikel. Syarat: diutamakan artikel otomotif berbahasa Inggris, dan lolos Uji tes: CopyPaste Artikel dan Gambar oleh tim ahli kami. Konfirmasi Artikel lolos Uji tes akan kami kirim lewat email. Untuk info lebih lanjut: support@garasiotomotif.com atau ikuti via: Twitter https://twitter.com/GarasiOtomotif atau via: Facebook https://www.facebook.com/GarasiOtomotif atau via Google Plus https://plus.google.com/104893489390222691822 . Kami tunggu, Hormat Kami. PT. Garasi Otomotif Indonesia, Tbk

  10. kasiaan yaah,, harusnya diperhatin lagi nih masalah kayak gini,,
    apalagi ibu2 hamil sama lansia itu kasian banget,
    gimana kalo coba mereka desek2an dalam pengantrian tiket dll??
    mudah2an ada perbaikan dibidang ini yaah😀

    • BU YETI
    • April 9th, 2015

    TOLONG PAK JADWAL YANG KE MAJA JAM 05.03.WIB .DI PUNGSIKAN LAGI SEPERTI TGL 01APRIL 2015.SANGAT EFEKTIF .KARENA KL GAK BANYAK PENUMPANG DI STASIUN PARUNG MENUNGGU SAMPAI 2 JAM .KARENA KERETA EKONOMI GAK ADA YG LEWAT .KASIAN DONG KITA MAU SHOLAT MAGHRIB DI RUMAH .TOLONG PAK DI ADAKAN LAGI YANG JAM 05.03 DI PLM.KSH YA PAK

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: