Pelajaran dari Mr. Hugo Chavez Untuk Memajukan Otomotif Indonesia

Hello guys,

very very long time no see, yah. mohon maaf, maklum deh namanya juga penjaga gawang (accounting), kerjaannya kalo akhir tahun ya begini ini. Kalo akhir tahun, suka menghilang dari peredaran.

Tunjep poin lah, tergelitik oleh artikel dari detik oto yang memberitakan bahwa Presiden Venezuela Hugo Chavez mengancam produsen otomotif apabila tidak mau transfer teknologi otomotifnya. Berikut sedikit petikannya :

“Presiden Venezuela Hugo Chavez mengancam akan mengusir produsen mobil Jepang Toyota dari Venezuela. Sosialis yang terkenal dengan sikapnya yang berapi-api ini mengatakan ia tidak akan ragu-ragu untuk mengusir Toyota jika mereka tak mau untuk berbagi teknologi dengan penduduk setempat.”

Haha… Apa yang bisa dipetik dari artikel tadi bagi negara kita? Cukup banyak menurut saya. Mari kita berandai-andai saja dah, bagaimana kalo itu terjadi di Indonesia? (saya persempit lingkupnya menjadi roda dua saja)

hayo-hayo…ada yang mau urun pendapat?

saya duluan ah…saya berpendapat bahwa SAYA telah terlalu terbuai oleh mudah dan murahnya bebek-bebek dan matic yang dibikin oleh produsen cap negara lain sehingga lupa untuk belajar bagaimana cara membuatnya. kurikulum yang ada hanya mendidik SAYA menjadi tukang servis dan modifikator. ditambah oleh kurangnya jiwa patriotisme dan kebanggaan memakai produk dalam negeri. SAYA ingin belajar untuk mencintai produk motor dalam negeri. tapi….adakah produk motor dalam negeri yang sesuai dengan harapan saya?

sekian dan terima kasih.😛

    • anton_ks
    • Desember 28th, 2009

    pertamax neng warung mesum …. ra popo

    negarane ribut ngurusi politik dho brakot2an sak karep’e dewe kang, gak sempat mikiri ngono kui

    • pengamat
    • Desember 28th, 2009

    Premium..

    setelah saya amati, gw jg lg mulai sibuk rapihin barang buat stock offname tgl 30 desember.. Pusing euy.

  1. @anton_ks
    lah….pegimane ceritanye nih? disana toy*ta mau di usir2, disini menterinya dapet sedan toy*ta mewah.
    hehe.

    http://oto.detik.com/read/2009/12/28/110446/1266764/648/harga-mobil-menteri-rp-1325-miliar

  2. Betul…gue juga tdi baca..malahan dah banyak perusahaan2 asing yg dah di tarik menjadi BUMNnya venezuela..
    Kalau di mari kyaknya susah ja…soalnya negeri kita ini masih banyak kekurangan modal..dan belum adanya pemimpin setegas caves yg gak takut dgn america…
    Sory bro… comentnya kepanjangan…

    • shark
    • Desember 28th, 2009

    pejabat disini yang penting kayain sendiri dulu yang lain bodo amat….

    • thwuerhouwnguisth
    • Desember 28th, 2009

    pdhl sumber daya alam kita kaya raya… tp tdk dimanfaatkan…

    • yahonsuwakanja
    • Desember 28th, 2009

    kembali ke kemauan pemerintah…..
    ato masih mau menjadi korban kapitalisme……
    sampai kapan ya……
    tetangga sebelah acara TV-nya jelek2…tapi sdh bisa bikin Proton sm Modenas…piye jal….
    ( halah…..)

  3. setuju ama bang yahon lah
    semua tergantung sama niat aja.
    lha buktinya kita bisa bikin pesawat terbang yang nota bene komponennya jauh lebih njelimet, masak bikin mobil aja gak gablek?? gak masuk ke logika kan?

  4. Kalau pemerintah kita tidak mempunyai BUMN di bidang otomotif impian untuk mempunyai mobnas/motnas yg bisa bersaing dgn negri tetangga kayaknya bkalan susah…

  5. @elektra
    soichiro honda awalnya cuma tukang cabut paku.

    cuma masalahnya nih, gw dididik dari kecil untuk sekolah, abis itu lulus, abis itu kerja jadi karyawan, terus kawin, terus punya anak, terus game over.
    gak pernah dididik untuk menjadi entrepreneur…😀

  6. @jomblo ati
    akhirnya mesum juga….
    wekekekekekekekek….
    gw juga mau bikin artikel serupa,cuman blogku lagi off dulu sampe tahun baru..
    kok ending artikelnya gak seru babar blas yak?

    • yahonsuwakanja
    • Desember 28th, 2009

    bingung….
    ora iso umuk…( tidak bisa pamer )
    kalo sdh punya D-Tracker 250 bisa pamer ya…..?
    kalo punya Kanzen Ultima malah malu…..?
    mboh lagh…..
    Sbentar lagi perjanjian perdagangan bebas ASEAN-CHINA akan diberlakukan …..
    modiar ora….! ! !

  7. Kalau jdi…pemerintah akan bikin mobil murah di 2010 patneran dgn ATPM2 dimari salah satunya toyota…
    Kalau pendapat gue… Mendingan mobil SMK bisa di jadiin pilihan tinggal di isi dgn mesin dari toyota secara bentuk lebih di trima dri pda gea..
    Ya…seperti protonlah yg suplay mesinya dari suzuki…gitu…ganti..

  8. @yahon
    nah..di blogku kan sudah gembar gembor SNI lah penangkal produk China, kok malah dipandang negatif? he3x…buktinya ban China semua gak lolos SNI ! mereka tuh harga rendah kualitas rendah !!
    @Elektra
    Proton itu alih teknologi Mitsubishi pak lik…
    Modenas dari Kawasaki om…

    waduh,kangen nulis euy..apa daya blogku vakum sementara sampe tahun baru…

      • yahonsuwakanja
      • Desember 28th, 2009

      @kang Giri..
      itu baru ban….
      kalo ndak ada proteksi dari pemerintah ..industri dlm negri ya ..wassalam…klepek-klepek …alamat pengangguran semakin banyak…kalah bersaing…

  9. @yahon
    begitu ada SNI helm, helm cethok China habis dengan sendirinya…
    saatnya kita bangkit dari keterpurukan.
    Merdeka ! Merdeka ! Merdeka !

  10. @ giri
    dengan senang hati yamaha-friends mau menerima artikel kiriman bro giri hihihi

    sepertinya da waktunya nie kita galang dukungan…..lewat facebook gtu….dukung alih teknologi bagi semua industri yg mau masuk di indonesia, jng cuma berbagi celengan di FB
    hihihi

  11. @giri fumi
    ooo…Trims..atas infonya…
    Tpi kok malah skarang gantian r4 cina mulai membombardir dimari ya..seperti geely cevy

  12. Ralat
    geely.sokon

    • thwuerhouwnguisth
    • Desember 28th, 2009

    kruk… kruk… kruk… (kukur2 gundul…)
    kayak ada yg kurang…..
    apa ya…..
    hmmmm…..
    AAAHAAA….
    NDI CELENGANE……

      • yahonsuwakanja
      • Desember 28th, 2009

      wooo…..
      lha kowe nggarai wae…

    • kentaro
    • Desember 28th, 2009

    Ayo ayo semuanya!
    Pada cinta produk dalam negeri
    Pada pake kanzen aja..
    Ne kebetulan skul saya lg ada program asembling mtor kanzen

    http://www.otomotifnet.com/otoweb/index.php?templet=otonews/Content/0/0/1/7/7525

    Dah lmyn laku,walaupun yg bl kbnyakan dr instansi pemerintah

    • usul sama kanzen dong bang, bikin nama yang lebih Indonesiawi.😀

    • elsabarto
    • Desember 28th, 2009

    walah telat aku, wis suwe ra mampir mrene

      • elsabarto
      • Desember 28th, 2009

      se-7 karo sampeyan, perlu ada kurikulum pendidikan manufaktur produk otomotif & harus ada insentif buat peneliti / korporat yg sudah membuat prototipe2, ben produknya makin sempurna

      • kemarin baru ada seminar/pertemuan yang membahas tentang hasil2 penelitian para peneliti Indonesia. hasilnya semua dibahas dan dicermati satu persatu, untuk kemudian bisa kita aplikasikan.

        go go Indonesia…

  13. @mario
    kari Yamaha Suroboyo wani bayar piro?wekekekekek…aku luwih cedhak ambe wong MPM cak.kanca sakost-an nang gebang..

  14. Hadir,dab.merdeka!

  15. @ giri
    sek tak nontok celenganku….wah kari sewu limangatus gelem ora….??hihihihi

    betul buk de….nama kanzen terlalu jepang…..kurang indonesiawi

    • thwuerhouwnguisth
    • Desember 28th, 2009

    kalo namanya jd bejo lumayan indonesiawi ga?

    • hahaha…sing rodho serem gitu lho…
      ‘dhemit’ opo ‘kuntilanak’ buat matic nya:mrgreen:

    • kentaro
    • Desember 28th, 2009

    Dulu kanzen bikin prototype matic namanya sasori, jepang lg jepang lg..

    @ mas jombloati
    Kalo urusan nama,g tw jg c, kn saya cm murid

  16. @mario
    nek bayar pake vixion aku gak nolak,wakakakakakakakakak….

    @mbok dhe
    gak kangen mbe gendhakan sampeyan tah?

    • arin
    • Desember 30th, 2009

    ayo ymki jadi semakin didepan untuk alih teknologi ke indonesia, dari pada didahulu ahm, atau malah nunggu waktu diterkam kedigdayaan honda.

    • yahonsuwakanja
    • Desember 30th, 2009
    • opone sing senut-senut cak? ndang di tombo ni…
      kono..milih’o nomer piro?:mrgreen:

        • yahonsuwakanja
        • Desember 30th, 2009

        mblo…
        rong thn meneh montor2 thailand ro chino rak yo murmer tho…
        dho senut..senut..bingung seng milih…montor koyo hp..dilit2..metu anyar…

    • Awakku
    • Desember 30th, 2009

    Jare sopo awak ndewek gak osi nggawe rotom? Lha arek stm wis iso nggawe libom suv. Meneh jare rotom merek h lan y, kandungan lokal iso nganti 99%, berarti sing sak persen mung kari politis thok. Masalahe kari ndek awak ndewek, gelem gak nggawe produk lokal, umpomo ono rotom merek BUNALI opo gelem tuku?
    Nak aku dadi hugo tp ndek indonesia, sing tak ancam kudune rakyatku,” Kalo tidak mau pake ploduk lokal, nanti akan sy bonga2″

      • eddy
      • Januari 1st, 2010

      Jiahhh….wong suempellll….hahaha….

    • kentaro
    • Desember 30th, 2009

    Setuju karo awakku
    Indonesia Bisa!!

    • Awakku
    • Desember 30th, 2009

    @kentaro
    Pasti bisalah, yg kurang hanyalah kemauan, kesadaran dan momentum kebangkitan
    Semua sumber daya ada di Indonesia, tinggal pengatur dan penyelenggara negara aja yg…
    (halah, pole ngomong politik ngene, pole males. Kelingan thn 96 mbiyen, lg demo astrea grandku dibledosi mercon, diamp*t)

  17. Innalilahi wa inalilahi rojiun…. telah meninggal dunia, bapak bangsa,mantan presiden RI Gus Dur pukul 18.45 BBWI di Jakarta. Semoga amal ibadahnya diterima oleh Allah SWT. Keluarga dan handai taulan diberikan kesabaran dan ketabahan. Amien 29x…

    • mbahe
    • Januari 1st, 2010

    masio tweeeelat mamper… kulo nuwun mbokDhe… nderek nunut ngiyop…!!!
    mugo2 montor cap “BAGONG” segera muncul…!!!!

      • eddy
      • Januari 1st, 2010

      Motor cap Bagong iku motor opo to Mbah?

    • motor BAGONG enake 1100cc 4 silinder. mmbooook……. mantaaappp…🙂

  18. gendruwo opo gerandhong wae…😀

    • mig29
    • Januari 5th, 2010

    logo motor bagong pake apa ya ??

    • fraziel
    • Januari 6th, 2010

    Jiahh,, telat absen jee

    • killbill1
    • Maret 5th, 2010

    Chavez emang hebat

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: