Apa aja sih pajak motor ente?

Hello guys,

Jumpa lagi dengan ane. Kali ini ane akan mengulas tentang apa sih pajak-pajak atau biaya-biaya yang terdapat pada STNK motor kita. Mungkin masih banyak dari kita yang belom tau apa arti dari singkatan-singkatan yang ada pada pajak STNK motor kita.

Taunya kalo beli baru ya OTR nya aja dah, gak ngerti pajak-pajaknya berapa. Atau kalo mau balik nama kira-kira abis berapa ya? Atau juga pas tiap tahun perpanjang STNK juga kira-kira abis berapa siiiih…

Biasanya kita yang males capek akan berpikir, “Ah bodo ah, pokoknya gua bayar ke birojasa, pokoknya tau beres dah.” Hehehe… iya apa iyaaaa????

Ok tunjep poin aja dah.

Contoh nih vixion ane tahun 2008 bulan November.

BBN-KB : 1,280,000
PKB : 192,000
SWDKLLJ : 35,000
Biaya Adm STNK : 25,000
Biaya Adm. TNKB : 15,000
1,547,000

1. BBN-KB

Kepanjangannya adalah Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor. Pada waktu beli pertama, kita dikenakan pajak sebesar 10 % dari NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor), untuk kepemilikan kedua atau lebih (alias pindah tangan kedua atau lebih) akan dikenakan BBN 1 %.

Misalkan, Nick 69 (bukan nama sebenarnya) akan balik nama motor dengan NJKB nya diasumsikan 9 juta rupiah, maka BBN nya adalah 1 % dari 9 juta yaitu 90 ribu rupiah saja. (ditambah biaya adm STNK 25 rb). Nah dari sini bisa tau donk… Nilai Jual Kendaraan Bermotor Vixion 2008 baru itu berapa siiiiihh??? Hehehe….

2. PKB (Pajak Kendaraan Bermotor)

Ini adalah pajak yang harus dibayar setiap kendaraan bermotor kepada daerah dimana motor tersebut berdomisili. Jumlahnya adalah 1,5 % saja dari NJKB motor ente. Hayooo…monggo dihitung masing-masing nilai motor masing-masing.:mrgreen:

3. SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan)

Ini sumbangan buat santunan andai terjadi (amit-amit) kecelakaan. Saran ane, pajak kendaraan jangan sampe telat ya. Mohon maaf, bukan nyumpahin ya, (IMHO) tapi andaikan terjadi kecelakaan, kita bisa dapat santunan kalo Pajak motornya tidak nunggak. CMIIW

Jumlahnya sudah ditetapkan oleh Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 36/PMK.010/2008 tanggal 26 Februari 2008. Untuk sepeda motor 50cc kebawah cuma 3.000 saja. Untuk motor 50-250cc kena 35.000 rupiah. Untuk motor diatas 250 cc kena 83.000 rupiah.

4. Biaya Adm. STNK

Biaya administrasi kalo ngurus-ngurus STNK, jumlahnya pasti 25.000 rupiah.

5. Biaya Adm. TNKB

Biaya pembuatan plat nomer kendaraan ente. (tiap 5 tahun sekali)

Sudah cukup jelas kaaaahh???? Mudah-mudahan abis ini, ente semua bisa ngira-ngira berapa kira-kira biaya buat balik nama atau mbayar pajak tahunan. Ok?

Tidak lupa juga ane tampilkan model manis kenalan ane.:mrgreen:

  1. wkwkwk….lebih tertarik gambar yg tarakhir.hihihi

    • kornet
    • Oktober 4th, 2009

    Wkwkwkwk
    Si sarip punya blog…
    Hmm lumayan bìsa ngerti jg

    Wuu ngaku2 itu leah dizon kan…
    Sayang dah punya anak…

    • jomblo ati
    • Oktober 4th, 2009

    hehehe… tolong jangan di expose lah itu anak siapa…😛

    • kornet
    • Oktober 4th, 2009

    ^
    Bwahaha
    Yg pastinya bukan anakmu mblo…
    Xixixi

    • jomblo ati
    • Oktober 4th, 2009

    @kornet
    perlu test DNA untuk mmbuktikannya bro…
    yang jelas apapun hasilnya, aku akan tetap legawa:mrgreen:

    • nick69
    • Oktober 4th, 2009

    Wkwkwk
    Smsku jd postingan..
    Btw trima kasih banyak bro pencerahannya..🙂

    • Shark
    • Oktober 5th, 2009

    hmm… pembahasan yg sangat menarik…dan berguna… oke bro lanjut..gan…

    • jomblo ati
    • Oktober 5th, 2009

    @suro
    ok bro… syukur bisa berguna..
    gara2 ada sms nyasar, balik nama jupiter z kok bisa sampe 1 juta😯

      • nick69
      • Oktober 5th, 2009

      Bwakakakakaa

      • nick69
      • Oktober 5th, 2009

      Oiya di
      Kuitansi penjualan ngisinya gimana brow?
      Apa asal tulis 9jt + materai 6000?
      Atau uda ada bagian yg ngecek harga di kantor samsat?

        • jomblo ati
        • Oktober 5th, 2009

        kalo mau ditulis, tulis aja harga dibawah harga pasaran, misalnya 7 juta aja.
        tapi biasanya kwitansi kosongan ditempelin materai aja udah cukup. karena samsat udah ada standar harga sendiri (NJKB). kwitansi itu cuma syarat formalitas aja.

    • beng2 lg
    • Oktober 5th, 2009

    seperti na di blog @ja kita akan dikenyangkan dg sajian perpajakan degh,gpp biar ilmu na tambah buanyak…….

    Oh ya sekalian mo nanya kepada sang ahli perpajakan nih:
    ortu punya sebidang tanah and rumah yg disewakan,trus tuh rumah dikirim bon nota pajak bumi and bangunan tp ortu ga pernah bayar sekalipun dagh lebih dr 10 thn,
    Nah…..yg mo ditanyakan seandai na nanti mo bayar trus gimana perhitungan/denda na dan klu ga bayar2 ntar akibat na pa ja???

    • xsal
    • Oktober 5th, 2009

    mantab neeh….. warna baru….. mengulas motor dari sisi yg berbeda….. siiippp…..

    • jomblo ati
    • Oktober 5th, 2009

    @beng2
    hehe…ane kaga ahli bro, cuma tau sedikit2…
    browsing sana-sini… malu ah diblg ahli…

    wahh…ndang dibayar bro. caranya gampang…
    dateng aja ke bank persepsi yg ditunjuk, liat di sudut kiri bawah SPPT PBB.
    kalo gak dibayar, bisa disita secara paksa. Undang- Undang (UU) Nomor 12/1994 tentang Pajak Bumi dan Bangunan, dimana seluruh wajib pajak yang telah diberikan surat tagihan paksaan (STP) sebanyak tiga kali, dan tidak menyelesaikan kewajibannya.
    Maka, wajib pajak tersebut asetnya dapat sita dan dilelang untuk kepentingan negara.
    Lagian itu tanah kalo mau dijual kan salah satu syaratnya harus lunas PBB tahun terakhir, baru bisa dijual.
    PBB terutang yang pada saat jatuh tempo pembayaran tidak dibayar atau kurang dibayar dikenakan denda administrasi sebesar 2% (dua persen) sebulan, yang dihitung dari saat jatuh tempo sampai dengan hari pembayaran untuk jangka waktu paling lama 24 (dua puluh empat) bulan dan bagian dari bulan dihitung penuh 1 (satu) bulan.

    coba cara ‘memelas’ bro. ente dateng ke KPP PBB domisili tanah ente, minta ‘pemutihan’. mudah2an berhasil… ‘minta tolong’ aja bro sama bagian penagihan…🙂

    berikut ini tata cara permintaan pengurangan denda PBB. (kepanjangan kalo diketik)
    http://pajaktaxes.blogspot.com/2008/03/meminta-pengurangan-denda-pbb.html
    semoga berguna😀

      • beng2 lg
      • Oktober 5th, 2009

      trims penjelasan na,ntar nanya2 dlu agh ma kpp pbb na,
      tapi dagh lama gini kok da peringatan pemerintah yagh…………..

      *ide na nick boleh jg tugh…..🙂

    • Dani Ramadian
    • Oktober 5th, 2009

    Waduhhh….
    agak ngelu nih dg hal yg beginian
    dasarnya nggak ada di kepalaq
    jadinya agak mumet baca yg ginian
    Moga ntar ada “menu” lain…

    Lanjut bro….

    • nick69
    • Oktober 5th, 2009

    Artikelnya kurang menarik😀

    • nick69
    • Oktober 5th, 2009

    Request cew aduhai, kuliner,balapan bro..
    Gw tunggu yagh..

      • beng2 lg
      • Oktober 5th, 2009

      ntar yg dibahas co terganteng budi anduk and model playboy yati pesek…….🙂

  2. @dani
    hehe..paling ngelu gara2 liat cem2an ku tho?:mrgreen:

    @nick
    yaa… nanti ya, gw closing dulu. lg kejar tayang nih…

  3. La biasane nganggo calo ki..mau diitung sampe udunen yo sami mawon,dab..

  4. ^^ hehe… baca komen jomblo ati ttg pajak gini jadi inget jaman kuliah perpajakan dulu harus ngulang gara2 dapet nilai jeblok.. ampun dah…..:mrgreen:

    • jomblo ati
    • Oktober 5th, 2009

    @paidjo sastrodimedjo
    ngopo kok nggawe calo? ndak ada samsat keliling ta? wong mek dilut thok kok.
    nyooohh… masak kalah karo om stiven
    http://stephenlangitan.com/2009/09/09/urus-perpanjang-stnk-perlukah-perantaracalo/

  5. Yah,mau dikata apa la wong sebagai kuli pt kan terbatas oleh jarak dan waktu,daripada berlama lama ambil posisi ngantri ya mendingan cari jalan pintas..kan waktunya bisa buat istirahat sbg persiapan lembur..Info posisi samsat keliling di seputaran cikarang (untuk kab.bekasi)dimana dab?
    Btw,model e kok koyo miyabi to?

      • nick69
      • Oktober 5th, 2009

      Lek,
      Koq gw gakisa komen diwarung ente ya?
      Gw pake opmini..
      Dugh tringat blog gw yg dulu gakisa komen..
      Emank semprul wkwk

    • jomblo ati
    • Oktober 5th, 2009

    @paidjo
    weh…lek cikarang dst aku gak ngerti kang. kali2 ada yang bisa bantu kang paidjo?
    model ini lebih cantik dari miyabi, karena blasteran bule:mrgreen:

    • Shark
    • Oktober 5th, 2009

    @ lekdjie,

    nt nang cikarang??? posisi persise nang ndi yah?
    wong aku ge nang cikarang lho….

    • xb
    • Oktober 5th, 2009

    artikelnya berguna skali mas mblo!
    3 bulan lg byr pajak motor..

    btw, kok link sumber gambarnya ga dibeberkan yo?

    • jomblo ati
    • Oktober 5th, 2009

    @xb
    senang bisa membantu bro…
    ingat…untuk PKB, telat sehari dendanya sama aja telat setahun lho. kenanya 25 % dari PKB. sayang khaan…
    jangan sampe telat bro…🙂

    link sumber ada pada harddisk saya:mrgreen:

  6. @ikanhiu,daerah sekitaran EJIP-Hyundai..
    @nick sixty nine,masa’ sih? trus gimana dunk?

    • fraziel
    • Oktober 6th, 2009

    Informasi yang berguna..
    Menyimak..
    *gambarnya maksudnya:mrgreen:

    • mig29
    • Oktober 6th, 2009

    wah telat infonnya…
    ternyata ada blog baru:mrgreen:

    btw harga pasaran motor / kendaraan bekas tiap daerah sudah ditentukan oleh samsat daerah yang bersankutan, ada patokan baku. jadi walau harga kwitansi dibikin 50% dri harga normal pajak akan sama dengan potokan harga yang ada di samsat.

    • jomblo ati
    • Oktober 6th, 2009

    @mig
    sipp. tengkyu tambahannya kang. dgn kata lain, NJKB ya kang. hehe..

    • 1001nickname
    • Oktober 7th, 2009

    mbokde… vixyku kemarin 19 Agustus 2009 baru bayar pajak habis 227.000, dengan rincian:
    PKB : 192.000
    SWDKLLJ : 35.000
    ………………………………………………………………..
    kira2 untuk daerah lain berbeda gak, kira2 kebijakan apa yang membuat berbeda.
    posisi saya saat ini di Tasikmalaya Kabupaten.
    maaf nih sebelumnya tak panggil mbokdhe…, merujuk pada avatarnya….

    • setahu saya antara daerah satu dengan lainnya berbeda, yang beda NJKB nya bro. kalo persentasenya tetep sama. CMIIW.
      vixiku karo vixi mu NJKB nya sama tuh… tapi harusnya sudah turun ya, kan motor makin lama ada penyusutannya. tapi itu harganya sama aja….

    • guspur
    • Oktober 7th, 2009

    Blo… foto kodew sing jejer2 iku… nomor loro teko kanan, asline ayu gak??…:mrgreen:

    Sniff… sniff…

    • guspur
    • Oktober 7th, 2009

    @1001
    Avatarnya nggilani yo???…😛

    Sniff… sniff…

  7. @guspur
    ooo…iku arek serang gus… jek tas potong rambut areke. iku jik potongan lawas…:mrgreen:

    *janc*k aku poleh koyok mama san ngene

    • guspur
    • Oktober 7th, 2009

    Haik! papa san… ettoo… nona nya cantik kah???… boleh kah???… ha ha ha:mrgreen:

    Sniff… sniff…

  8. hahahaha…..
    nanti ya… saya dulu ya…
    nanti kamu sisa saja ya…

    tapi shockbreker ‘cuma’ 34B lho…
    jarene nggolek sing rodho gede?:mrgreen:

      • 1001nickname
      • Oktober 8th, 2009

      lho 34 B ijik kurang gede iku arep golek sing triple B po piye…?

  9. @guspur
    wis tak kandani areke, jarene salam kenal gawe kowe.
    nyoh tak kae’i fotone maneh…hehehe…

    • Shark
    • Oktober 7th, 2009

    wah…… ada yg abis dpt salam….. pasti ntar malem ga bisa tidur…… hehehehehe…🙂

    * sambil nglirik guspur

    • guspur
    • Oktober 7th, 2009

    @JA
    BHuahahahahahahahahahaaaaaa…
    Justru aku lebih suka yang “handy”… pas digenggaman!…😀
    @shark
    Halah, umpan2 lambung kyk gini merupakan salah satu aktifitas kami kok bro… kadang barangnya belom ada jg udah eyel2an… hahahahahahahahaaaa….:mrgreen:

    Sniff… sniff…

    • Shark
    • Oktober 7th, 2009

    @ guspur
    🙂

  10. halaah… lha wingi seneng karo olla ramlan, jaremu iku sangune akeh..:mrgreen:

      • guspur
      • Oktober 8th, 2009

      Aku kon wonge “nrimo” Blo…

      Jare kancaku… “Koen iku dudu nrimo… tapi NGGRAGAS c*k!!”:mrgreen:

      Sniff… sniff…

    • 1001nickname
    • Oktober 7th, 2009

    cuit..cuit….prikitiw…titiwwww..
    mbah Guspur puber ke 5 tuh. wah nggilani, roman2anya ada yang mau jadian nih… mbah traktirane mbah….
    bener sing tuwir iku pengalamane okeh, ngerti ae barang apik….
    nek sing lagi nyengir kuda paling mburi kuwi kiro2 menurut panjenengan tangane ilang ning sisih ngendi mbah.. hayo tebak2 buah manggis…siapa benar dapat sing lagi mringis….

      • guspur
      • Oktober 8th, 2009

      Lha aku kan cm mengikuti insting??… yg selanjutnya dikonfirmasi ke Papa san… hahahahahahaaaa…😀
      Sing neng mburi iku tangane lagi nyekeli botol…:mrgreen:

      Sniff… sniff…

  11. wes gak usah kakean cangkem, koen njaluk hape ne opo gak?

      • guspur
      • Oktober 8th, 2009

      langsung kopdar ae… areke omahe daerah endi??…
      (*awakndene iki aliran balap liar sby rek… extreme!! hahahahaha)

      Sniff… sniff…

  12. areke nang kene kost nang perumnas, omahe daerah anyer. nduwe villa nang anyer.
    arepe mbok sewo tha???

    villane maksud’e…. ojok areke c*k..!!!

      • 1001nickname
      • Oktober 8th, 2009

      mau…mau…mau… ikut…
      sambil kedip2 kearah mbah guspur….

      • guspur
      • Oktober 8th, 2009

      Menerima ANJEKOS gak??? Anter jemput arek Kos2an???… hahahahahahahaaaa…:mrgreen:

      Sniff… sniff…

    • mig29
    • Oktober 8th, 2009

    ada mau grebekan ya..
    ikut
    xixixii

    • xsal
    • Oktober 8th, 2009

    @mig29
    avatarmu mesum…. itu anacondanya glayut ngga disarungin…..pakein clana donk…..
    xixixixi:mrgreen:

      • 1001nickname
      • Oktober 8th, 2009

      buahahahahaaaa….
      salah mig dudu anakonda ra sah wedi mung cacing kremi….

    • 1001nickname
    • Oktober 8th, 2009

    piye to iki la warung mongtor kok malah isine curhat2an koyok neng pesbuk ae… pioye mbokdhe lanjut…???

    • sabdho guparman
    • Oktober 8th, 2009

    ini baru manfaat. . . mas mblo. . .
    gojeg terus nganti kram wetengku. . .

    keep brotherhood,

    salam,

      • guspur
      • Oktober 8th, 2009

      Jadi memang Jombloyati iku bermafaate mung mergo nggawe ngguyu to Mas???.. setuju aku… huikikikikikikikikkkkkk…:mrgreen:

      Sniff… sniff…

    • 1001nickname
    • Oktober 8th, 2009

    aku malah nganti lali ma’em ki goro2 nguyu cekikikan. nganti wetengku loro….
    alah mbuh artikele mah wis ke laut…
    mbokdhe cepet metuo okeh sing ngacak-acak warungmu…

      • guspur
      • Oktober 8th, 2009

      Don’t worry… Mas Eddy Ndruwo malah pernah nganti nyembur monitor komputere goro2 moco blog kenthir karo mangan… hahahahahahaaaa…:mrgreen:

      Sniff… sniff…

        • 1001nickname
        • Oktober 8th, 2009

        untunge monmitore ora mutung, piye dadine nek nganti mutung opo neh nganti nyembur balik… ora iso mbayangke …buahahahahaaa

  13. hehe… aku yo tau diseneni bosku, gara2 lagi ada masalah, eeeh… aku mbaca blog sambil cekakakan…
    apes c*k…😦

      • eddy
      • Oktober 10th, 2009

      Nek Bosmu nyeneni maneh,pecaten ae trus ganti bos maneh.Beres tho?hehehe…..

    • jomblo ati
    • Oktober 11th, 2009

    Lho, pancen eddy bukannya paranormal ya? Kerjaane kan memang sembur menyembur?
    (Silakan googling ‘bos eddy’ :P)

      • eddy
      • Oktober 11th, 2009

      Kene…tak sembur mbun2anmu.cek rontok rambutmuhehehe….

    • nick69
    • Oktober 11th, 2009

    Bwakakakakakakakakakak

    • Kornet
    • Oktober 11th, 2009

    ^
    Bwahaha..
    Enek mbah yut karo cucune ktemu…
    Wakaka…
    Mlayu ah

    • dhuwur
    • Oktober 12th, 2009

    wah sutris tenan kok empunya blog,,:p (kidding)

    mirip miyabi ya foto terkahir,,bonus tiap update artikel yah,,?

    • kang dodoy
    • Oktober 19th, 2009

    ane mo tnya nih… klo pajak tahunan ane telat beberapa bulan, kena denda berapa y?trus total biaya yang ane keluarin brp?
    tks!

    • kang dodoy
    • Oktober 19th, 2009

    sory lupa…motor ane v-ixion bulan agustus09
    tks!

    • maksudnya motor ente agustus 2008 ya?
      PKB plus denda kenanya 192.000 + 48000 = 240.000
      admin 25.000, SWDKLLJ 35.000
      jadi total kena 300.000.
      (denda telat 25% dari PKB)

  14. gw suka ama model manis-nya.. cakep euy.. koleksi jomblo ati oke juga..🙂

    kalo soal pajak ribet! Bayar telat kena denda, giliran salah hitung, kembaliannya tahun depan.. wualah!

    • Wawan
    • November 5th, 2009

    bang itu cwe’a mantep juga???

    btw thank’s ya bwt informasinya…
    ^_^”. . .

  15. wah guyonane rame… lain kali kalo pengen refreshing abis kerja, maen ke blog ini aja deh… bikin ngakak terus…

    • Andry
    • November 8th, 2009

    BBN-KB cuma dibayar sekali saja ya?

  16. @andry
    BBN-KB dibayar pada saat Balik Nama kendaraan.
    Pada waktu beli pertama, kita dikenakan pajak sebesar 10 % dari NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor), untuk kepemilikan kedua atau lebih (alias pindah tangan kedua atau lebih) akan dikenakan BBN 1 %.
    masih kurang jelaskah?🙂

    • Cidabeice
    • September 1st, 2010

    Hello. I am Zambia reporter, nice to meet you here.

  17. Artikelnya sangat membantu saya yang kebetulan saat ini ingin mengurus pajak motor saudara…terimakasih gan…besok2 saya mampir lagi deh ke blog ini.

    Kunjungi juga blog ane ye…
    http://artikel-umum-alisukron1067.blogspot.com/

    sukses selalu.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: