Test Ride New Megapro 2010 (alay style)

Bertempat di Resto Sari Kuring, Jl. Jend. Sudirman SCBD, kemarin sore KoBOI diberikan kesempatan test ride sekaligus buka bersama oleh AHM. Pukul 14.45 sudah hadir di Sari Kuring langsung saja potrat potret dan coba-coba naik ini motor. Ada 4 tipe cw dan 1 tipe spoke disediakan untuk diuji oleh blogger.
Kesan pertama, mulai dari spion tidak ada perbedaan, speedometer digital plus tambahan jam, tachometer analog, fitur lain standar semua plus safety lock shutter key.
Cek semua body dan plastik, dipencet-pencet dan dielus-elus semua oke cuma bodi buritan diatas lampu rem rada empuk (gambar blum bisa di upload karena cable data ketinggalan di kantor). Belum tahu sih nanti bagaimana cuma menurut saya potensi untuk oblak. Spakbor belakang cukup kuat, nggak terlalu manggut-manggut kalo dijalan. :mrgreen:

Tidak ada engine cut off di handle kanan, ada tombol pass beam dan ada kabel safety ke kopling di handle kiri.
Kelebihan lain dari tipe pendahulunya adalah, udah pake monoshock, double disk brake.

Langsung aja ke test ride, tipikal motor honda yang ergonomis, posisi tubuh cukup tegak gak cepat bikin lelah kalo touring. Dengan tinggi 167 cm, berat 84 kg tidak dingklik detected.
Pas test saya kebagian menggunakan tipe spoke dan tromol detected. Kesempatan untuk menguji tipe tromol neh hehehe… coba starter pake kick, 2-3 kali selah baru nyala. Cukup empuk, gak ada gejala ngelawan. Coba pake electric, cukup halus. Cukup sekali pencet. Rpm stasioner di angka 1200. coba pelintir gas tiba-tiba, cukup responsive, gak ada gejala telat dan mesin mati. Coba geber gas, berasa CDI limiter di redline.
Langsung saja, setelah pake riding gear lengkap, berangkatlah kloter pertama (beruntung nama saya huruf depannya A :mrgreen: ).

Saya kira test ride bersama koboi akan berjalan santai kayak jjs, ternyataaaaaaa begitu keluar sari kuring langsung pada ngaciiiirrrrrrrrr….. asem. Alhasil saya urutan terakhir sebelum sweeper dari AHM. Langsung aja bejek, lap pertama pengenalan jalan, test pertama geber abis gas sampe red line di setiap gigi. Gigi pertama bisa 50 km/h (bener-bener redline), gigi kedua sekitar 60 km/h udah gak bisa liat speedometer secara santai, kudu konsentrasi. Tarikan cepet banget, rata disetiap rpm. Mungkin karena torsi tertinggi di tengah-tengah (6500 rpm) dan daya maksimum di 8500rpm. (baru tahu setelah liat spek). Pengujian kedua, setelah gigi 4 redline, balik secara tiba-tiba ke gigi 3 sampe ke-1, tidak ada gejala mbanting dan ngesot-ngesot, Cuma mesin aja teriak ngung ngung (maapken saya ahm 😛 ). Pengujian ketiga hard breaking, ternyata walaupun tromol, tetap saja gak ngaruh. Rem terasa pakem dan smooth walau agak ngebuang sedikit. Langsung geber lagi kejar yang lain, dapet trek lurus langsung geber abies lirik speedometer dapet 105 km/h langsung late breaking.

Lap kedua lebih brutal lagi, anak-anak semakin semangat. High speed pursuit. Nikung kanan nikung kiri berasa cukup stabil, dibandingkan dengan vixion, kondisi waktu saya kalau nikung abis yang bener-bener abis, kudu menundukkan kepala kedepan, karena rada ngebuang (oversteer), pake ini tidak terlalu menunduk sudah bisa nikung (mungkin karena sudah pake monoshock dan ban tubeless dengan tapak cukup lebar atau distribusi weight yang seimbang). Nikung diabisin sambil nunduk, berasa lebih enak. Jauh lebih enak daripada megapro lama. Megapro lama berasa berat, buat selap selip gak enak. NMP ini cukup enak, walaupun menurut saya masih lebih enak vixion buat selap selip. Hehehe… memasuki lap kedua, karena udah kenal medan plus nunduk-nunduk kayak alay, top speed bisa masuk 109 km/h.

Lap ketiga udah gak mikirin urutan lagi dah, tancep abiiisss… alay juga lewat xixixi…
Niat mau cari topspeed, pake cara brutal. Gearshifting gak pake nurunin gas, nguuuuuuuuungggg…… sampe gigi empat masih ditahan di redline sampe ada bunyi-bunyi jangkrik… baru naek gigi lima, tapi keburu trek lurus udah abis lirik speedometer nyampe di 114 km/h dengan masih ada sisa rpm sedikit. Dan ternyataaa top speed saya hanya bisa disaingi oleh dukun beranak sattar (116 km/h) hehehehe…… wajar lah, beliau kan emang pembalap, lagian dia yang punya SCBD halaaah… :mrgreen:.

Overall, dibandingkan dengan vixion,

1. Tarikan 11-12 lah dan menurut saya ini cukup baik mengingat NMP ’hanya’ pake premium, sedangkan vixion saya selama 2 tahun belum pernah mencicipi premium. Perbedaan di tingkatan rpm, kalo NPM tarikan terjaga disetiap rpm, kalo vixion diatas 7000 baru ngacirr…. tapi masih superior vixion.

2. Top speed masih kalah sedikit dari vixion, kalo dengan vixion trek panjang segitu sudah pasti 120 km/h masuk. Tapi ya itu tadi, vixion kan non premium, 4 valve lagi hehehe… (teteup).

3. Handling, 11-12 juga sama vixion, bahkan vixion terasa terlalu enteng, kena angin samping bisa goyang karena turbulence. Untuk tikungan high speed lebih enak NMP, tapi untuk selap selip lebih enak vixion. Karena vixion tarikan lebih panjang, NMP terlalu cepat naik. (mungkin berkaitan dengan torsi, dan perbandingan mata gigi, butuh penelitian lebih lanjut).

4. Shockbreaker, cukup stabil. Lebih empuk dari vixion. 10-12 lah hehehe…

5. Braking, coba hard breaking dan late breaking cukup mantap, pakem tapi tidak terlalu menukik. Untuk rem belakang, kalo pake vixion, dengan kekuatan yang sama vixion udah ngunci bannya. Mungkin juga pengaruh ban, karena NMP tapaknya lebih lebar, koefisien gesekan lebih tinggi. Untuk rem depan, lebih tajam dan empuk vixion, tapi 11-12 lho.

6. Gear shifting, jaaaauuuh lebih empuk NMP. Kopling juga lebih empuk NMP. Cuma terasa jauh, mungkin hanya setelannya saja, karena saya terbiasa dengan setelan pendek. Vixion kalo gearshifting berasa jedak jeduk, apalagi kalo ganti gigi ke yang lebih rendah.

Apa lagi yah? Kalo ada yang kurang silakan ditanyakan, saya akan jawab semampu saya.
Semoga berguna.

DISCLAIMER : HANYA UNTUK KEPERLUAN PENGUJIAN, POSTING INI BERSIFAT SUBYEKTIF, DAN APA ADANYA.
NB : Mas Taufik, pinjem gambarnya ya… cable data saya ketinggalan di kantor…huhuhu… 🙂

  1. gada engine cut off? masa to mas? kalah dong sama shogun kebo 😆

  2. KEduaxxxxxxxxxxxxxxx

    • Djaloed
    • Agustus 22nd, 2010

    Lumayan podium…

    • Ay
    • Agustus 22nd, 2010

    Gw yakin sih ini salah satu tamu tak diundang AHM… Tiba2 nongol ngaku bloger, lantaran pengen ngetes motor baru… 😀
    *mabooooorrrrr*

    • huehehehe…
      disana saya ketemu sama om ndee siswandhi juga lho…

        • Tulus Budi
        • Agustus 22nd, 2010

        ndee siswandhi Pulsarian?, kayaknya mo padha ganti pulsarnya dech pake NMP ato Byson….. yg penting selera Indiahe…..

      • iya bener om… saya malah kenalnya dari milis honda scoopy… dulu pas acara rsa kayaknya pernah liat sih… hehe..

      • ashley
      • Agustus 23rd, 2010

      betul banget neh yang ini….wakakakakakaka

      • sawat kampes bekas mpok nori..

    • nick69
    • Agustus 22nd, 2010

    Jiahahahahahaa
    Kalo nmp pake pertamax lewat dah vixion
    wkwkwkw…
    *bakarmenyancampuruwuh

  3. wahhhhhhh….imbang ma vixie ya..the next giant killer part 2

    • kalo secara value sih iya… kecuali kalo orang mentingin model lho ya…

    • damhar_akaboncu_ati karep bondo cupet
    • Agustus 22nd, 2010

    Absen aja ah

    • lekdjie
    • Agustus 22nd, 2010

    tapi regane luwih murah soko vixion to?

    • adul
    • Agustus 22nd, 2010

    bukannya nama sampeyan depannya B ? 😀

    • m sebenarnya sih…xixixi…

        • k*mb*ng kl*neng*n
        • Agustus 22nd, 2010

        mukhlish….???
        disinyalir kalo antre yg enak2 ndaftar hurup A biar duluan…. giliran pidato ato jd imam ndaftar huruf M biar belakangan….

        Mbeeek….. :mrgreen:

      • hampeir bener… lho sampeyan iki sopo tho?
        kok hampir bener? hehehe…

    • nick69
    • Agustus 22nd, 2010

    Lwh irit mana sm vixi bbmnya bro?

    • saya ndak nyoba sampe kesitu… kalo secara logika ya lebih irit yang injeksi

        • Awakku
        • Agustus 23rd, 2010

        Sumpe loe ??

      • susu tumpe di muke loe..

    • Vega rider
    • Agustus 22nd, 2010

    Suadis juga test ridenya…motor isih kinyis2 lho!
    Btw, bukannya monoshock itu malah jadi kekurangan dibanding mp lawas..dari 2 jadi 1..hehe:-)

    • sssttt… jangan bilang2… 🙂
      iya yah.. dari stereo jadi mono…

    • cak poer
    • Agustus 22nd, 2010

    Ediyyan…AHM ga nanggung2 kalo undang2 blogger… :mrgreen:

    Ngko lek wis ketemu kabele ndang di ganti potone lek…xixixixi

    • lha ya itu… mboh aku gak ngerti kenapa jejak ahm tidak diikuti yang lain…
      padahal kan low budget high impact

      fotone besok senin ye 🙂

    • Vega rider
    • Agustus 22nd, 2010

    Bro, kayaknya harus dicoba di tanjakan paling tinggi di gedangsari…kuat ndak?

  4. segera ke tekape

    • MarUto
    • Agustus 22nd, 2010

    Gak tahan denger suara mesin ampe nguuung…nguuung.
    Ada yang ngadu ke tangki gak mas bro?
    Hehehe…

      • bjl
      • Agustus 22nd, 2010

      Ada. Dikiiitt… :mrgreen:

  5. syukurlah karena mas jomblo ini udah insyaf, gak pake bonus-bonusan lagi… ustadz mode: On :mrgreen:

      • bjl
      • Agustus 22nd, 2010

      Amiin…doakan terus insap ye. 🙂

    • pemain baru
    • Agustus 22nd, 2010

    spion e gimana bro ada gejala membuang gak kalo kena angin 🙂

    • nggak bro… ada setelan murnya buat ngencengin…
      kemaren liat langsung caranya… 🙂

    • k*mb*ng kl*neng*n
    • Agustus 22nd, 2010

    mosok ga isa mantengin speedo to mbokdhe…. biasanya jurus seribu mata buat mantengin celengan gak pernah lolos… kok mantengin speedo aja lolos… piye tha…. :mrgreen:

    Mbeeek….. :mrgreen:

    • huehehehee…
      blom terbiasa bro.. panik sama kejar-kejarannya… 🙂
      celengan libur..

    • Ha Ge
    • Agustus 22nd, 2010

    ko’ gak ada UGnya :mrgreen: jadi…mau beli yg mana nihhh… 😀

    • hehehehe… libur…
      beli apaan? vixion dirumah masih ada… 🙂

    • hombink
    • Agustus 22nd, 2010

    NMP
    power : 13.5ps/8500rpm
    Torsi :12.9Nm/6500rpm

    Byson
    power: 13.5/7500rpm
    torsi : 13.5nm/6000rpm

    secara akselerasi harusnya byson lebih unggul, dan urusan bensin harusnya byson juga lebih irit karena bisa mendapatkan power dan torsi tinggi denggan rpm yg lebih rendah.

    tp kenapa fakta berkata berbeda yaa ?..apakah ada KEBOHONGAN PUBLIC dari spec yg diberikan yamaha byson ?

    • hiaaaahahaa..
      kaga tau yah… saya nggak nyoba byson.. :mrgreen:

    • Dani Ramadian
    • Agustus 22nd, 2010

    Ayooo…
    Bawa Nu Mega Pro ke Bromo…
    ada yang bayarin nggak nih???
    Biar bos Jomblo yang mbayarin

    😀

    • tongsam
    • Agustus 22nd, 2010

    buat ke gunung kidul enak NMP donk

  6. diantara NMP, Vixy dan Byson jelas sekalai NMP memiliki Best Value….

    Menilik hasil test ride Honda New Megapro vs Yamaha Byson…

  7. ndak modal !!!!!
    poto ngembat kabeh dari TMCBlog :mrgreen:

      • Ponidi
      • Agustus 23rd, 2010

      Ini yg namanya penerapan low budget high impact

      • free budget mas tepatnya… :mrgreen:

  8. ternyata manteb bener tho NMP ini….

    kura2dalamperahu.com

    • hiz
    • Agustus 22nd, 2010
  9. ha ha ha kageet aku, kukira masuk ke blog sendiri, its OK mas silahkan 😀

      • ashley
      • Agustus 23rd, 2010

      jiakakakakakak<<<< yang punya photo tuuuch…..

      • maap… :mrgreen:

        • Awakku
        • Agustus 23rd, 2010

        saya maapkan

  10. Sekarang semua teka-teki sudah terjawab. Semua simpang siur telah jelas. Tinggal konsumen tentukan pilihan. Tentunya dengan pertimbangan yang bijak dan cerdas.

  11. Wkwkwkwkwk………
    juragan ijo sampe linglung liat gambar2x re……
    hehehehe……
    celengannya mana….? :mrgreen:

  12. intinya 11-12 ya, brati secara performa, top speed ama handling masih dipegang ama vixy, kalo secara harga bolehlah new meggy menang…

    • iya bener… mungkin kalo vixion sudah bisa mencapai 90% konten lokal baru harganya bisa 11-12, baru NMP gak bisa berkutik…

  13. beli new Megy ngk yah??…hmm….xixixiix :mrgreen:

  14. celengan-nya mana bro??

    • cute_bikers
    • Agustus 23rd, 2010

    Sekarang makin jelas kenapa yamaha nunda-nunda nelorin byson….
    rupanya secara akselerasi byson KALAH oleh NMP…padahal selama ini yamaha selalu gembar-gembor image “motor kenceng” tapi byson kopong, jadinya dia rubah main di “TAMPILAN”
    Terimakasih AHM udah nelorin NMP, kalo gak gitu pasti byson gak bakal berojol…sekarang yamaha lagi “cofuse” tuh, karena jika byson jadi berojol setelah lebaran bakal turun market vixion-nya, yg selama ini sudah berhasil sbg “the giant killer”
    BTW kalo gue lihat secara “price” yamaha ngebandrol byson dg 19,9JT itu pasti “jual pake subsidi” artinya dia jual rugi dulu, karena gue tau dari material row dan itungan dari suppliernya,nanti lama-lama harganya bakal naik di atas NMP tapi masih di bawah vixion dikit.
    Dan kalo dilihat dari iklan, yamaha ngeluarin lagi corporate iklan “semakin di depan” yg pake anak klub terjun dari hercules dg jupiternya, ini menunjukan yamaha mulai kedodoran ngelawan honda yg baru bangun dari tidurnya.

    • ashley
    • Agustus 23rd, 2010

    jah,,,,,,dah kabur duluan yah…katanya mo bukbar…ah lo rif kaya pejabat doank..sekedar wacana……

    • beneran nyong… ntar ada lagi… ini kan acaranya ahm…
      kapan mau ketemuan nih?

        • ashley
        • Agustus 23rd, 2010

        dah mepet bgt gak sich …..mana gw week end ini full acara….piye ikilah…..yuk ah bukber kecil2 an di TMC…kta modal ndiri…..

      • hayuk lah… ajakin anak2 gih.. elo aja jadi panitia, ntar gw bantuin dech..

    • uDien D’Kabayan
    • Agustus 23rd, 2010

    untuk vixi yang om compare dengn NMP, apakah vixi kondisi sekarang atau kondisi pas baru om beli

    ngomong2 om mau beli NMP gak nich ….

    • vixi saya sampe sekarang masih fit, jadi gak ngaruh…
      🙂

    • damhar_akaboncu_ati karep bondo cupet
    • Agustus 23rd, 2010

    masih menunggu cerita suroboyoan…

    moso’ gara2 posoan melok prei???

    • Shark
    • Agustus 23rd, 2010

    mmmm apa yah…. ??? ya udahlah….

  15. siipp review-nya nih…khas tester harian kayak saia…kita2 kan ordinary people yo mas…
    gini mas, kira2, kalo footstep-nya diganti kyk punya’e tiger bisa gak ya??? bikin minus di mata saya..nih footstep-nya…galak-an punya’e byson or vixie…
    sekalian nanya, sampeyan merhatiin gak standar sampingnya tuh ikut as footstep depan gak??
    trims ,..kakean takon..

    • oyi sam. ordinary people, gak ngerti bahasa2 teknis hehe..
      footstepnya beda bro, ini model jadul yang gak bisa ditekuk. model kayak di bebek.
      standar samping ndak ikut footstep depan…

      kalo mau ganti tiger, sepertinya kudu bikin dudukan baru
      (modif)
      podo2 sam

    • sabdho guparman
    • Agustus 23rd, 2010

    menyimak aja . . . .
    aku tetep milih pulsar 200 mas. . .
    lha wong nduwene mung iku. . .

    kapan kita buka bersama? modal sendiri juga ndak papa lah. . .

    keep brotherhood,

    salam,

    • pulsar 200 udah lebih dari cukup.. :mrgreen:

      sedang diatur oleh ashley mas.. ntar bantuin yah hehe..

  16. postingan pertama neh disini….. 😆
    salam kenal om,
    btw, BTN itu apaan om?

    • salam kenal juga bro
      BTN itu Bocah Tua Nakal pimpinannya guspur sama eddy genderuwo

        • Awakku
        • Agustus 23rd, 2010

        sekretaris merangkap bendahara : BJL (dulunya JA)
        😀

    • sabdho guparman
    • Agustus 23rd, 2010

    @ BJL

    InsyaAllah mas, undangane lewat fb ae yo mas, trus kalau bisa hari sabtu apa minggu jadi yang dateng bisa banyak .

    keep brotherhood,

    salam,

    • koboikudabesibekas
    • Agustus 23rd, 2010

    mo tanya gan, pada point 4, settingan sock NMP & vixi pada posisi apa??

    • salman pedrosa
    • Agustus 23rd, 2010

    kl sma2 minum premium bs dlibas tu vixi ,semoga aja NPM segera di update peformax, HIDUP HONDA

    • blom tentu sih, soale kompresi vixi lebih tinggi 🙂

    • salman pedrosa
    • Agustus 23rd, 2010

    btw si bisun cm jualan casing

    • Awakku
    • Agustus 23rd, 2010

    @BJL
    enak’an endi NMP karo GL Pro 92 ??
    😀

    • enak GL PRO dooong… suaranya itu lhooo… berwibawa… 🙂

  17. Harga sama2 4,5 jt
    nmp buat dp
    gl pro 92 cash
    yo enak pro 92 ndak mumet urusane,xixixixi

  18. lam kenal om…
    arep takon om…
    getaran mesinya piye om…sampe bikin geli si imron gak om…biasanya mesin dgn torsi besar getaranya juga besar…

    • salam kenal juga tapi kalo bisa gak usah kenal haha
      getarannya jauh lebih halus dari MPL, mboh kenapa butuh penyelidikan lebih lanjut

  19. BJL Lam kenal…

    Jangan lupa mampir ke lapak ane….
    Diam-diam AHM launch stripping baru Vario Techno tanpa seremonial, mo tahu lebih lanjut stripping baru Vario Techno

    Stripping Baru Honda Vario CBS Techno

    • Dani Ramadian
    • Agustus 24th, 2010

    Dengan bobot BJL yg 84/168
    top speed di “medan terbatas”
    dapat 114 sudah lumayan lah,
    andai aq or yg 60 kg….???

    Walahhh, iso luwih manéh iku
    xixixixi

      • Ha Ge
      • Agustus 25th, 2010

      Raul : BJL = 11/11 :mrgreen:

    • sama satar aja bisa 116 kok hehe…
      sawat kampes si hage :mrgreen:

  20. nice info..
    salam dari petani jabon..

    • lovemybike
    • Agustus 24th, 2010

    trek lurusnya panjangnya sekitar berapa km sih?

  21. BJL gak bahas komparasi dengan Byson……
    Biar ada opsi pilihan saat mo beli….
    Ditunggu….

    • soalnya saya ndak nyoba byson… ndak bisa komparasi, ntar jadinya bias…

  22. Berita terbaru Yamaha buka indent byson online untuk 100 orang di Sumatera Utara…. cekidot

    Yamaha buka Indent Byson 100 orang di SUMUT

    • snalpot99
    • Agustus 25th, 2010

    aku melu..aku melu 😀

  23. sekarang BJL nggak pernah masang celengan, disinyalir ISTI detected

    • bejo
    • Agustus 25th, 2010

    bukbar beneran kah?

    • mudah2an mas… kalo ndak ada aral melintang

    • arieslight
    • Agustus 25th, 2010

    yiiiiihaaa….BJL mencabuli NMP hahaha… puas ane denger laporan kekhilafan ente hahaha…

    • aaaaaahhh… legaaaaa…..

      **elus-elus jenggot**

    • cegukan
    • Agustus 27th, 2010

    Pagi tadi pas mo ke t4 kerja dah lihat NMP dipake dijalan urip sumoharjo.
    wow… cepet bener deliverynya…
    tapi sayang, yang pake Bapak bapak yang boncengin anaknya (masih balita kayaknya)
    Sekali lagi, hal itu yang bikin gue males pake motor honda. Temennya ya bapak2 itu tadi..
    h.h.h.h….
    belom saatnya gue bergaya seperti mereka…
    he.he.he….

    • r a m e
    • Agustus 27th, 2010

    @ cegukan

    emangx NMP gak blh dibawa sm bpk2 y, klo bpk2x pny bnyk duit, kn pd akhirx bli mtor Honda jg, drpd bys*n, blm siap utk tampil aja maksain bwt tampil, ceritax mw nyaingin NMP tuh,,,,, tetep One HEART.

      • cegukan
      • Agustus 28th, 2010

      bukannya gak boleh, tapi mayoritas pemakai motor produk ahm tuh STW keatas, h.h.h.
      jadi kesan yang muncul adalah bukan motor anak muda..
      kalo pake dikira pinjem punya ortu tuh…
      Kalo ada ortu pake produk YMKI, pasti pake punya anaknya tuh…
      he.he.he….

    • aank wijaya
    • September 13th, 2010

    boleh ikutan gag…???
    hehehehehe…

  24. Wah telat komen,
    Sial nih gak bilang2 😆

    *Telat kok 1 bulan lebih

  25. Hello there! I know this is kinda off topic but I was wondering which blog platform are you
    using for this website? I’m getting sick and tired of WordPress because I’ve had problems with
    hackers and I’m looking at alternatives for another platform. I would be awesome if you could point me in the direction of a good platform.

  26. Truth is that the sport does not appear to have an origin, so how can you discover about the background of poker chip sets? I wish you the best of luck and please take my guidance. So what is the proper bankroll you may ask?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan ke nick69 Batalkan balasan