Berapa Biaya Transportasi Motor Kita Sebenarnya? (1)

Sedikit-sedikit ngomongin akuntansi ah. Kali ini kita akan sedikit membahas tentang penyusutan.

Misalkan Nick 69 (nama samaran) membeli sebuah sepeda motor bebek seharga Rp. 11.865.000,- Diperkirakan motor itu akan dipakai selama 5 tahun, dengan nilai residu setelah lima tahun adalah Rp. 3.000.000,- (nilai residu adalah, nilai motor tersebut apabila dijual setelah 5 tahun). Ceteris paribus.

Nick 69 menggunakan motor tersebut setiap harinya, menghabiskan bensin dalam satu minggu Rp. 50.000,- atau sebulan Rp. 200.000,- serta biaya servis dan oli per bulan Rp. 60.000,- Secara Cash Basis nick menghabiskan biaya perbulan Rp. 260.000,- untuk biaya transportasinya.

Tapi, benarkah begitu?

Untuk itu mari kita perdalam sedikit tentang Biaya Penyusutan atau bahasa maduranya Depreciation. Secara akuntansi, depresiasi adalah Biaya/Beban yang diperhitungkan (dibebankan) dalam Harga Pokok produksi atau biaya operasional akibat pengunaan aktiva di dalam proses produksi dan operasional perusahaan secara umum. Artinya apa? Suatu barang akan mengalami keausan dalam masa pemakaiannya. Apakah keausan itu selama ini telah kita perhitungkan? Mari kita hitung sama-sama.

Perhitungan biaya penyusutan, dari asumsi diatas tadi kita bisa mendapatkan angka/biaya penyusutan selaam 5 tahun, yaitu Rp. 11.865.000,- – Rp. 3.000.000,- = Rp. 8.865.000,- kemudian kita bagi 5 tahun tersebut untuk mendapatkan nilai penyusutan pertahun Rp. 8.865.000,- : 5 = Rp. 1.773.000,- kemudian kita bagi lagi 12 untuk mendapatkan nilai penyusutan perbulan Rp. 1.773.000,- : 12 = Rp. 147.750,-.

Jadi seharusnya biaya transportasi Nick 69 perbulannya adalah Rp. 260.000,- + Rp. 147.750,- = Rp. 407.750,-

Ini gambar celengan favoritnya nick. Klik disini.

To be continued…

  1. Kalo isi pertamax seminggu cuma 15rb.

      • Awakku
      • Februari 12th, 2010

      no.2 diisi dulu

  2. Mantap celengannya…
    Beatnya nick kuat po ra mbonceng celengan favoritnya…😀😀😀

  3. Hoooaamm… Masih sepi…
    Numpang tidur dulu mas…
    Nyili sarunge mas… Atis kie…

      • j.a.
      • Februari 12th, 2010

      Wong kediri ta sampeyan mas? Hehe.

    • thwuerhouwnguisth waras 43 prosen
    • Februari 12th, 2010

    wualah ngueriii tok… jangan diklik ya…

    • at0z
    • Februari 12th, 2010

    Klo cs1 nilai residuny bkany turun tp mlah nambh tp 50th yg akn dtang…
    Scra brang ‘eksotis’ gt,..

      • j.a.
      • Februari 12th, 2010

      Silakan liat blognya arie sesat, syarat2 motor antik apa aja. Cs1 bs masuk gak? Hehe.

    • And2
    • Februari 12th, 2010

    Yg punya Blade siap2 aj menangis dperkirakan wktu penyusutan tidak lebih dari 1th,
    lha piye di dol seken regane mudun ajur -ajuran je… Syukur2 ae laju🙂

      • j.a.
      • Februari 12th, 2010

      Bs dihitung deh penyusutannya hehe..

  4. Wah nyekel bidange dhewe ki.btw …nick69. sepertinya pernah dengar. Itu temennya WOT itu ya?

      • j.a.
      • Februari 12th, 2010

      Bukan nama sebenarnya hehe.

    • maksude nick 69 itu semacam woman on top apa rear entry gitu kang

      • sesuai namanya. nick 69 ya 69:mrgreen:

        • Awakku
        • Februari 12th, 2010

        69 a.k.a mut-mutan
        gethooo

      • mut-mutan a.k.a marmut:mrgreen:

      • Waduh, jik login iki, fotoku njedul. Wah, kudu sopan iki, ora iso ngawur. Marmut adalah sejenis kelinci yang lucu sekali. Dia dapat hidup di habitat pekarangan rumah. Makanannya mudah: wortel atau kangkung. Selain dapat dimakan marmut, kangkung juga dimasak cah, dicampur cumi-cumi, wow, enak sekali.

      • monster marmutt….

      • Grrrrr………

  5. nick69 krasa gempa ga ya di bali pagi ini..😆

  6. nilai residu didapat dari mana? diriku blm paham, bu guru… mohon dijelaskan bagian ituuu😀

      • j.a.
      • Februari 12th, 2010

      Nilai residu adalah nilai pasar motor tsb apabila dijual. Kan bisa dicek dikoran, misalnya mega pro tahun 2005 skrg harga berapa.

    • xxl123
    • Februari 12th, 2010

    ternyata mbokde pinter juga yah itung itungannya😀

    celengane medeniiiii…!😀

  7. Celengan raksasa…..bingung mbedakne ngarep karo mburin’e..
    Kupinge arek’e(n69) jlas muni nguing nguing nguing

    • Awakku
    • Februari 12th, 2010

    ayas, GL PRo tuku taun 96 5 juta
    nak tak dol saiki 5,3 juta……..

    ekekekekek… isih bathi ternyata
    huebat tenan GL Pro ku….. wis setia ngeterno nganti dadi sarjono,gendak’an, kerjo oleh hasil gawe mangan, omah, rabi, libom, sekolah anak deelel
    wah semangkin jatuh cinta ayas
    nak ngono yo’opo ngitunge mbokdhe😀

    • itu karena ada perubahan/kenaikan harga motor baru. jadi harga motor bekas terdongkrak naik. sebenarnya kalo dalam bisnis itu motor udah tinggal residunya aja, alias nilai buku udah nol. tinggal untungnya doang. untungnya itu tergantung harga pasar. nanti ya artikelnya masih bersambung…

        • Awakku
        • Februari 12th, 2010

        ekekekekek….siap…
        pole iling pas kuliah mbiyen mblo……. ngetung kene’an…
        prosoku mbiyen nak mata kuliah bab2 ngene hasile apik2

  8. @ Awakku
    Bathi 300 rebu bro

    • Luwih gede bathi bonsai umur 5 tahun ya mas?
      *komentar sopan mergo jik login*

      • hahaha… ada monster… hiiiyy…atuuut…

      • Grrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr……..

  9. Dasar mbok de
    emang kerjanya ngitung uang tiap hari gimana nggak gape
    Tapi kalu celengan ngitung susutnya gimana yah

    • tergantung dari pemakaian juga. kalo celengan kamu pake setiap hari ya dedel…
      paling setahun celenganmu wis residu thok. makanya dikasi slot celengan empat..
      *kompor mode : on

  10. seminggu seket ewu kui go mider sak bali yo?!wah,ngejak barbequenan ki,xixixi…bar iki,etung2an yen tuku seken..
    eh,mas j.a,la kalo belinya kredit,tambah gedhe no perbulannya,belum biaya pajaknya..iya to?

    • hehehe… betul…
      masih panjang lanjutannya… ini masih mengasumsikan kalau pembelian secara tunai.
      mengenai leasing dulu sedikit pernah dibahas. tinggal hitung aja bunganya, terus dibagi per bulan deh.🙂

  11. buahahaha nick’e kok ga nongol2 hehehe

    itu biaya transportasi perbulan, tpi kalo dihitung sekalian biaya mendongkrak penampilan, belum lagi ngecengin cewek dng motor kita, rasanya biaya transportasi jadi Rp 0…
    hehehe

      • Awakku
      • Februari 12th, 2010

      nol apane ?? jembuk soko endhi ??
      hayo ngaku……. wong awakmu bathi ngeremp*n….. kakakakak

    • thwuerhouwnguisth waras 43 prosen
    • Februari 12th, 2010

    nick lg sibuk ngelatih renang mongtor biar nutup biaya operasional… kwakwakwak

  12. @ awakku
    hush….ngawur ae..aku alim yow….
    @ terong
    iya masuk akal juga hehehe

      • Awakku
      • Februari 12th, 2010

      Alim ?? Alim Markus ??
      “..gunakan ploduk-ploduk dalam negli..”

      sik tak singitan dhisik, selak didemo wong2 maspion🙂

    • sabdho guparman
    • Februari 12th, 2010

    manthab. . .
    kuliah gratis.

    keep brotherhood,

    salam,

    • mbahe
    • Februari 12th, 2010

    buGuLu….aku tanyaaa..:
    tanda (,-) stelah tulisan duwit iku opo seh maksude????…
    apa klo nggambr duwit, blakange kudu d kasi imbuhn gt??
    misal; tabungan saya, berjumlah Rp. 2.000.000.000,-
    = aku bner2 ndue duwet s’mono.
    lhaa..klo nulise;
    tabungan saya berjumlah Rp. 2.000.000.000
    (tnpa ada tanda ,- d blakng angka)
    = aku cuma ngipi ndue duwet s’mono.
    pye keterangane mbokdhe?
    ki takon tnanan, kudu d jwb tnanan lho…!!

    • tulisan ,- maksudnya adalah sen. tapi jaman skrg dah gak ada itung2an pake sen, tapi kalo forex masih. contoh : USD 4,586.84
      perhatikan bahwa penulisan Indonesia dengan asing berbeda, kalo Indonesia pemisahan ribuan pake “.” kalo asing pake “,” , vice versa.

    • mbahe
    • Februari 12th, 2010

    dino iki sakno nick rek, kaet mau d rasani wong akeh, iso anyang2en arek iku ngkoo…!! xixixixii..😉

    • arie slight
    • Februari 12th, 2010

    keluar juga ilmunya…
    bahas yang make motor tua dong bro..beli 300 ribu, tahun 90, jual 30 juta tahun 2009 (BMW R 25), nah berapakah biaya penyusutannya?
    ada yang ga jadi jadi beli jaman dulu sekarang pada depresi hikshikshiks…

    • different case bro. artikelnya beda lagi. mudah2an seri keuangan bisa terbit teratur. hehe…

    • yahonsuwakanja
    • Februari 12th, 2010

    waduhh..mblo…
    sak no nick69…
    mari teko njegur kolam..diwenehi conto artikel…karo celengan pot kasongan
    nasibmu nick…
    ojo mrene le….

      • j.a.
      • Februari 19th, 2010

      bhuahaha…kethok arek jogjane kie…dolanane kasongan

    • thwuerhouwnguisth waras 43 prosen
    • Februari 12th, 2010

    btw banyak penampakan anak didik nick di fb ku…. kwekwekwekwek bisa aja tu orang idenya buat nutup biaya penyusutan… awas lho nick kelamaan nyemplung kolam kantongmu yg laen melu2 nyusut… kwekwekwek

      • j.a.
      • Februari 19th, 2010

      kantong menyan ta?:mrgreen:

    • Shark
    • Februari 12th, 2010

    berapa persen mandekati kebenaran mblo…???

      • j.a.
      • Februari 19th, 2010

      cuma contoh aja bro. dikasi gambaran yang paling gampang.

    • ocecoco
    • Februari 13th, 2010

    Wah artikelnya menarik bgt mblo, jgn lama2 ya mbrojolin part 2.

      • j.a.
      • Februari 19th, 2010

      lha iki…susahnya mbagi waktune… mohon maap kalo blom keluar2…🙂

    • Ay
    • Februari 13th, 2010

    Kl mtr baru hrsnya deprenya dihitung pk metode declining balance alias saldo manurung… (Biar om j.a yg jelasin lbh lnjt)😀

      • j.a.
      • Februari 19th, 2010

      nanti ya episode 2, ada satu lagi ntar, pake activity based costing…🙂

    • mbahe
    • Februari 13th, 2010

    @mbokdhe:
    oalaaahh…ngono ta maksude.
    oyhe2o….swheiiiipp..markuzwipp.
    matrnuwun ats pnjelasane mbokdhe..
    => eh…takon maning oleh yha mbokdhe..!!
    klo tanda ,- itu maksude mnerangkan niai “sen”, trs maksud pnerapan d pakainya tnd tsb apa?
    misal…; utk inisial prbandingan dg kurs mata uang lainya,
    atau..; tanda tsb merupakn standard baku penulisan lporn keuangan d kntor2 resmi (smacm klo kita nulis karya ilmiah, kudu pake bahasa tulis yg sesuai EYD)
    ataukah ada maksud2 tertentu mbokdhe..!!?

      • j.a.
      • Februari 19th, 2010

      standar baku penulisan bro, yang lebih tepat adalah pake ,00
      contoh : Rp. 1.000.000,00 tapi pake Rp. 1.000.000,- juga udah boleh.

  13. artikel yg bgus.
    Kalo yg gambar celengan diatas motor itu kir2 bisa di hitung ngak mas penyusutanya.

      • j.a.
      • Februari 19th, 2010

      ora susut kuwi, malah mengembang:mrgreen:

  14. hmm

  15. wah nek celengane nick 69 ketoke rak bakalan nyusut yo mas??….hehhehehehhe

  16. meskipun mengalami penyusutan, ukuran motornya ga jadi kecil kan…
    iklan olie mode: on

      • j.a.
      • Februari 19th, 2010

      saya seumur hidup gak mau pake merk oli itu ah…:mrgreen:

    • mbahe
    • Februari 15th, 2010

    kulo nuwoooon….
    mbokdheeee…nyuwon kaose setunggaaaaaaaaaal mawoon.
    kulo d bagehi nggeh…..!!!!🙂

      • j.a.
      • Februari 19th, 2010

      akeh masss…tenang aee…
      kaos lampu tho?

  17. hmmm… 11.865.000
    kira2 motor apa ya . . . ada yang mo kasih bocor alus ?:mrgreen:

      • j.a.
      • Februari 19th, 2010

      depannya h belakangnya a:mrgreen:

    • nha
    • Februari 15th, 2010

    Kalua Motornya ninja 250 berati biaya perbulannya dikali 4 kali ya?

      • j.a.
      • Februari 19th, 2010

      maksude??? inyong ora mudheng…🙂

    • ASH
    • Februari 15th, 2010

    biaya mbonceng kobei masuk itungan gak???….anjelo pp bayar 25000..

      • j.a.
      • Februari 19th, 2010

      yeeekk…ashley dolanane bencong..:mrgreen:

    • Ha Ge
    • Februari 15th, 2010

    hahaha….si nick jadi malu gak mau keluar
    ngomong2 itu celengan apa yak ??? kayaknya bisa juga buat gesek kartu kredit juga😆

  18. Motor Bebek 11.865.000? motor opo kuwi? bebek po matic?

    • ben piss
    • Februari 19th, 2010

    Bro ja, nilai residunya gak dikonversi dulu ke PV?
    Kalau hitungannya kayak gitu jadi keliatan besar sekali.
    Kalau dijualnya tahun depan sih nggak signifikan.
    Tapi kalau diatas 5 tahun lumayan juga pengaruhnya. IMHO

    Ngemeng-ngemeng, sekarang celengannya kurang nendang, gak seru…🙂

    • Lord Ubay
    • Februari 22nd, 2010

    itu pake metode garis lurus mbah eh mbak JA, kalo pake metode lain kan lain juga he he. ade-ade aje mbak JA ni ngasih foto celengan disetiap edisinya.

  19. ulasan yang menarik mas….benar juga, sy kira biaya transport sebulan cuman bensin ama servis doang…hahhah

  20. mantap pol celengannya…

  21. Thank you a lot for sharing this with all of us you actually recognize what you are talking about!
    Bookmarked. Kindly additionally consult with my web
    site =). We can have a link exchange agreement between us

  1. Februari 25th, 2010
  2. Februari 27th, 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: