Kontroversi CVT Belt Spray Untuk Matic

Kadang dinamakan CVT Dressing.

Contoh CVT Belt Spray

Tergelitik dengan pertanyaan bro bledug tentang bunyi cit cit pada v-belt dan roller yang baru diganti. Kemudian saya tawarkan solusi supaya memakai CVT Belt Spray, karena melihat bengkel mobil kalau ganti belt disemprot Spray tersebut. Spray ini dipercaya untuk mengawetkan dan memperpanjang usia pakai belt.
Setelah digugel, ternyata isi Spray ini adalah Rosin alias Getah Damar alias boso jowone Gondorukem dengan solvent mungkin thinner atau sebangsa alkohol. Jadi dia mempunyai sifat lengket untuk kemudian memberi lapisan (coating) pada belt. Jadi untuk v-belt yang terbuat dari karet, yang biasanya bunyi berdecit jadi hilang.

Nah disinilah kontroversi pemakaian Spray pada CVT Matic. Kalau menilik cara kerja di motor matik sih, CVT Belt kan memang ndak boleh lengket yah? Maksudnya kudu seimbang antara licin dan kesat-kesat gimanaa gituh… (bekicot detected):mrgreen:
Licin pada saat berfungsi sebagai variable transmission (pulley mudah mekar/menciut), dan kesat pada saat menyalurkan tenaga.
Coba-coba browsing, nemu suhu Riza dan suhu Tok. Beliau menyarankan untuk TIDAK memakai Spray tersebut. Karena alasan yang diatas tadi, dwifungsi dari CVT skutik. Walau memang setelah pemakaian, terasa tarikan lebih maknyus, bunyi lebih halus tetapi efeknya gak lama.

CVT Mobil tidak sama dengan CVT Motor Matic

(Walaupun ada pula produk yang mengakomodir dwifungsi CVT tadi, jadi Spray tersebut selain berisi resin tapi juga oli. :shock:)

So, ane urung menyarankan untuk memakai CVT Spray kepada bro bledug karena hal tersebut diatas.
Btw, andaikan tetep keukeuh pengen nyobain biar dapet sensasi CVT Belt Spray, jangan lupa untuk membersihkan dulu CVT dari debu dan kotoran. Cairan jangan sampai kena body, karena warna bisa luntur dan coatingnya susah dibersihkan.

Andai bro punya saran atau testimoni, monggo disharing agar saudara bledug tidak Penasaran – Rhoma Irama.
Sumber : Wikipedia, http://www.kymco.or.id/showthread.php?t=1757, dan http://auto.howstuffworks.com/cvt2.htm

  1. yaa memang begitulah belt pada pulley biasa, pulley CVT matic motor, bekerja ekstra keras, elain mendapatkan beban tarik, juga mendapatkan beban desak / jepit saat pulley rasio nya membesar 🙂

  2. kudu seimbang antara licin dan kesat-kesat gimanaa gituh… mudah mekar/menciut… kok jadi inget sesuatu:mrgreen:

    • vIP
    • Maret 2nd, 2011

    ga bagus oom, bikin selip lo😮
    sekitaran cvt kan harus bebas, oli, gemuk, sama temen-temennya lo😮

    nitip oom:
    http://varioputiih.wordpress.com/2011/02/20/substitusi-part-vario/

  3. nice inpoh gan!😉

    • ariesesat
    • Maret 2nd, 2011

    ah..nggak menarik…
    nggak punya matic hahahah..
    btw kemana aja Mblo? makan2 yu…

    grrrrr ada yang berusaha mengeluarkan bikers dari kesesatan hihihi

      • AshleyzZzzz
      • Maret 25th, 2011

      ari sesaaaat ikutan duuunk………

  4. sudah terbebas dari matik

  5. ouw begituh ya? dulu waktu servis cvt di salah satu diler motor di tempat tinggal ane, beliau kasih “alkohol” ke cvt belt motor ane,,
    katanya biar itu belt lebih awet,,

  6. Hmm…
    Intinya jangan terlalu licin atau kesatlah, nanti susah jadinya…🙂

  7. Jgn gunakan CVT belt spray utk Greco yak😀

  8. hiks…intinya “bekicot” neh…..aw..aw…aw…

    • Moy17 – in max speed
    • Maret 3rd, 2011

    @terong wkwkwkwk apa’an gan:mrgreen: ..?

    ter update gan motor tercepat 2011 ternyata dari Indonesia kunjungi di link di bawah ini

    http://moy17.wordpress.com/2011/03/02/ter-update-motor-tercepat-di-dunia-2011-racikan-indonesia-menggemparkan-dunia/

    • bledug balap
    • Maret 3rd, 2011

    matur nuwun gan….inponya….semoga bermanfaat bagi dirisendiri dan orang lain…..aamiin…

    • Awakku_1927
    • Maret 3rd, 2011

    hooh… kalo terlalu licin jadi kurang berasa, tapi kalau terlalu keset bisa2 lecet…perih:mrgreen:

  9. Gondorukem kui ndak sedulure genderuwo om BJL??:mrgreen:
    bekicotttt…bekicotttt…bekicottttt..asli jepangggg….asli jepangggg:mrgreen:

  10. wallah menyesatkan! cvt motor itu disarankan kering…ga boleh lembab…

  11. gak ngerti matic:mrgreen:
    titip warung aja

    http://extraordinaryperson.wordpress.com/

    • lekdjie
    • Maret 3rd, 2011

    biasane awakku yen tampil ning warung iki,nyangking crito suroboyonan to?
    -menunggumu-peterpan-

      • Awakku_1927
      • Maret 4th, 2011

      monggo paklik…

      **Pak de mlaku mlaku karo bekas pacare neng Ginza Jepang. Wis jam 2 awan durung mangan, mesti ngelih tenan.

      “Buk ngelih rak ?”, jare pak de

      “I yo to yo, wetengku wis keroncongan”

      “Wah nak ono restoran padang mesti uenak iki”

      “Iyo mesti cepet, rak perlu kudu pesen barang”

      “Wah, kae ono restoran sing nyugohke robot”

      “Ho o yo, nak robot mesti nyugohkene cepet”

      @restoran…Pak de lungguh adep adepan karo bekas pacarre..

      Robot teko nyedakki pak de, trus ngomong :

      “What is your nationality?”, robot takon.

      “Indonesia” jare pak de.

      “Selamat datang”, jare robot nganggo bahasa Indonesia.

      “Apa bahasa suku Anda?”, robot takon meneh.

      “Jawa”, jare pak de

      “Sugeng siang. Badé pesen nopo?” Jare robot nganggo boso jowo.

      “Canggih ya buk”, pak de ngomong karo bekas pacare.

      “Ono lotek?”, ibune takon karo robot.

      “Ono”

      “Pesen rong porsi”

      “Porsi gede opo cilik?

      “Porsi gede”

      “Lombok e piro ?”

      “Sing siji loro, sing siji sepuluh”

      “Nganggo kangkung?”

      “Yo”

      “Nganggo timun?”

      “Yo”

      “Nganggo kol?”

      “Yo”

      “Nganggo kol cino opo kol asli jepang ?”

      “Sing endi wae lah manut “, pak de wis rodo nesu.

      “Kacange meh di uleg opo di blender ?”

      “Kuarepmu !”

      “Kacange setengah mateng opo mateng?”

      “Goréng sing gareeeeng..!!”

      “Nganggo bawang goreng rak ?”

      “Nganggo.. asu !” Pak de misuh banter banget.

      “Meh dipiring opo dipincuk ?”

      “Dipiring !”

      “Lengone nganggo margarin opo minyak kelapa ?”

      “Jelantah..wedus!! !”

      Nesu banget soale wis sepuluh menit dewe..

      Robot meneng, lampune byar pet ketap ketip koyone baru di proses.

      Kiro-kiro telung menitan robot té ngomong meneh :

      “Maturnuwun. Pesenan tak tompo. Mung rak iso di sugohke”

      “Nopo ? Aku wis ngenteni suwe banget, tanya-jawab karo koe , kok rak iso nopo to ndes?”

      “Soale durung ono asu ne ..karo jelantah weduse……….. ”
      🙂 “Iso edian aku ! Yo Mah lungo, rak usah nguntal nang kene !!!”

        • damhar
        • Maret 4th, 2011

        kekekekekekek…:mrgreen:

      • asli terhibur
        banyolane keren

    • Sendal bolong
    • Maret 4th, 2011

    ^bhuahahahahahaha…
    *juan**kkkk…. Like this….

  12. Huahahaha… ko malah crito

  13. Bro..
    Test ride Bajaj Pulsar 220 DTS-i ama Yayuk Sentul, monggo daftar disini: http://stephenlangitan.com/2011/03/khusus-blogger-otomotif-test-ride-bajaj-pulsar-220-dts-i/

  14. Bro.. Mau ikut test-ride Bajaj Pulsar 220 DTS-i di Sentul? Info lengkap ada disini: http://stephenlangitan.com/2011/03/khusus-blogger-otomotif-test-ride-bajaj-pulsar-220-dts-i/

  15. mio ku ndut-ndut en gara-gara pake spray ini

    • yuwono
    • Maret 10th, 2011
  16. Wah walaupun aku punya matik, tapi aku jarang perhatiin beltnya….. soalnya tertutup sih……..

    Salam kenal yo Mas…. xixixixixiiiii……

    Nitip Jemuran Mas :

    Awas setan kredit selalu menghantui… Waspadalah…….

    http://joetrizilo.wordpress.com/2011/03/14/pilih-mana-ya-beli-sepeda-motor-baru-dg-kredit-ato-bekas-tapi-cash/

    • juragancelengan
    • Maret 17th, 2011
  17. pesen kopi susu anget om

      • Awakku_1927
      • Maret 18th, 2011

      kopine sithik ae, susune sing GEDHE…:mrgreen:

  18. KEREN ABIS…

  19. nice post..lam kenal
    tukeran link yukkk
    http://ridertua.wordpress.com/

  20. Nais syer

  21. thx buat infonya friends

    Yamahandfriends mengadakan blog awards. info selengkapnya klik aja di http://www.yamaha-friends.com/?act=articles&aid=858
    semoga berhasil friends

  22. emang udah penyakitnya gan,,
    mau digimanain jg,,orang bengket ma nyaranin ganti v belt “mau’a biar daganganya laku” pdhl baru km 6000,,kmaren juga pnya ane cuma di amplas mangkok’a,,3 hari kmudian ,,eh balik lagi tu suara tikus..
    terima nasib enddd bekicoottt aje deh gann..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: