Say goodbye to ‘Bekibola’…

Helo guys,

Apa sih ‘bekibola’ itu? Itu guyonan tahun 90-an yang artinya ‘Belok Kiri Boleh Langsung’. Ada yang masih inget? Hehe… Baru2 ini sedang marak pro kontra penerapan Undang-undang Lalulintas baru. Artikel ini adalah info dari Bro Shark dan Bro Fanderlart. Bagi bro2 yang belum tahu, berikut ini akan saya sampaikan.

Jika sebelumnya berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 1993, tentang Prasarana dan Lalu Lintas Jalan memperkenankan Belok kiri langsung, maka berdasarkan Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 112, Ayat 3, hal tersebut tidak lagi diperkenankan.

Hati-hati bro2 semua, yang biasanya belok kiri sampe ngepot-ngepot, sekarang kudu stop dulu ya. Kudu ngikutin Traffic Light, kalo nggak….mmmm “PRIIIIIITTTT…..!!!!” kenanya mahal bro, bisa sampe 250 ribu. Mmmmm…bujug dah….

Ketentuan di pasal lain:

Pasal 107

(1) Pengemudi Kendaraan Bermotor wajib menyalakan lampu utama Kendaraan Bermotor yang digunakan di Jalan pada malam hari dan pada kondisi tertentu.

(2) Pengemudi Sepeda Motor selain mematuhi ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib menyalakan lampu utama pada siang hari.

Pasal 293

(1) Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan tanpa menyalakan lampu utama pada malam hari dan kondisi tertentu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 107 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp 250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

(2) Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di Jalan tanpa menyalakan lampu utama pada siang hari sebagaimana dimaksud dalam Pasal 107 ayat (2) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 15 (lima belas) hari atau denda paling banyak Rp 100.000,00 (seratus ribu rupiah).

Pasal 278

Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor beroda empat atau lebih di Jalan yang tidak dilengkapi dengan perlengkapan berupa ban cadangan, segitiga pengaman, dongkrak, pembuka roda, dan peralatan pertolongan pertama pada kecelakaan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 57 ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling paling banyakRp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

Pasal 279

Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang dipasangi perlengkapan yang dapat mengganggu keselamatan berlalu lintas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 58 dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah).

Pasal 281

Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 77 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 4 (empat) bulan atau denda paling banyak Rp1.000.000,00 (satu juta rupiah).

Pasal 285

(1) Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di Jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah). (2) Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor beroda empat atau lebih di Jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu mundur, lampu tanda batas dimensi badan kendaraan, lampu gandengan, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, kedalaman alur ban, kaca depan, spakbor, bumper, penggandengan, penempelan, atau penghapus kaca sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah).

Pasal 291

(1) Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor tidak mengenakan helm standar nasional Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (8) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah). (2) Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor yang membiarkan penumpangnya tidak mengenakan helm sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (8) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

Pasal 293

(1) Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan tanpa menyalakan lampu utama pada malam hari dan kondisi tertentu sebagaimana dimaksud dalam Pasal107 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah). (2) Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di Jalan tanpa menyalakan lampu utama pada siang hari sebagaimana dimaksud dalam Pasal 107 ayat (2) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 15 (lima belas) hari atau denda paling banyak Rp100.000,00 (seratus ribu rupiah).

Undang-undang ini masih pada taraf SOSIALISASI, jadi bro2 semua masih ada waktu untuk penyesuaian bukan? Kalo saya pribadi sih, ngikuut aja daaah… wong semuanya saya lengkap kok? Kalo gak salah, mengapa harus takuut??? Kalo ada yang berpendapat lain, ya sumonggo… Kita sharing aja ok?

Tapi kalo ada aparat yang ‘overacting’, silakan catat namanya, lokasi dan waktu kejadian. Laporkan saja….!!!

Mau UU baru kek, yang penting UG tetap ada…coyy…!!!:mrgreen:

Buat yang seneng agak hot. (Yang kuat iman dilarang nge-klik!! :P)

    • It‘s me
    • Oktober 25th, 2009

    Belok kiri mau beli Pertamax, ditilang ngga?

  1. Cihui,podium lagi..asmirandah boleh langsung tuh..

    • Jenifer’s
    • Oktober 25th, 2009

    Masak kdlman alur ban jg termasuk ? Sampai bgtu mendetailnya, kalo iya, musti cepat ganti ban komplit dpn belakang.. Totalan maneh..

    • teman saya kemarin, sebelum ada undang2 ini sudah ada yang kena tilang tuh, perkara ban botak. abisan, botaknya parah banget.. udah ampe keliatan benangnya..:mrgreen:

    • Jenifer’s
    • Oktober 25th, 2009

    @Lekjie
    sampeyan jgn cari gara2 sama buyut…
    Xixixii

    • wooo…iyo lekdjie parah iki… tak kandakno simbah we ngko…

      *kompor dot com

  2. Waduh,keboku keno pasal 285 ayat 1,dab!ra ono spidometere..alat pemantul cahaya ki opo??

    • reflektor kali yee… cmiiw…

        • mig29
        • Oktober 25th, 2009

        mata kucing kali blo..
        kayak yang ada disepeda genjot..

      • oooo…iya iya… itu mata kucing yak yang bener…
        bahasa inggris nya apa yak?

        • Awakku
        • Oktober 27th, 2009

        yo cat eye mBlo😀

  3. Kalo sama mbah buyut boleh langsung juga..

    Langsung tobat!

    • xxl123
    • Oktober 25th, 2009

    nice inpo..tengkyu yah😀

    • nick69
    • Oktober 25th, 2009

    ^
    Jyakakakakak

    Lha drdulu kan sudah ada peringatan lwt rambu2.
    Gbr ke Kiri warna lmpu merah atau tlsn belok kiri jalan terus

    • nick69
    • Oktober 25th, 2009

    Gw eneg liad orang diperempatan mo jalan lurus tp kburu lmpu merah trus pura2 belok kiri (yg ada jalur khusus kekiri) trus dia putar balik.. trus kikiri lg lwt jalan khusus kekiri trus lolos..
    Gw sering liad gituan digatsu barat perempatan besar jalan buluh indah – jalan kargo denpasar

    Tau kan maksud gw diatas.
    Kalo anda biker pasti tau..😀

    • yang tau lu doang kaleee….wkwkwk….
      pengalaman pribadi yah…ckckck…

        • nick69 naik jupe
        • Oktober 25th, 2009

        Bwakaka
        Si*itmu obah obah
        Sowry dowry la
        Mending sabar antri didpn lampu merah

        *raketang mengko lgsg encepke gas pol
        hehe

      • nunoe
      • Oktober 26th, 2009

      itu temen gw nick😀
      kalo gw pernah sekali doang, itu juga ngikutin temen gw itu😀

    • nick69 naik jupe
    • Oktober 25th, 2009

    Trus udah ganti merah ada yg nekat ngebut
    Wedew
    Bahaya bgt

  4. tarif dendanya tinggi banget…
    ada diskon ga dalam rangka menyambut idul adha, natal dan tahun baru…
    eh masih lama ding…

    • punya kartu member gak?
      daftar dulu ‘Tilang Platinum Member Card’, diakui diseluruh indonesia

        • apdri
        • Oktober 25th, 2009

        hehehe… bisa aja…🙂

    • terongist
    • Oktober 25th, 2009

    inyong pernah terpaksa nerabas lampu merah gara2nya kebelet eek….. yg kebelet eek lampu merah jalan terus….. kikikikik

    • kebelet eek bangga…ckckck….

        • terongist
        • Oktober 25th, 2009

        ntar kalo eek dicelana tak share di sini laaah…..

  5. Sugeng enjang mbokde…
    Suwe ra dolan,cempulek mbokde wes nduwe warung…
    Warunge nyentrik dari yg dikit nyentrik…

    Hiden pic kok bampere kepenyet…
    Xixi…

    • herzlich willkommen bro…

      sudah liat UG nya artikel DRP? awas keracunan bro…wkwkwk…

    • mig29
    • Oktober 25th, 2009

    belok kiri ada asmirandah boleh juga 😀

    • nick69
    • Oktober 25th, 2009

    yes
    Korban ke 6000

  6. wah om paul tambah giat ki nilange, peraturan tidak berlaku selama masih ada rambu BELOK KIRI JALAN TERUS

    btw gambar bonuse kok pating pechothot tho mbokdge😆

    • ooo gitu ta om? berarti lex specialii derogat lex generalii yak?😀

      woogh…lek bonus sih ada yang lebih sipp om, yg di artikel DRP om… wkwkwk…
      ibarat motor, dia kayak MV Agusta Brutale:mrgreen:

  7. Ngomong2,mbokde kok seneng banget ngomongne undang2 to,kangen pelajaran pmp jaman sd yo?

    • wooogh.. awakmu ki tuwek nemen jublane rek…
      aku ae wes PPKn…
      wah… angkatane simbah karo mbahyut yoo??

      • PPKn hahaha…..

        • nick69
        • Oktober 25th, 2009

        Sesama wong tuwek dilarang saling menuduh

  8. Ndisik ki pmp tekan kelas 2sd ya’e,trus ppkn.ra tuwe’2 bgt lah..
    Wah,korbane sampeyan wis nyandak 6rb,dab..nggonku 60pcs wae drg ono..kurang sajene po?

    • makane gawe blog di wordpress om, lebih ingteraktip

    • Wekekek…jik mending lah. Mbahyut jik Kewiraan.

      Warungmu kek ono UG lah. Ojok mbok jejelno neooteek ae. Gambar mongtore siji ae, UGne sing akeh. Wekekek…

        • 1001nickname
        • Oktober 26th, 2009

        mbokdhe piye carane ben coment ra sah di approve tapi langsung nongol… opo ae sing di centang… terus cara nge_design blok piye aku kok jan ra mudeng babar blazzz

    • nick69
    • Oktober 25th, 2009

    Test

    • nick69
    • Oktober 25th, 2009

    A

    • nick69
    • Oktober 25th, 2009

    @lekdjie.
    Masalahe blogmu angel nek arep komen.
    Njajal daptar ng wordpress sik..

      • eddy
      • Oktober 25th, 2009

      Halah.halahhhh..
      koyo warungmu gak angel ae..cak.cak…
      Warung kliwon 69 ….hahahaha….

        • nick69
        • Oktober 25th, 2009

        Jyakakakaak

    • Lee lee gayamu ngongkon uwong ndaptar nang wordpress barang. Lha koen ae njaluk tulung aku des bedhes.😆

        • nick69
        • Oktober 25th, 2009

        Bwakakakakaa…
        *Ngakak koprol

    • Shark
    • Oktober 25th, 2009

    hmm… matur thank’u bro jomblati… smoga bermanfaat bg brader2 smua…

      • beng2 lg
      • Oktober 25th, 2009

      Ogh gitu,thanks mbah jomblo,
      *ujung2 pasalnya kok duit smua yagh,😦

    • nick69
    • Oktober 25th, 2009

    Btw dibali lmpu siang ga nyala gapapa.
    Pnh hbs dr makro lmpu nyala mlh suruh matiin ma satpam.
    Dijalan jg di kode ma orang yg nyalip gw..
    *woi lampu nyala.

    Dlm hati bwakakak do ora tau mangan touring kiii..
    Delengen nang jatim kbh rt2 do nyala..
    Tp akhire yo tak pateni ding
    xixixi…

      • kornet
      • Oktober 25th, 2009

      wah avatar baru toh…
      hmmmm linknya donk

    • nick69
    • Oktober 25th, 2009

    Dendane ngantem2 yo..
    Btw dnger2 ngasi pengamen malah ditangkep poliz za?
    Sayang bgt pengemis menjamur di jln gatsu – setiabudi denpasar(lampu merah arah trminal ubung)
    Entah datang drmn

    • eddy
    • Oktober 25th, 2009

    coba tebak,warung apa yg nggak bisa dimasuki sm pemiliknya sendiri?xixixi…

  9. Wis njajal wp ning ra iso upload poto lewat hp,dab..

    Tur golek ug ning ndi,dab?ra tau sobo sirkuit je…

    Wah,mbah buyut ngajak maen teka teki iki?hadiahe nopo mbah?warungko kerise mbah buyut to??

    • ora usah nang sirkuit, nang ndeso yo akeh…
      wis pokoke onok arek wedok nggowo mongtor, diwawancara ae…
      tarus no hapene di sharing ke kita2. beress….wkwkwk…

    • Antinya Anti Real Injection
    • Oktober 25th, 2009

    @Jomblo
    Artikel bagus….njaluk yo. Tak kopi gaé keluarga n nawak². Oléh gak iki???
    @Nick
    Gimana inrejn skutik barux???
    @mas Eddy
    Umpomo aq iso, hadiah-é opo Mas??? wakakakaka

      • kornet
      • Oktober 25th, 2009

      ^
      hadiahnya…
      belajar tune up mio untuk berselancar
      bwahahahaha

    • monggo silakan feelfree aja….
      sek sek… sampeyan ki mbiyen jenenge sopo yo? kok avatarnya tau kenal???

    • 1001nickname
    • Oktober 26th, 2009

    warung kliwon 69….. yang ngebahas masalah renang matic gaya bebas…..

      • mig29
      • Oktober 26th, 2009

      saiki warung kliwon tho..
      xixixixxi

    • nick69
    • Oktober 26th, 2009

    Sik sik,
    sajake pdo ngrasani aku ki

    • fraziel
    • Oktober 26th, 2009

    Walah, aku baru tau ini
    Di cirebon belok kiri masih terus aja je
    Klo di belokan ada asmirandah baru brenti, tak bonceng
    Xixixiii

      • nick69
      • Oktober 26th, 2009

      Bar,
      Soko mburi disruduk bemo
      Wkakakakakakak

  10. daerahku aman…..lha wong ga da tikungan ke kiri hihihihiihi

  11. numpang info ya buk de

    Yamaha-Friends.com
    akan mengadakan gathering dalam waktu dekat di surabaya
    bwt friends yang berminat untuk bergabung klik saja link di bawah ini
    http://www.yamaha-friends.com/?act=articles&aid=13

    oh ya gathering sehubungan dng launching produk baru oleh YMKI juga msh dibuka lho info klik saja di bawah ini
    http://www.yamaha-friends.com/?act=articles&aid=131

    thanks……

    • ashley
    • Oktober 26th, 2009

    JA…
    hehehehehe…gw dah maen 7SINS…tpi repot bgt maen di PC…dah lvl2 terakhir…mo nyampe cepek aja repot bgt pas bagian find G****t……ada info game sejenis gak…

    • wkwkwk… dah ketagihan yak? versi censored apa uncensored?
      info sejenis blom ada, dah lama kaga maenan game. kaga punya waktu bro.
      mau beli PS2 gua gak? kaga pernah gw pake tuh…

        • ashley
        • Oktober 26th, 2009

        hehehe….lo tau aja gw ngidam ps2..sayang tabungan gw abis buat 4 bulanan ciin…..hhhhhhh

    • xb
    • Oktober 26th, 2009

    mas mblo, harga ‘damai’ itu biasanya brapa persen dari denda resmi ya?
    *nanya serius sambil ngeklik hidden image*

  12. btw, apa bedanya
    tidak bisa menunjukkan SIM (denda 250rb) dengan tidak punya SIM (denda 1jt)…
    serupa tapi tak sama…

    • nick69
    • Oktober 26th, 2009

    Itu lah bro serupa tp dendanya njomplang jauh bgt
    Mgkn kalo gakisa nunjukin sim maksudna uda buat,tp ga dibwa.
    Kalo ga memiliki,brti blm buat.
    Tp apa polisi tau kalo qt udah bkin apa blm?
    Ga tau deh
    Pusing liad dendanya

  13. makany klo mo kemna2 berdoa dulu deh biar slamet and ga kena sasaran pak polisi…
    klo di liat undang2nya…
    ma knyataan di lapangan msh susah tuh..
    tanya kenapa??

    • nick69
    • Oktober 26th, 2009

    Ya salah dunk
    Makanya kalo mo kmana2 hrs bwa klengkapan surat2 berkendara sama berdoa..
    Itu yg bnr..:mrgreen:

      • eddy
      • Oktober 26th, 2009

      kalo sampeyan,kemana2 yg penting bawa surat kelakuan baik ya!

    • nick69
    • Oktober 26th, 2009

    Perempatan gatsu lampu merah mati.
    Kacau balau..

    • eddy
    • Oktober 26th, 2009

    @Jomblo
    kalo dr arah malang ke surabaya.
    Pas diPandaan,pertigaan patung keris.Kanan ke Surabaya,kiri ke tretes.kok kendaraan yg kukemudiin suka belok sendiri ke kiri ya?kenapa Ya mas?
    hehehehe….

    • bhuahahahaha…..s*lit…..
      podo…kalo lewat jl. diponegoro dari arah bonbin menuju kedungdoro, sampe di perempatan bangjo pasar kupang ya kudu menggok ngiriiiiii ae…
      pengennya naik ke bukit terus…xixixi….

        • eddy
        • Oktober 26th, 2009

        Iya…kalo aku belok kesana kan nyariin sampeyan.
        masak 3 malem nggak pulang2.
        Lagi ketemu sing cocok service’ekah?
        hahaha…..

    • Dani Ramadian
    • Oktober 26th, 2009

    Wahh…
    Yang sama2 pingin ke Tretes ya? Enak tah ndik kono? Aq pacaran sing murah-aé….Kakek Bodho.
    Utowo Trawas….
    hahaha

    • lekdjie
    • Oktober 26th, 2009

    wis tak jajal copas ning wp.sumonggo yen kepengin diodal adul..

    http://lekdjie.wordpress.com/

    • Awakku
    • Oktober 27th, 2009

    Comment Serius mode : ON

    Tumpang tindih !!
    Diperaturan diatas, tersirat kalo motor di siang (apa lagi malam) harus menyalakan lampu utama atawa head light. Lha ditempat lain mengatakan kalo regulasi di Indonesia wajib mempunyai lampu senja/lampu kota.

    Lha nak isuk awan bengi kudu ngurupno lampu utama, lha gawe opo ono lampu senja barang.
    Mending mesisan koyo motor2 Thailand, mesin nyala lampu juga nyala…
    paling gak hemat 3 part : Saklar, kabel lan bohlam…

    kerja sama antar instansi pemerintah suangat kurang, masing2 punya target sendiri-sendiri.
    *@#?!!

    • hehe… punya kepentinganmasin2 setuju…
      ATPM punya kepentingan untung besar… part sering diganti dagangan jadi laku…
      pemerintah (aparat yang dijalannya) nyari2 kelengahan pengguna jalan….

    • xsal
    • Oktober 28th, 2009

    kirain bola bekel….. aturan aneh…. makin macet deh….

    • mbahe
    • Desember 2nd, 2009

    aturane tambah mbuleti rek.. dendoe whuakeh sisan, nggarai wong olahraga jantung ae!!
    maleh bingung kabeh ate ngglindeng ngalor-ngidoel.
    nggarai, sering aturan karo praktek d lapangan g podho.

  14. What a information of un-ambiguity and preserveness of valuable know-how on the topic of unpredicted feelings.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: