Motor juga bisa sebagai investasi..

Jangan dikira motor hanyalah sekedar barang konsumsi lho. Kadang orang terjebak, kalau kita beli motor pasti rugilah, pasti susutlah. Belum tentu lho..
Lho kok bisa?
Bisa saja, asal salah satu saja syarat terpenuhi, maka motor tersebut adalah investasi. Apa saja syaratnya?
1. Menghasilkan
Motor sejelek apapun atau sebagus apapun, semurah atau semahal apapun, kalo bisa menghasilkan uang walau cuma ceban noban, motor tersebut bisa dikatakan investasi. Karena motor tersebut bisa menghasilkan uang dan mendatangkan revenue. Contoh untuk ngojek, untuk ngantar bakmie, untuk ngantar undangan, anjelo (antar jemput lon**), atau apapun lah yang penting menghasilkan.
2. Antik
Sepeda motor antik harganya makin lama bukannya turun malah makin naik. Contoh BMW nya arie sesat. Harga sebuah BMW R25 Tahun 1955 bisa Rp. 47 jeti (liat kondisi).  Apalagi R27 tahun 1965 bisa Rp. 110 jt haiyaaah… Yang penting adalah kondisi selalu terjaga, barang mulus dijamin bakal menarik fulus hehe..
Monggo kalo ada yang mau coba-coba, beli motor dari sekarang terus dijual beberapa puluh tahun kemudian. Jangan motor pasaran macam vixion, new megapro gitu, kudu yang eksotis macam CS-1, Thunder 250, atau Yamaha RX-King yang jarang ada/hampir punah.:mrgreen:
3. Jual Beli
Sepeda motor ecek-ecek kita beli dengan harga murah, kita perbaiki sendiri sampai jadi bagus dan layak pakai, otomatis harga bakalan terdongkrak naik. Contoh pak camat dan begawan kolor ijo yang suka merestorasi motor-motor lawas, hanya saja mereka merestorasi hanya untuk kepuasan pribadi, bukan untuk dijual lagi. http://blackcat160.wordpress.com/2011/05/23/akhirnya-selesai-sudah-restorasi-nouvo-z/, http://blackcat160.wordpress.com/2011/07/17/mengapa-saya-begitu-tertarik-dengan-yamaha-rs-100/, http://5osial.wordpress.com/2011/08/11/plug-en-plung-pnp-head-3valve-di-mesin-grandsupra-series-kohar-murah-motor-sejuta-umat/. Tetapi andaikan dijual lagi, yakin deh harganya lebih tinggi dibanding harga waktu belinya.

Boleh dong bilang kalo motor juga bisa sebagai alat investasi?:mrgreen:

    • bodats
    • Agustus 15th, 2011

    gue kirain dah modyar nih yang punya blog😀

      • warung DOHC
      • Agustus 16th, 2011

      sak ngertiku semaput iki kang! *ngumpet ahhh :mrgreen:

      • makasih brooo udah mau dateeng…:mrgreen:

    • arieslight
    • Agustus 15th, 2011

    wah, LEbe Hoch Jombloati..
    wah, lagi seru-serunya punya momongan nih.. salam buat JJ (jombloati junior)

    • 10 thn lg bmw tua bisa dituker si picek nan ganteng niy…assssseeeeeeeeekkkkk….

      • picek nan ganteng itu BMWS1000RR kah?

  1. enakan pelihara anak kalo udah tua bisa diurusin.. hehehehe

  2. motor klassik bisa banget buat investasi…
    gila2an harganya..gak ada patokannya -_-‘

    • ya yang penting kudu sabar dan telaten:mrgreen:

  3. jiah… sempat-sempatnya gendong momongan sambil nge-blog!😆
    tapi bener mas, merawat atau merekondisi motor lawas saya rasakan banyak kepuasan yang didapat. Dan lagi gak terlalu was-was jika ditinggal di parkiran:mrgreen:

    • hooh suzuki FR80 bapakku kuncinya udah dol aja ditinggal di luar gak ada yang mungut:mrgreen:

  4. motor klasik makin banyak diburu yaa🙂

    mas bro punya barang dagangan yg mau dijual?? pasang lapak dimari http://socio.vivanews.com/welcome ^___^

    • Jin Galon
    • Agustus 17th, 2011

    Thunder 250 dulu gw beli 2nd 13jtan.. Sekarang banyak yang lepas 15jt.. Itupun harga dari taun 1999 sampe 2005 bisa sama.. Tergantung kondisi..

    • makin eksotis dan makin tua makin mahal

  5. untuk yg point 2 [antik], sangat tidak setuju..
    investasi darimano.. itung jg dong ruginya waktu, perawatan, laju inflasi, nyita tempat, pajak, dll.
    point 3 juga ga setuju.. emg ngebagusin gt ga habis biaya? lain kalau anda pengusaha jual beli, pasti belinya murah. tapi klo jual beli motor pribadi.. ahahahaha

    • tengkyu inputannya masbro. mantaap…
      point 2.
      saya punya contoh punya almarhum bapak saya, Honda 90 tahun 74. dulu beli tahun 94 cuma 350rb. pajak tiap tahun 25-30rb. 2 tahun yang lalu laku 4 juta.
      satu lagi suzuki gp100 mulus banget, dulu beli 550rb dijual 2,5 juta. pajak tiap tahun sekitar 40-50rban.
      belum yang terdahulu, bapak saya punya 2 buah yamaha L2G, waktu tahun 93 beli 300rb, tapi dijual entah brapa (soalnya ndak tahu njualnya hehe..)
      perawatan? cuma gosok busi sama setiap hari dilap terus dipanasin, karena bapak saya hobby motor, kerjaannya ya gitu itu.
      laju inflasi? investasi mana yang gak kena laju inflasi? kalau anda minta gain yang besar, yah jangan investasi disini. investasilah di tanah hehe..
      poin 3
      hehehe… perasaan saya kasih subnya jual beli deh
      sampeyan monggo mbaca poskota sabtu? paling gampang suzuki thunder, harganya (duh gak tega nulisnya, cari sendiri yah :mrgreen:) diservis paling habis 500 rban-1 juta, dijual deh, atau dilempar ke daerah.

      • sik talah… cik akeh’e motor’e bapakmu rek…??

        ternak ??

    • vanz21fashion
    • Agustus 19th, 2011

    -.- ngeliat dari pandangan gw si..

    1. ya ok lah itu bisa dikategorikan investasi..
    2. waktu yg diperlukan cenderung terlalu lama dan sayangnya ga ada catatan waktu yg pasti di mana motor dianggap antik dan di mana ‘motor tua’ tersebut harganya bisa membumbung, yg pasti motor dianggap antik dan harganya membumbung jika sudah benar2 ga ada lagi. -.- Taun 1955 sampai taun 2011 jelas waktu yg lama, melewati berbagai macam kondisi ekonomi tanpa ada kepastian mengenai catatan waktu dan harga..
    3. ya itu mudah2an kalo biaya ‘motor bangkai’ + restorasinya masih bisa catch-up dengan harga pasaran. kalo boaya ‘motor bangkai’ + restorasinya sama dengan harga pasaran ya berarti ga profit dong -.- ato ga profitnya kecil. profit yg kecil ini sebanding ga dengan waktu yg udah ditempuh untuk restorasi, kalo sebanding ya bagus, kalo ga sebanding? ya menurut saya si investasi yg buruk..

    *itu pandangan pribadi loh yah :-p

  6. makasih sharingnya masbro
    poin 2 jawaban hampir sama dengan bro cicakmerah
    gak usah yang terlalu lama lah, contoh gampang RX-King, dijakarta banyak banget. jika kondisi baik, diyogya bisa laku 10 juta lho..
    poin 3
    kan judulnya orang jual beli, tentunya sebelum membeli sudah bisa memprediksikan apa2 saja yang mesti diganti. kudu punya feeling. mengapa saya tulis disini, karena profesi ini buanyaaaak banget.
    saya pernah 10 tahun di surabaya, nongkrongnya di bengkel kerker disebelah daihatsu kedungsari.
    mereka senang merestorasi motor2 yang paling parah sekalipun. andaikan gak ada sparepartnya pun, mereka mengakali dengan mensubstitusi dengan parts motor lain. bahkan bengkel2 resmi aja kalo kerusakannya parah, mereka lempar kesini. (WTF)
    apalagi disurabaya ada pasar loak demak, masih banyak sparepart2 pretelan disini.
    selesai direstorasi, dijual. paling mudah dijual ke madura.
    saya pikir gak mungkin banget kerjaan ini bukan termasuk investasi, lha wong profesi ini sudah umum kok?😀

    • Kejadian waktu didemak

      cak2…

      knalpot honda 800 piro? 100ribu
      ^%&%#&*&(*(&*(&_( (ngomong boso meduro) wes limang ewu ae wkwkwwkwkwkwkwk

  7. bagaimana dengan FD110ku yah:mrgreen:

    yg pasti harga jualnya jatoh banget………….

    Tp mmg mtr gak bisa dihargai dengan uang semata, karena ada ikatan batin dengan ridernya (IMHO ya)

  8. Aku wis inves suwe GL Pro…

    gelem nuku ra ??

    • Aank Wijaya
    • Agustus 29th, 2011

    ide yang bagus juga tuh…
    beli motor yang banyak teruuusss bisa kita ivestasi ya kayag ojek gtu misalnya!!!!
    tiap harinya bisa kita dapetin uang!!!
    tapi pilih juga kualitas motornya..yang irit,bandel,dan juga lincaaahh!!!!
    setuju degh..

    • soemarlien
    • September 2nd, 2011

    pulsar gw 20 tahun lagi berapa harganya yaaa

    • wooo
    • September 5th, 2011

    klo macam ninja RR/R termasuk eksotis gak ya?

    • rekha
    • September 8th, 2011

    norton es2 54..hmmmm

    • Sams
    • November 3rd, 2011

    Lagi nyari honda Phantom 200 neh, harganya kok masih mahal ya… ada yang mau jual?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: