Mengapa Honda memindah posisi klakson dan sign di handle kiri?
Pertanyaan yang sangat menggelitik. Penting-penting gak penting sih. Tapi cukup membuat kagok pada awalnya. Gara-gara tiap hari tuker-tukeran pake antara Yamaha Vixion (Tugiyol) dengan Honda Absolute Revo (Poniyol), giliran pas macet sama mau belok rada kagok. Pas pake Poniyol, mau belok malah kepencet klakson. Jadi nggak enak sama rider yang di depan saya, dikiranya kite kagak sabaran. Giliran pas nglakson, malah gak bunyi gara-gara mencetnya sign. Katrok banget deh… Ngapa juga sih Honda iseng banget mindah-mindahin posisi klakson ama sein ini?
Bro semua ada nggak yang memikirkan apa yang menyebabkan Honda menukar posisi klakson dan tuas sign? Untuk bebek atau skutik model lama posisi klakson dan sign masih ’normal’ yaitu posisi sign diatas klakson. Tapi untuk model-model yang baru (Absolute Revo, Vario, Scoopy) posisi tersebut dibalik menjadi posisi klakson diatas daripada tuas sign, dengan ukuran tombol klakson yang lebih besar.
Pada kesempatan Test Ride New Megapro kemarin, saya berkesempatan menanyakan hal tersebut ke Bapak Nyoman Kesawa, dan jawabannya kira-kira begini.
Habit berkendara sepeda motor yang sehat adalah lebih banyak memakai sign daripada memakai klakson, makanya posisi sign ditaruh dibawah karena berdasarkan penelitian engineer honda posisi tersebut lebih memudahkan rider untuk menggunakannya.
Rupanya honda menginginkan untuk merubah habit pengendara di Indonesia untuk lebih menggunakan sign daripada klakson. Padahal kenyataannya sehari-hari di jalan, rider kita lebih banyak menggunakan klakson.
Tapi untuk model New Megapro yang baru, posisi keduanya masih normal. Kelihatannya ini karena engineer Honda di Thailand dengan India berbeda mindset kah? hehehe…
Sumber foto2 adalah koleksi pribadi.
BONUS…!!! UG Special edisi Ramadhan…
Pertamaaaaaxxx
keduaxx
ketigaxx
ke4
kelimax… jroott
Pertamaxx campoorrr
Satu upaya baik yang perlu diapresiasi,,meskipun IMO, antara menggunakan Sign atau klakson, lebih dominan karena faktor habit daripada faktor ergonomi. toh jaraknya cuma 1 cm saja kan?
penting-penting gak penting..
kenapa kalo buka warung ini dari PC kantor, nggak kelihatan gambarnya?? mengandung pornografi kah??? atau muatan SARA (Seputar Awak dan Rai) kah??
Nilai minus dibanding warung lain tuuu..
image-nya dihosting di Imageshack.. mungkin di kantor sampeyan, situs Imageshack diblokir
kayaknya gitu mas, jadi sering buanget dapat pesan penuh cinta “Access Denied, Read Your company policy, it’s working time you punk !!”
ada cara untuk njebol yg ginian gak mas ar?
terjawab sudah… wah bro ardhinugros pinter euy..
Habit dan Ergonomi gak bisa dipisahkan… Perubahan 1 cm di posisi tombol klakson lumayan signifikan. Coba perhatikan “radius gerak” jempol anda ketika menggenggam grip…. 90 derajat aja gak nyampe kan??… hehehehehe… 😀
Sniff… sniff…
Jempol’e rahmat gak cumak iso muter… malah sering pindah-pindah … ndek selangkangan sering’e
mungkin biar mantaf mencetnya kalii??..xixiix
wahh…UGnya mantaff…berapa kuintal??..xixixiix
UG nya slim gitu lho
Yang nama’a habit, klo sudah terbiasa dengan pengubahan posisi tombol, bukan nga mungkin tetep aja klakson yang dipencet… IMHO…
Sniff… Sniff… Ndus… Ndus… UG dari mana tuch?
namanya juga ikhtiar..
UG dari Bogor
test
yup… ndek lemahtai (thailand) kota bangkok jarang ono wong nglakson.
Wong2 podo sopan2… podo sabar ngantri. Klakson cuma dipencet saat keadaan genting dan mendesak… bedo banget karo ndek dalan kalimalang, ndek kono senyap… jarang klakson muni, opo maneh kenalpot standar pabrik.
lha sing lebih norak malah tanah hindustan aka India,
ndek bokong’e (bak’e) truk malah ono tulisan’e “HORN ME”
ndek kono koyo’e klakson sebagai tanda persodaraan, dianggap biasa… dudu wong nesu2.
Jadi ndek dalan2 India malah lebih seru suarane.
lha mungkin iki sing nggarai bedo NMP karo Abs Revo
ooo ngono tah cak? sampeyan lapo nang thailand? operasi kelamin tah?
ngawal Gus Pur… bbhuehehehehehe
lek nang Margomulyo , bak’e ditulisi “Kalah Rupo Menang Dowo”, lek gak ngono “Sopir Siaga, Siap Gandeng Janda”
Malaysia… Thailand… sama… Jarang kedengeran klakson… Tapi kalo di malaysia masih suka ditemuin balap liar (mak rempit)… Kalo di Thailand klakson bisa dibilang siap2 gelut… 😀
Sniff… sniff…
minggat !!
baru ngeh… coba klo ga dibuatin artikel…. tambah katro aku….
hmmm….berarti prediksi saya bener 😀
biar orang yg biasa maenan klakson jadi maenan sein..
Jawabanya cuman ngeles saja…kurang masuk akal.
Jawabanya cuman ngeles saja…kurang masuk akal. Sama anehnya dgn posisi kunci jok vega
bajaj roda tiga donk… pinter ngeles..
Posisi kunci jok vega itu dalam rangka cost down… biar murah… karna kabel kunci jok lebih pendek. Lay out nya jg lebih simple. Beda Rp.1,- di produksi bisa jadi ribuan ketika sudah nyampe harga user… CMIIW
Sniff… sniff…
Klo sy rasakan memang akan sgt bgs pengendara lbih sring menggunakan sign dr pada klakson. klakson banyak ributnya…kurang bgs jg terlalu bangayk saura klakson di jalanan.
Males ah, mencet-mencet barang keras. Mendingan yang empuk hangat ajah.
#serabimaksute
jempolku baru jadi trainer …
mencet2 pake jempol kiri…
wah masa dah dilatih susah2 cuma buat mencet yang itu sih…hahaha….
Gggrrr….aaarrrgghhhh…..
*kanudahdilepassarungtangannya
oooh gitu toh, baru tau saya. hehe
ternyata memang ada maksudnya toh
Mirip dengan mobil eropa, tuas seinnya ada di kiri & tuas wipernya ada di kanan. Biasa pake mobil Jepang trus ganti pindah mobil eropa sering kagok, mau belok tekan tuas kanan eh tuas wiper yg nyala 😀
motor2 yang ga pake kopling tangan (bebek)liat deh kebiasaan genggem handle sebelah kirinya, ada yang nyaman kalo jempol langsung aja di taro di posisi klakson, jadi dikit2 maunya klakson aja. mungkin itu yang mo di benahin honda (biar lampu sen gampang dijangkau). beda ama yang berkopling, yang mesti jempol adanya di bawah stang, jadi untuk menjangkau saklar sen lebih mudah (gak banyakan klakson, kecuali yang lagi seneng2nya pada ngetes klakson gedenya, nyala apa ngga)
Aku lho… numpak GL-Abs Revo-GL terus gonta ganti insyaallah wis gak salah2 maneh…
Allah sudah menganugerahi kita dengan reflek yang bagus. begitu lungguh ndek abs revo, reflek bedho karo lungguh ndek GL Neo Tech… Subhanallah..
Alhamdulillah..
Awakku kesurupan… tumben iso nyebut…
Sniff… sniff…
Gebrakan yg baru jg yah dari Honda…..
Selalu memberikan hal baru utk konsumen-nya…..
Dan biasakan kita utk patuhi aturan LaLin….Forever….
Jempol utk AHM, SAluuuttttttt to Honda………
lah ya masih wajar pindah sedikit gak signifikan… coba kalo tuas sign di pindah di knalpot bakalan heboh tuh….
inyong malah jarang banget mencet klakson biar petakilan tp sering ngalah sm kendaraan yg di depan selain jaga jarak nyelip juga kalo bener2 aman trus ga berani bermanuver yg serba mepet2 tipis2… jd klakson cm dipencet kalo di depan ada temen yg jarang ketemu, trus kalo ada kendaraan di depan yg nyelonong n membahayakan, sm kalo ada mbak polwan ayu….
UG~ Uwetheng Gedhi…
inyong ndaftar xixixi
biar honda punya cirikhas juga tuh…
nimpang promosi:http://tafridefreez.wordpress.com/2010/09/02/classic-duel-%e2%80%9cthe-doctor-vs-sir-sete-jerez-2005%e2%80%9d/
hal spele tp bikin katro pengendara.. hehehe
kasusx sama saat gonta-ganti pake motor sport sama bebek. kagok saat ngoper perseneleng.
absen gan
OOOOooooo jebule aku urung koment to
mung maca thok.
artikel-e bertentangan dengan artikel kang Nadhi
UG ne bercita rasa alamat email e inyong.
Bikin mumet aja
Untung di india cmn tulisan horn me….coba kalo di balik…me horny….
katanya hasil penelitian.. tapi ko bikin kagok???
piye..
kalo saya doyane bandeng diasapi sampe mateng, gurih jeee..!! lha kalo Lorenzo diasapi? penguk rek
bandeng enak’e yo dipresto ala kota Juwana…
ciamik soro
Hmm tergantung orangnya jg.
Mmg kebanyakan org akan salah pencet krn blm terbiasa.
Tapi jika sbelum naik dipahami dulu,di ingat2 sambil diraba2 sy rasa gak akan salah pencet
Yg ngeri itu,yg terbiasa make sport trus pake matic.
Larinya kenceng pula.
pas lupa Tuas rem dikira kopling.
Ngesot2 dah
Mandul neh…g da tulisan baru…katanya koboy…awas kalah ama koboys….
ane kalo ada salah mohon maaf sebesar2nya…met idul fitri semuanya 🙂
ada aja honda mikirin hal sepele gini…
contoh buat pabrikan laen…
mungkin karena kalo klakson ada di bawah, jari jempol nya kurang panjang buat mijit klakson. 😀
mungkin kalo waktunya reflek, kita jadi lebih gampang kali ya buat mijit tombol klakson nya
nitip warung ya mas
http://aditninjamaniac.wordpress.com/
…karena orang kita kebanyakan lebih suka maen tombol klakson dibanding pakai lampu sign/rekhting.
mungkin itu maksudnya untuk melatih penggunaan otak kanan dan otak tengah
sok ilmiah.com
malah menyusahkan je, kalo misalnya 30 tahun yang lalu diterapkan mungkin do ra protes 😀
asal jangan pencet milik tetangga aja
tangan kanan udah sibuk, masalahnya tangan kiri nganggur sering jahilin pengendara lain, ntah nowel, njepret, dlll makanya kasih kesibukan
aku juga pernah curhat disini mas
http://hadiyanta.com/2009/12/20/perubahan-kecil-yang-membingungkan-dari-absolut-revo-honda/
kasin yg biasanya main sein sekarang jadi main klakson 😦
ga tau juga…
alx honda karang ga pernah cerita2….
ya mana gua tahu!!!!!
meneketehe…
alx honda ga pernah cerita2 gtu ma gue….
so…,,,ya mana gua tahu!!!!!
Mas BJL … toiletnya mana… kebelet ee’ nih… entar bobol dimarih jadi repottt lhooo
nyampah rumiyen…
celengan semar
http://www.google.co.id/imgres?imgurl=http://2.bp.blogspot.com/_M_FWUFN8NME/TFfAMVtLGvI/AAAAAAAAAO0/e8asnoVhSPE/s1600/Gewe%2BCewek%2Bseksi%2Bindonesia%2B2.jpg&imgrefurl=http://healthy-cure.blogspot.com/2010/08/video-seks-cara-artis-indonesia-hot.html&usg=__wQapftZ0f-hiAGJA8SBZxYM5lLY=&h=400&w=310&sz=20&hl=en&start=11&zoom=1&tbnid=JBDuQYf7z9CDeM:&tbnh=133&tbnw=99&prev=/images%3Fq%3Dcewek%2Bseksi%26hl%3Den%26biw%3D938%26bih%3D286%26gbv%3D2%26tbs%3Disch:10%2C279&itbs=1&ei=PbKhTNSMKYr5ccvSsZMB&biw=938&bih=286&iact=rc&dur=281&oei=KLKhTLPDIoWmvgOss9CcAw&esq=2&page=2&ndsp=12&ved=1t:429,r:6,s:11&tx=73&ty=46
Dijual…Murah… BU
Warung kemproh penuh celengan.
Berminat silahkan menghubungi BJL
disekitar taman makam pahlawan
penawaran di kirim nang ndi cak? di kenterno nang rolak wonokromo ta dititipno ekspedisi stasiun semut?
iyoi, seng nduwe warung iki kene operasi yustisi ta, koq gak tau mbrojol artikel anyar
harus sll ada yg pertama peduli, yg pertama mengerti, yang pertama berani demi kehidupan yg lebih baik…ayo rubah habit kita kearah yg lbh baik ciayoooo honda
lha….endi artikel anyare…omonge bloger ibukota lha kok mampet….wkkwwkwkwkwwk
sing duwe warung kejaring operasi yustisi mas, permohonan KTP ibukotane ditolak Pemda setempat, gak memenuhi spek minimal dadi warga ibukota
bjl tas sunat maneh, sunat sing pertama jare kurang mliwek…. saiki lagi gondangen
Golek nggon pijet ae adoh2 mrono koen cuuukkk…
Sniff… sniff…
Cangkemu gak tau disekolahne ta???
SNiff… sniff…
lapo cangkem diseleh ndek pegadaian ??
wakakakakak…. 😀
jane yo sempat disekolahno gus, cuma SPP ne nunggak, akhire cangkeme ditokno teko sekolah
cangkem_gak_tau_mangan_bangku_sekolah.com
Setelah beredar bin berhembus isu blogger KW1, KW2, KW3 dst… ternyata bjl adalah seorang blogger KK alias Kurang Kreatif.
Idene mampet pet pet ngalah2i PDAM wakakakakakakakak
BJL blogger KW, Kurang Waras
wong sampel kok isok kompakan yo?
Pertama komen nih…
Lam kenal 🙂
salam kenal juga mas…
semoga betah sama warung sepi gini hehe
warunge kriyep kriyep …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Test…
poro sedulur sederek sedoyo..
monggo..sareng sedoyo ngelafalaken pandungo dumatheng bakul warung puniko, inggih puniko kang mas BJL ..
mugi2 dipun paringi sehat,,waras,,lan selangkangan ingkang kuat brojolaken artikel2 brompit sing maknyoosssss..
AAAAAMMMIIIIIIINNNNNN…..
asem..
karena jarang dipakai makanya ditaruh dibawah
mas bro sekalian, saya mau wadul…
pagi ini saat berangkat kerja, saya dapat pemukulan dari oknum pengendara HD yang sedang konvoi, tepatnya waktu melintas jalan Semarang-Kendal. sebetulnya nggak pantas disebut pemukulan, hanya nepuk tangan tapi lumayan keras itupun sambil bentak-bentak…
…
sombongnya…
OOH… begono yach?
think out of the box juga dunk kalo gitu si Ndaho nya?
keren2 .. baru kepikiran…
sama juga, pas gw pake VariCBS… kagok gitu,,, heheh okelah kalo begbegitu.. heheh
mungkin ada untungnya diadakannya perubahan so sukses y….
Habit yang sopan inilah yang diinginkan HONDA agar tercipta di Indonesia, dan sudah diaplikasikan oleh HONDA pada produk2 nya…
good job HONDA…!!
mungkin terasa lebih pas pemindahan posisinya pengendara lebih mudah berkendara dan membuat pengedara mungkin lebih nyaman berkendara…
Mungkin pemindahan posisi ini bisa membuat pengendara merasa lebih nyaman berkendara…
ribeut beut
Salam UIK UIK dari kami Sirine Patwal
Mau tau produk kami ?bisa mampir juga ke Sirine Patwal