Kontroversi CVT Belt Spray Untuk Matic
Kadang dinamakan CVT Dressing.
Tergelitik dengan pertanyaan bro bledug tentang bunyi cit cit pada v-belt dan roller yang baru diganti. Kemudian saya tawarkan solusi supaya memakai CVT Belt Spray, karena melihat bengkel mobil kalau ganti belt disemprot Spray tersebut. Spray ini dipercaya untuk mengawetkan dan memperpanjang usia pakai belt.
Setelah digugel, ternyata isi Spray ini adalah Rosin alias Getah Damar alias boso jowone Gondorukem dengan solvent mungkin thinner atau sebangsa alkohol. Jadi dia mempunyai sifat lengket untuk kemudian memberi lapisan (coating) pada belt. Jadi untuk v-belt yang terbuat dari karet, yang biasanya bunyi berdecit jadi hilang.
Nah disinilah kontroversi pemakaian Spray pada CVT Matic. Kalau menilik cara kerja di motor matik sih, CVT Belt kan memang ndak boleh lengket yah? Maksudnya kudu seimbang antara licin dan kesat-kesat gimanaa gituh… (bekicot detected)
Licin pada saat berfungsi sebagai variable transmission (pulley mudah mekar/menciut), dan kesat pada saat menyalurkan tenaga.
Coba-coba browsing, nemu suhu Riza dan suhu Tok. Beliau menyarankan untuk TIDAK memakai Spray tersebut. Karena alasan yang diatas tadi, dwifungsi dari CVT skutik. Walau memang setelah pemakaian, terasa tarikan lebih maknyus, bunyi lebih halus tetapi efeknya gak lama.
(Walaupun ada pula produk yang mengakomodir dwifungsi CVT tadi, jadi Spray tersebut selain berisi resin tapi juga oli. :shock:)
So, ane urung menyarankan untuk memakai CVT Spray kepada bro bledug karena hal tersebut diatas.
Btw, andaikan tetep keukeuh pengen nyobain biar dapet sensasi CVT Belt Spray, jangan lupa untuk membersihkan dulu CVT dari debu dan kotoran. Cairan jangan sampai kena body, karena warna bisa luntur dan coatingnya susah dibersihkan.
Andai bro punya saran atau testimoni, monggo disharing agar saudara bledug tidak Penasaran – Rhoma Irama.
Sumber : Wikipedia, http://www.kymco.or.id/showthread.php?t=1757, dan http://auto.howstuffworks.com/cvt2.htm
yaa memang begitulah belt pada pulley biasa, pulley CVT matic motor, bekerja ekstra keras, elain mendapatkan beban tarik, juga mendapatkan beban desak / jepit saat pulley rasio nya membesar 🙂
tengkyu eambahane gan.. 🙂
kudu seimbang antara licin dan kesat-kesat gimanaa gituh… mudah mekar/menciut… kok jadi inget sesuatu
ga bagus oom, bikin selip lo 😮
sekitaran cvt kan harus bebas, oli, gemuk, sama temen-temennya lo 😮
nitip oom:
http://varioputiih.wordpress.com/2011/02/20/substitusi-part-vario/
nice inpoh gan! 😉
ah..nggak menarik…
nggak punya matic hahahah..
btw kemana aja Mblo? makan2 yu…
grrrrr ada yang berusaha mengeluarkan bikers dari kesesatan hihihi
ari sesaaaat ikutan duuunk………
sudah terbebas dari matik
ouw begituh ya? dulu waktu servis cvt di salah satu diler motor di tempat tinggal ane, beliau kasih “alkohol” ke cvt belt motor ane,,
katanya biar itu belt lebih awet,,
Hmm…
Intinya jangan terlalu licin atau kesatlah, nanti susah jadinya… 🙂
Jgn gunakan CVT belt spray utk Greco yak 😀
hiks…intinya “bekicot” neh…..aw..aw…aw…
@terong wkwkwkwk apa’an gan ..?
ter update gan motor tercepat 2011 ternyata dari Indonesia kunjungi di link di bawah ini
http://moy17.wordpress.com/2011/03/02/ter-update-motor-tercepat-di-dunia-2011-racikan-indonesia-menggemparkan-dunia/
matur nuwun gan….inponya….semoga bermanfaat bagi dirisendiri dan orang lain…..aamiin…
hooh… kalo terlalu licin jadi kurang berasa, tapi kalau terlalu keset bisa2 lecet…perih
mungkinbisa diganti dengan kerekan timba sumur
http://yudibatang.wordpress.com/2011/03/03/video-top-speed-honda-cbr250r-standar-164kpj-tambah-vitamin-171kpj/
Gondorukem kui ndak sedulure genderuwo om BJL??
bekicotttt…bekicotttt…bekicottttt..asli jepangggg….asli jepangggg
wallah menyesatkan! cvt motor itu disarankan kering…ga boleh lembab…
gak ngerti matic
titip warung aja
http://extraordinaryperson.wordpress.com/
biasane awakku yen tampil ning warung iki,nyangking crito suroboyonan to?
-menunggumu-peterpan-
monggo paklik…
**Pak de mlaku mlaku karo bekas pacare neng Ginza Jepang. Wis jam 2 awan durung mangan, mesti ngelih tenan.
“Buk ngelih rak ?”, jare pak de
“I yo to yo, wetengku wis keroncongan”
“Wah nak ono restoran padang mesti uenak iki”
“Iyo mesti cepet, rak perlu kudu pesen barang”
“Wah, kae ono restoran sing nyugohke robot”
“Ho o yo, nak robot mesti nyugohkene cepet”
@restoran…Pak de lungguh adep adepan karo bekas pacarre..
Robot teko nyedakki pak de, trus ngomong :
“What is your nationality?”, robot takon.
“Indonesia” jare pak de.
“Selamat datang”, jare robot nganggo bahasa Indonesia.
“Apa bahasa suku Anda?”, robot takon meneh.
“Jawa”, jare pak de
“Sugeng siang. Badé pesen nopo?” Jare robot nganggo boso jowo.
“Canggih ya buk”, pak de ngomong karo bekas pacare.
“Ono lotek?”, ibune takon karo robot.
“Ono”
“Pesen rong porsi”
“Porsi gede opo cilik?
“Porsi gede”
“Lombok e piro ?”
“Sing siji loro, sing siji sepuluh”
“Nganggo kangkung?”
“Yo”
“Nganggo timun?”
“Yo”
“Nganggo kol?”
“Yo”
“Nganggo kol cino opo kol asli jepang ?”
“Sing endi wae lah manut “, pak de wis rodo nesu.
“Kacange meh di uleg opo di blender ?”
“Kuarepmu !”
“Kacange setengah mateng opo mateng?”
“Goréng sing gareeeeng..!!”
“Nganggo bawang goreng rak ?”
“Nganggo.. asu !” Pak de misuh banter banget.
“Meh dipiring opo dipincuk ?”
“Dipiring !”
“Lengone nganggo margarin opo minyak kelapa ?”
“Jelantah..wedus!! !”
Nesu banget soale wis sepuluh menit dewe..
Robot meneng, lampune byar pet ketap ketip koyone baru di proses.
Kiro-kiro telung menitan robot té ngomong meneh :
“Maturnuwun. Pesenan tak tompo. Mung rak iso di sugohke”
“Nopo ? Aku wis ngenteni suwe banget, tanya-jawab karo koe , kok rak iso nopo to ndes?”
“Soale durung ono asu ne ..karo jelantah weduse……….. ”
🙂 “Iso edian aku ! Yo Mah lungo, rak usah nguntal nang kene !!!”
kekekekekekek…
asli terhibur
banyolane keren
^bhuahahahahahaha…
*juan**kkkk…. Like this….
OBRAL MOGE ITALIA HARGA PABRIK MULAI 40jt-an 1200CC
Huahahaha… ko malah crito
Bro..
Test ride Bajaj Pulsar 220 DTS-i ama Yayuk Sentul, monggo daftar disini: http://stephenlangitan.com/2011/03/khusus-blogger-otomotif-test-ride-bajaj-pulsar-220-dts-i/
Bro.. Mau ikut test-ride Bajaj Pulsar 220 DTS-i di Sentul? Info lengkap ada disini: http://stephenlangitan.com/2011/03/khusus-blogger-otomotif-test-ride-bajaj-pulsar-220-dts-i/
mio ku ndut-ndut en gara-gara pake spray ini
Honda CBR 150 RR VS CBR 150 R
http://vespaalitalia.blogspot.com/2011/03/honda-cbr-150-rr-vs-cbr-150-r.html
DESAIN HELMET TERBAIK 2010
http://vespaalitalia.blogspot.com/2011/02/desain-helmet-terbaik-2010.html
Aprilia RS4 125 VS Derbi GPR 125 VS Honda CBR 125R VS Yamaha YZF-R 125
http://vespaalitalia.blogspot.com/2011/03/aprilia-rs4-125-vs-derbi-gpr-125-vs.html
Wah walaupun aku punya matik, tapi aku jarang perhatiin beltnya….. soalnya tertutup sih……..
Salam kenal yo Mas…. xixixixixiiiii……
Nitip Jemuran Mas :
Awas setan kredit selalu menghantui… Waspadalah…….
http://joetrizilo.wordpress.com/2011/03/14/pilih-mana-ya-beli-sepeda-motor-baru-dg-kredit-ato-bekas-tapi-cash/
BJL elek
http://bukanbekicotbiasa.wordpress.com/
pesen kopi susu anget om
kopine sithik ae, susune sing GEDHE…
ndi artikel barune ???
http://ridertua.wordpress.com/2011/03/30/nyentul-ukuran-motor-bagus-yang-benar-saja/
koya artikel barune endi iki… tentang kuliner 🙂
http://ridertua.wordpress.com/2011/03/31/ayoo-melihat-perakitan-honda-all-new-cbr-250/
KEREN ABIS…
nice post..lam kenal
tukeran link yukkk
http://ridertua.wordpress.com/
Nais syer
thx buat infonya friends
Yamahandfriends mengadakan blog awards. info selengkapnya klik aja di http://www.yamaha-friends.com/?act=articles&aid=858
semoga berhasil friends
emang udah penyakitnya gan,,
mau digimanain jg,,orang bengket ma nyaranin ganti v belt “mau’a biar daganganya laku” pdhl baru km 6000,,kmaren juga pnya ane cuma di amplas mangkok’a,,3 hari kmudian ,,eh balik lagi tu suara tikus..
terima nasib enddd bekicoottt aje deh gann..
Hi to every one, the contents existing at this web site are actually amazing for people experience,
well, keep up the good work fellows.