Seputar Fuel Pump dan BBM Premium (1)

Posting ini murni copas dari notes Bro Agus Sopandi. Saya tertarik dengan tips dan trik menghindari kerusakan Fuel Pump yang akhir-akhir ini marak dibicarakan. Semoga berguna bagi kita terutama pengguna motor injeksi.

Assalamualaikum Wr. wb.

Mumpung sedang hangat permasalahan Fuel Pump, berikut cerita yang mungkin saja bermanfaat.

Secara spesifikasi, bensin jaman dulu dengan bensin sekarang tidak jauh beda. Perbedaan terjadi pada kandungan sulfur dan kandungan TEL saja. Bensin jaman sekarang jauh lebih baik dari sisi kandungan sulfur dibanding jaman dulu, sehingga lebih ramah terhadap logam (logam tidak mudah berkarat).

Dari sisi ilmu korosi, sulfur tidak akan merusak / bereaksi dengan logam selama sulfur tidak bercampur dengan air (water). Campuran sulfur dan air akan membentuk larutan H2SO4 yang bersifat asam dan sangat merusak logam.

Dari mana asalnya sulfur dan air dalam bensin? Sulfur merupakan materi yang selalu ada dalam minyak bumi / minyak mentah. Dengan peralatan yang modern kandungan sulfur dalam bensin dapat ditekan seminimum mungkin. Dikilang Cilacap, seharinya dapat menghasilkan sulfur sekitar 20.000 liter sufur cair.

Berbeda dengan sulfur, air dalam bensin justru berasal dari kontaminasi dengan udara luar. Air yang berasal dari minyak bumi sudah hilang karena terpanaskan selama proses pemurnian bensin/premium. Premium dalam tanki terkontaminasi dengan air terjadi karena proses penguapan dan penyusutan sebagai berikut:

1. Pada saat siang hari (temperatur lebih tinggi) premium dalam penyimpanan menguap dan keluar melalui lubang yang sudah disiapkan. sehingga tidak ada udara dan uap air yang masuk.

2. Pada saat malam hari (temperatur lebih rendah) volume premium menyusut dan uap premium mengembun, akibatnya akibatnya tekanan di dalam tanki lebih rendah dari udara luar. Sehingga udara luar yang banyak mengandung uap air (apalagi pas musim hujan) terhisap ke dalam tanki dan membentuk air. Kejadian ini berulang setiap hari.

Tanki disini tidak terbatas pada tanki di pabrik dan Spbu saja, tapi tanki mobil / motor juga terjadi fenomena yang sama.

Air merupakan kunci terjadinya proses korosi. Tanpa ada sulfur pun air dapat mengakibatkan korosi, karena sifat air yang elektrolit (menghantar listrik). Jika dtambah sulfur, maka proses korosi terjadi lebih cepat.

Semakin besar ruang kosong di dalam tanki, maka proses pembentukan air semakin cepat. karena jumlah udara yang masuk ke dalam tanki juga semakin besar.

TEL adalah bahan tambahan yang berfungsi untuk menaikkan angka oktan dalam premium. TEL terbuat dari timbal (logam berat) yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

Salah satu sifat TEL yang menguntungkan adalah, timbal membatu pelumasan pada daerah yang dialiri TEL tersebut. Makanya jarang terjadi kerusakan pada perlengkapan yang berhubungan dengan premium.

Sejalan dengan tuntutan ramah lingkungan, sudah lebih dari 5 tahun ini TEL tidak digunakan lagi sebagai bahan tambahan untuk meningkatkan angka oktan. Sebagai penggantinya adalah HOMC (High Octane Mogas Component).

HOMC bersifat sama dengan premium, sehingga di dalam premium sekarang ini tidak ada lagi kandungan pelumas yang membantu menjaga komponen mesin. Sehingga komponen mesin menjadi lebih rentan rusak, jika material yang digunakan sama atau lebih rendah dari sebelumnya.

Kerusakan Fuel Pump terjadi karena beberapa faktor, diantaranya:

1. Kualitas material (terutama poros) yang kurang baik / tidak tahan korosi. Hal ini terjadi karena tuntutan pasar akan harga murah.

2. Premium yang tidak mengandung pelumas mengakibatkan komponen lebih cepat aus.

3. Produk karat (dari truk tanki > SPBU > tanki kendaraan) mengakibatkan saringan cepat mampat / pluging, dan jika terbawa ke dalam pompa akan merusak komponen pompa.

4. Pendinginan Fuel Pump tidak / kurang baik karena pompa tidak terendam sempurna dalam premium. Biasanya karena terlalu sering membiarkan premium dalam level yang minimum.

Untuk menghindari kerusakan fuel pump, berikut beberapa tips yang dapat dipakai:

1. Usahakan untuk selalu menjaga premium dalam tanki pada posisi full. Hal ini dimaksudkan untuk:

a. Menjaga pendinginan Fuel Pump dalam kondisi bagus.

b. Mengurangi ruang kosong dalam tanki sehingga jumlah udara + uap air yang masuk ke tanki juga sedikit.

2. Menambahkan pelumas 2T (dua Tak) untuk memperbaiki kandungan pelumas yang sudah tidak ada dalam premium. JANGAN gunakan oli 2T sintetik, GUNAKAN oli 2T MINERAL. Takaran sekitar 50 cc per 50 liter premium.

3. Ganti filter bensin secara rutin.

4. Kuras tanki premium setahun sekali.

5. Gunakan Fuel Pump original (dengan asumsi kualitas material original bagus).

Wah capek ya bacanya…

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum Wr. Wb.

By: SUHARTA | Cilacap

gambar : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3196153

mau tahu lebih tentang HOMC silakan klik disini http://www.migas-indonesia.com/index.php?module=article&sub=article&act=view&id=4381&print=1

    • Marno
    • Agustus 6th, 2010

    nice info Pak, mohon ijin copy paste di milist vixion.

    thanks,
    Marno

  1. Shell SUSUSUPER…..!!!!!!!!!!!!

  2. Walah, yang ini:mrgreen: ketinggalan……!!!!!

  3. Kalau yang ini 80 gak papa….

  4. Weks, kok ora iso metu icone?

  5. hush.. hush… sana bikin persiapan buat acaranya @ndorokakung…😀

  6. coba lagi ah :8O:

  7. wadow, tetep ora iso metu… piye iki?

  8. bocah iki ngopo tho?????

    **sawat pake sirbo**

    • elsabarto
    • Agustus 6th, 2010

    nice info gan…
    tp poin ini
    ” 2. Menambahkan pelumas 2T (dua Tak) untuk memperbaiki kandungan pelumas yang sudah tidak ada dalam premium. JANGAN gunakan oli 2T sintetik, GUNAKAN oli 2T MINERAL. Takaran sekitar 50 cc per 50 liter premium. ”

    apa gak mempercepat penyumbatan nozzle injeksi, klo pengkabutan kurang sempurna kan mesin jadi overheat, fuel pump awet tapi mesin rontok, lha njur kepriwe…

    numpang share info sekalian, aplikasi adware sms gratis, lumayan buat sms lebaran http://www.kaskus.us/showpost.php?p=257889470&postcount=12

    • well.. menurut sang empunya tips, tips ini peruntukannya untuk yang maksa pake PREMIUM, karena di premium sendiri udah gak ada bahan pelumasnya (TEL – Tetra Ethyl Lead) yang diganti dengan HOMC.
      maka itu digantikan dengan oli 2T Mineral. kalo pake logika sih, 50cc per 50000cc (1:1000) bagian kayaknya gak terlalu ngaruh deh…🙂

    • PB
    • Agustus 6th, 2010

    motorku ra nganggo fuelpump ki

  9. Tapi apa hubungannya sama bajaj r3 di pom bensin…?
    apa spec terbaru yang menggunakan injector….?

    • Supra XX
    • Agustus 6th, 2010

    pernah liat cerobong terbakar di kilang minyak…
    itu sulfurnya di buang

    ini malah ditambahkan
    heee

    ndakpapa
    demi kemaslahatan umat*

  10. wah bajajnya udah fuel injeksi yak??…apa udah pasang mesin aprillia rs 125??….kok minumnya shell??….xixixiixix

  11. ato jangan2 tukang bajajnya ngecengin bakul bensinnya yg ayu??….xixiixixix

    • damhar
    • Agustus 7th, 2010

    Motorku gak nggawe fuel pump..

  12. mantap om, bajajnya pake fuel pump😀

    50 Tahun Suzuki di Kancah Balap Dunia
    http://motorkencang.wordpress.com/2010/08/07/50-tahun-suzuki-di-kancah-balap-dunia-part-1-1960s/

  13. 20 besar.
    Numpang promosi
    Bertemu Blogger
    Terkenal:
    http://wp.me/pxYt7-K6

    • k*mb*ng kl*neng*n
    • Agustus 7th, 2010

    kalo milk pump makenya gmn yah…

    Mbeeek…..:mrgreen:

    • lekdjie
    • Agustus 7th, 2010

    oo?:mrgreen:

    • ocecoco
    • Agustus 8th, 2010

    kalo pertamax / pertamax plus apa ada pelumasnya mas ?

    • Awakku
    • Agustus 9th, 2010

    PERTAMAXXX

    !!!

    • Awakku
    • Agustus 9th, 2010

    Fuel Pump rusak karena terlalu panas saat bekerja,
    Jadi isi bensin lagi sebelum seperempat tangki bensin.
    Kinerja fuel pump jadi lebih awet (bensinnya menjadi pendingin tuh fuel pump)
    mobil dengan kondisi bensin penuh lebih baek

  14. @ om jomblo dan all comentator

    motor kencang mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa mohon maaf lahir batin. Mohon maaf kepada empu blog ini apabila terdapat komentar-komentar yang tidak bermutu dan 90% mengandung Spam, fufufu😀

    http://motorkencang.wordpress.com/2010/08/10/motken-selamat-menunaikan-ibadah-puasa-mohon-maaf-lahir-dan-batin/

    makasih om

    • sama-sama bro. saya juga mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa, mohon maaf lahir bathin.🙂

    • Sammy
    • Agustus 12th, 2010

    Nais impoh Gaan… Izin copas ahh…
    EH ya, Ada yang paham maksudnya teknologi Trizone sama Formula Power Release yang ada di Castrol Power 1..?
    kasih tau doong..

    • setahu saya, semua oli adalah sama ASAL tingkat viscositynya sama (SG, SJ, SL, 10w-40, 20w-50 dll)DAN produsen tidak membohongi tentang tingkat viscosity tersebut. cmiiw.

    • damhar
    • Agustus 13th, 2010

    wes diintipi bolak-balik, sing durung ono ae serial pendek teko Awakku..
    njaluk diobongno menyan disik ta yoopo iki?

    • Sobek-Sobek
    • Agustus 14th, 2010

    ga’ nyangka
    motor 4 tak ternyata msh butuh uli samping emangnya 2 tak ??
    whaduh2..
    jadi sekarang motor injeksi itu 3,5Tak dong😆

    • kojex
    • September 2nd, 2010

    Bos udah pernah coba peninggi oktan belum?yang dimaksud oli 2 tak itu oli sampingnya atau oli mesinnya?kl pakai pertamax/chell masih perlu pakai g?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: