Kenapa antipati dengan Peraturan Menyalakan Lampu Pada Siang Hari?

Lho…membaca di berbagai forum maupun berita seperti di detik.oto, sepertinya banyak juga bikers yang kurang setuju dengan dinyalakannya lampu pada siang hari. Saya pribadi merasa heran. Sebab menurut saya, sepeda motor yang menyalakan lampu lebih gampang diidentifikasi atau pengendara mobil bisa ‘aware’ posisi anda berada.

Beneran lho, tanpa bermaksud merendahkan. Kalo yang pernah nyetir mobil pasti merasa kalo sepeda motor yang menyalakan lampu akan lebih mudah di sadari. Soalnya kan kalo dari belakang, pengemudi mobil hanya dibantu dengan 3 buah kaca kecil dan itupun tidak selamanya dilihat kan? Masak mau lihat spion mulu?


Kalo persoalan bensin jadi boros, ataupun aki cepat tekor, tetapi dibandingkan dengan safety driving? Mending mana yah?🙂

Karena waktu saya di Surabaya, peraturan menyalakan lampu sudah diterapkan beberapa tahun yang lalu. Polemik yang kayak gini sudah duluan muncul. Nah, bahkan ada salah satu insinyur menjelaskan kalau menyalakan lampu sepeda motor justru malah bisa merawat aki, karena aki ber sirkulasi, tapi maaf saya tidak ingat sumber informasinya.

Tapi ini ada sumber informasi lain yang menurut saya sangat baik penjelasannya. Monggo mampir ke sini. http://saft7.com/?p=481

Lagian kalo memang bikin bensin tambah boros, berapa sih tambah borosnya?

Monggo, bagaimana kalau menurut bro sekalian?

Nih bonus celengan….:mrgreen:

    • thwuerhouwnguisth waras 74 prosen
    • Januari 14th, 2010

    pertamaaax…

      • Awakku
      • Januari 15th, 2010

      kedua !!

        • Awakku
        • Januari 15th, 2010

        3 juga gw embat

    • thwuerhouwnguisth waras 74 prosen
    • Januari 14th, 2010

    double premium…

    • thwuerhouwnguisth waras 74 prosen
    • Januari 14th, 2010

    trisome…🙂

    • thwuerhouwnguisth waras 74 prosen
    • Januari 14th, 2010

    satu lg…

    • thwuerhouwnguisth waras 74 prosen
    • Januari 14th, 2010

    sampe klimaaax…..:)

  1. terong edhan…

    • Sendal.bolong
    • Januari 14th, 2010

    Borooooossssss……… Pointnya 🙂
    Gak kebagian deh…..😦

    • Sendal.bolong
    • Januari 14th, 2010

    Celengannya………….. Kirim ke sy bozzz……. Yang buanyak yuaaaa……. Hehehe……. ( me**m mode : on )

    • thwuerhouwnguisth waras 74 prosen
    • Januari 14th, 2010

    waktu ada razia sm pak pul disuruh nyalain lampu… tak nyalain… trus dibelokan yg lawan arah pd ngasih kode dr tukang becak orang lewat smp tukang sampah kalo lampunya nyala… kwakwakwak ya emang sengaja dinyalain oom…..
    mungkin harus sosialisasi dgn jelas nih kenapa siang hari harus nyalain lampu utama…..

    • Moy islamanic muhammad
    • Januari 14th, 2010

    @ 9 Lucu lucu lucu he he he…!

    • elsabarto
    • Januari 14th, 2010

    klo nyalain pake elektrik start + lampu murup yo memang mempengaruhi kinerja kelistrikan motor (biasane utk motor modern jd pengaruh jg ke kinerja mesin), kecuali kapasitas ampere akine gede, untuk antisipasi motor kecil, pas dinyalain mesine harus dalam keadaan lampu mati or ditambahi kapasitor bank & rajin rawat aki,
    DRL memang bermanfaat, selain itu untuk kebaikan bersama dan menunjang safety riding, yo sudah sewajarnya utk dipatuhi…

    • pengaruh ke kinerjamesin tuh, maksudnya piye kang? powernya jadi berkurang kah?

        • agus
        • Januari 14th, 2010

        rpm mesin jadi turun bila lampu menyala, kira2 turun 200rpm

      • kok neng motorku ora pengaruh ya? rpm juga ndak turun. cuma bunyi pompanya saja menjadi lebih pelan jika lampu depan on.
        pernah njajal gilera runner, lampu otomatis nyala, nggak ada saklar lampu.

      • jadi inget dulu, si nick bingung matiin lampu cbr…wkwkwk….

        • elsabarto
        • Januari 15th, 2010

        klo pengalamanku di kawi blitz pas DRL msh berupa anjuran, akiku tekor terus, padahal aki masih bagus, jadi input & output (headlamp terbesar konsumsi listriknya selain engine start) gak seimbang sb aku cm pake motor pagi aja buat anter nyonya, gak tahu gimana kok jadi merembet ke cdi (error), elektrik stater jg jd gak fungsi (mungkin karena produk kawasaki semua menganut over-bore jd lbh nyedot listrik buat start engine) akibatnya kempol koyo tukang becak nyelah silinder high kompresi, krn cdi error jg maka sering pengapian mati sendiri pas dalam keadaan dijalan bahkan pas keadaan high speed (cukup berbahaya & marai deg2an klo ditengah jalan, nyalip & jalan rame), jd terpaksa ganti semua gara2 bela2in nyalain lampu siang hari, ini saya temui untuk kasus kawi aja ya, sekarang sy pake mx gak ada masalah sebab mesin menganut overstroke, trus klo nyelah jg enteng spt jg honda

      • hmmm…very much thank you for your share.
        kalo saya dulu di surabaya pake kawasaki kaze 2002, pelaksanaan DRL tahun 2005, dan saya tidak mengalami kesulitan dengan kelistrikan maupun aki tekor. Aki sampai tahun 2006 (dijual karena hijrah ke jkt) masih fit, yang penting rajin isi air aki.
        malah kawasaki kaze saya tidak pernah mogok sama sekali, padahal kalo hari sabtu naik ke malang, pulang hari minggunya.🙂

      • Kempolmu wis mari mas? Kono pijet karo Cak Giri:mrgreen:

      • jyakakakak…..
        giri saiki nyeluk’e kudu nggawe lek
        kalo nggak nggawe lek, gak gelem noleh…:mrgreen:

      • Lik Giri, dijak pijet neng ngalam ………
        *ndi ra ono wonge, jik ngarit to? opo angon mendo?:mrgreen:

      • xixixi….
        mendo ne kathah mas, niku pating kemruyuk….

    • maskurmambang
    • Januari 14th, 2010

    rolasan. aku sudah DRL walopun di kota kecil. sayang atpm belum support DRL ini.
    Mbok motor baru dibikin begitu kontak nyala, lampu nyala.
    Seberapa repotnya to

    • motor ngimprot dari negara tetangga juga udah otomatis begini kok. alesan atpm katanya jadi bikin ribet, lah bukannya kalo gak pake saklar malah jadi gak ribet yak? apa kalo memang bikin tekor, takut ketauan aki bikinan sini gampang tekor gitu? haloooo aki BS astrea dan Yuk’asa.

        • Awakku
        • Januari 15th, 2010

        regulasi boss………
        coba regulasi ditegaskan……

        kalo pake sistem atomatis, ATPM saya rasa bisa hemat :
        1. Saklar
        2. kabel

        nayamul tuh… bisa cost down

      • Bahkan, Ketua Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) melalui ketuanya langsung, Gunadi Shinduwinata, pun ikut angkat komentar. Menurutnya, perubahan tersebut tidak mudah dan secepat membalikan telapak tangan.

        “Perubahan tersebut kan tidak mudah, butuh proses panjang dan biaya yang mahal,” ujarnya ketika berbincang dengan detikOto, Selasa (12/11/2010)

        Minimal, tambahnya Aki harus diganti yang lebih besar kapasitasnya, selain itu bohlam juga harus menyesuaikan dengan voltase arus dari Aki, kalau tidak seimbang, malah jebol.

        Selain itu, ATPM bisa-bisa saja mengganti switch lampu tersebut, namun pastinya dengan konsekuensi biaya produksi menjadi lebih mahal. Karena mengganti kelistrikan, bukan seperti mengganti komponen bodi saja.

        http://oto.detik.com/read/2010/01/12/162029/1276868/648/atpm-tolak-permintaan-polisi
        http://oto.detik.com/read/2010/01/12/173227/1276956/648/perubahan-lampu-nyala-otomatis-butuh-biaya-banyak

        • Awakku
        • Januari 15th, 2010

        Ngono tha ??
        tapi coba yang punya vartech sama New Click-i.
        lampu var tech dinyalain terus, biar sama kaya click-i

        kira2 sama gak ketahanan lampu ma akinya ??

        menurutku kok jadi geenee
        ” kalo bisa dipersulit, kenapa urusannya dipermudah ?”

    • thwuerhouwnguisth
    • Januari 14th, 2010

    cweleeeeeng…..celengane ngageti…….

    • mbahe
    • Januari 14th, 2010

    awak setuju pwuooolll dg aturan iki.
    <>
    mergo, pengalaman pas nang ndalan, montor seng lampue morop, lbh terlihat meski dr jarak 300an meter (dr depan).
    lhaa……..pas ngintep spion pun, dg kondsi lampu nyala, motor d blakang lbh mudah terlihat+dikira2ken posisine.
    padahal ki ngintipe nggawe spion imitasi seng luweh cilik ketimbang ori lhow…!!
    opo manehhh…nak d intep lewat spion Truk Gandeng utowo Bus antar kota Antar propinzi, Wwwwhuaaaaaaaaa….tambah jelas kethok melhok2 speda motor seng ape nyalep Bus iku (misale…)

    • mbahe
    • Januari 14th, 2010

    T tambahi maneeeeehhh:
    apalagi saat hujan, lampu nyala sangat membantu terdeteksinya lawan maen, ehh….motor laen maksude.
    jadi…kita amann…pengguna jalan laen juga aaammmaaaaannn.
    enak tooo..!!!!?

    • Bal-balan karo Jupiter Perez, eh Julia Perez juga amaaaaaan….. mergone wis nganggo karet…..
      *ora rusuh

  2. Posisi puncit,durung overlap…(kebiasaan dota-he3x)…sg penting lampuku terus bersinar,dab.la sampeyan piye?

      • Awakku
      • Januari 15th, 2010

      lho…lho… kok nyerempet – nyerempet……

      moro2 kobong koyo warung ijo lho ndek kene😀

  3. whuaaaa,,,, kerdhusss tenan celengane,,,😈

    • sampeyan kuwi sing nggarai…
      aku bengi2 jam rolas bengi, lompat teko mejaku. di guyu2 karo mbak auditor.

    • kornet
    • Januari 15th, 2010

    hadirrr…. mas….
    eh masss apa mbakyu….
    question for a ifetime nih…
    hehehehee

    iya tuh di kawasan cawang juga sesang diberlakukan…
    tapi sayang ada juga yang ga patuh..
    contohnya kmaren ada biker pakaian T*i…
    selonong boy ke jalur kanan…
    polkis ya diem aza…
    xixixixix

    • And2
    • Januari 15th, 2010

    Lampu mekan? ? Setuju Nyi Jomblo, apalagi daerahq alas watu jago sing dalane mlungker2 kyo ulo dumung dadine pas belokan tajam langsung ketok mergo lampu murup.

    • @and2
      sipp…ayo kita aja yang duluan.

      ya wes…yang setuju ya silakan nyalain lampu, yang gak setuju ya terseraaah….
      orang mongtor2mu badan2mu dewe kok ya? hehe…

    • Awakku
    • Januari 15th, 2010

    Tumpang Tindih !!

    Kalo memang harus nyalain lampu, mbok ya’o yang bikin peraturan itu sekalian bikin peraturan kalo motor 2 baru pake sistem Atomatik Headlamp On……
    PEraturan kok setengah-setengah… dasar
    kurang pertimbangan, kurang latar belakang, kurang pentungan… kalo gini ini mah kesannya cuma buat coba2, berhasil syukur, gagal yo badhog’en

    heh…heh…heh… ambeg’an dhisik, esmosi ki
    tak terusno…

    peraturan dibuat tidak saling koordinasi antar instansi pemerintah, kerja sendiri2, kejar setoran sendiri2, sapa loe sapa gw, lha wong Presiden’e siji kok gawe dhewe2..

    sik..endi banyu… tak ngombe dhisik..

    bar ngono Silup yo gak konsisten, sebelah kene mernahno, maju rong kilo dijarno…. ngarep’e maneh ngilingk’e… mari ngono ono sing sms’an

    heeeeeeeeeeehhhhhhh…semaput dhisik

    • waduh…semaput rek…
      hayo ndang dikasih pernapasan buatan…kene le tak ambunge….

        • Awakku
        • Januari 15th, 2010

        meeeeeeeelllllllllllllllaaaaaaaaaaaaaaaayyyyyyyyyyyuuuuuuuuuuuuu

    • Shark
    • Januari 15th, 2010

    masih mikir lebih sayang duit 7000perak buat bohlam? apa nyawa orang yg tak ternilai harganya?

  4. tinggal pilih . .. nyawa atow bohlam? xixixixixixi

    • bohlam opo kuwi 7000?

      • Ho oik, bohlam opo kuwi muk pitung ewu? sumbu teplok kalee…:mrgreen:

      • lha iyo…ngono jarene sapety driping. nggawe bohlam pitungewu. nggawe sempak ae diiket nang bambu, terus diobong…xixixi…

      • Bolam cap dop werno kuning 5 watt,kyne..

      • Lek Ji, kuwi rak bohlam angkringan to? Limang watt, remang-remang ….🙂

    • thwuerhouwnguisth waras 74 prosen
    • Januari 15th, 2010

    tp kalo ga bisa dimatiin kalo lewat jalan kecil yg banyak orang nongkrong juga bahaya….. bisa2 gara2 kesilauan bisa melayang tu nyawa dikwaploki orang segerombol…. kayaknya sih, palg kalo lagi pd mabukz…… lagian apa susahnya sih nyetek tombol on off lampu….. lgan inyong nyalain lampu drl cm gara2 lupa matiin aja….. hehehe

  5. Ngomong2 UUnya wes di sahne durung bukde…
    Nak wes di sahne pabrikan wajib dukung dgn cara kontak on langsung byar….

    • bukannya sejak hari senin kemarin sudah wajib yak? (tapi masih di area tertentu)

    • caspro
    • Januari 15th, 2010

    Manusia emang kurang syukur…dah dikasih terang Gusti Allah dari matahari masih merasa kurang….nyampe lampu motor aja disuruh nyalakan… Gaya berkendara ugal2 an yg harus dirubah…!!

    • aye no comment dah kalo dah bawa Sang Maha Pencipta🙂

      • Dani Ramadian
      • Januari 21st, 2010

      Waaa…
      Sori, saya nggak sependapat dengan énté
      Bro. Saya setuju dengan aturan yang
      menyalakan lampu. Coz sdh banyak
      dibahas temen² diatas. Contoh anda
      kurang tepat…
      Apa nggak perlu juga paké hélm, dengan
      alasan, kalo belum “waktunya” (takdir)
      meski kepala ter-bentur aspal ketika
      kecelakaan nggak akan mati. Walah
      ini malah konyol.
      Jadi nyalakan lampu siang hari bagiku
      sama pentingnya dengan paké helm
      ketika berkendara!!!

    • sabdho guparman
    • Januari 15th, 2010

    waaaaaaaaa. . . .
    aku telat bu dhe. . . .
    baca dulu ah. . . .

    keep brotherhood,

    salam,

    • nick69
    • Januari 15th, 2010

    Jiah aku yo telat

      • Awakku
      • Januari 15th, 2010

      wah Jupe, “telat” berapa bulan ??
      Gaston “telat” naybut ya ??

  6. yang telat2 kudu di setrap, hayo kono gulung kuming nang sentul 3 lap.

    • yahonsuwakanja
    • Januari 15th, 2010

    jiakakakakakkak…
    disetrap…pak pulisi…
    ngomong kategori siang itu mulai jam brpa sampai jam brpa ya….?
    siang yg berati ketika ada matahari..?

      • Shark
      • Januari 15th, 2010

      mungkin ketentuannya dari jam 6 pagi sampai jam 6 pagi lagi suruh dinyalain lampu utamanya…. wess… pedot-pedot lah….

    • fraziel
    • Januari 15th, 2010

    Wah telat sayahh..
    Itu celengannya gak bisa dibuka dari hape jeh
    Lagian mencurigakan, apa ya isinya?

  7. lha aku wis kawit nyicil motor mbiyen wis sering tak nyalaken lampune pas awan. ora urus dibengok-i wong, sing penting aman tho?
    dop lampu kok 7ewunan? awet ra kuwi?
    eh, tp enek sing rodo tak bingungne, saumpomo dinyalaken terus… prasaku kok lampune soyo mendrip yo… apane yo?

    • Shark
    • Januari 16th, 2010

    bohlam 7000perak mau go perumapaan bro smua…. lha iya tho… masa gara2 cuma mikir ntar gonta-ganti bohlam putus gara2 nyalain lampu utama terus setiap dijalan raya…. mahal mana sama nyawa sendiri…..???

    • adpost
    • Januari 17th, 2010

    nganggo lampu senja wae

    • fraziel
    • Januari 17th, 2010

    Yah, klu di kotaku masih pada mati smua lampunya
    Padahal sosialisasi udh lumayan bagus menurutku
    mungkin pengawasan dr kepolisian dan kesadaran bikernya yg kurang
    Lha klo saya nyalain lampu ntar malah disuruh matiin sama orang2
    Aneh to? Lucu to? Mabuk to?

  8. Pengumuman Gus pur ko ilang dari peredaran, minggat nyang ndi yo

      • guspur
      • Januari 18th, 2010

      Weekend waktu utk keluarga… weekdays baru buat dhemit2 kayak kalian… bhuahahahahahahahaaaaaaaaa… :)):mrgreen:

      Sniff… sniff…

    • guspur
    • Januari 18th, 2010

    Jadi inget dulu jaman aktif di Indobikers… gua debat puanjang luebar ama Komeng (wkt itu dia belom bikin blog sndr)… Dia ngeyel katanya aturan nyalain lampu di siang hari itu cm “akal2an” polisi… kerjasama ama pabrik aki… hahahahahahahahahaaaaaaaaaa…
    Dia masih inget gak ya?…
    Gua ngangkat isu itu pas di Sby awal uji coba lampu nyala siang hari…🙂

    Sniff… sniff…

  9. @asiin
    kemaren sih katanya mau gupak tlethong. mboh sido opo ora, soale ujan deres.

      • guspur
      • Januari 18th, 2010

      Ra sido!!… nggreges awakku ra gupak tlethong… :-s

      Sniff… sniff…

  10. @ GUspur
    tak kiro kelonan karo sewu siji +yahon, kok bertiga raneng kabeh, eh ternyatangeloni jomblo,
    hohohohoh

      • Awakku
      • Januari 19th, 2010

      jrott

      • guspur
      • Januari 19th, 2010

      Huuueeeeeeekkkk…!!! ZOOOOOOOORRRRRRRR…!!!

      Sniff… sniff…

  11. weeeeeeeeekssss
    mambu bayclinnnnnn
    wkwkwkwkkkwwkkwkwkwkkwkwkkw

  12. mungkin masyarakat masih pada percaya sama sang surya kali bos..jadi ngidupin lampu di siang bolong ituh dianggep bodoh

    • bisa juga begitu, kalo ngeliat komentar di detik.com. yang antipati bilangnya sudah dikasih Tuhan matahari, kok masih kurang?
      tapi kalo dianggap bodoh, saya baru tau tuh. berarti semua negara2 diluar Indonesia yang pake DRL bodoh.:mrgreen:

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: